Ini Minuman yang Jadi Kunci untuk Bantu Menurunkan Berat Badan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 13 Jul 2016 13:36 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Diet rendah kalori menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan. Makanan rendah kalori dan mengenyangkan seperti chia seeds atau kale kerap menjadi pilihan untuk diet sehat yang rendah kalori. Namun ada satu yang kurang menjadi perhatian dalam program penurunan berat badan.

Tidak lain dan tidak bukan, yang setiap hari kita butuhkan, yakni air putih. Ya, berdasarkan penelitian, air putih bisa menjadi 'senjata ampuh' untuk menyingkirkan berat badan berlebih.

Cukup minum air putih bisa mencegah Anda makan berlebihan sehingga bisa menjaga berat badan tetap sehat. Air putih memegang kunci untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi. Selain menjaga kesehatan, mencukupi asupan cairan juga bermanfaat mempertahankan bobot ideal secara jangka panjang.


"Menjaga hidrasi tubuh bagus untuk Anda, dan studi yang kami lakukan menunjukkan kalau ini (minum air putih) berhubungan dengan cara untuk menjaga berat badan sehat," ujar ketua penelitian Tammy Chang dari University of Michigan, Amerika Serika, dilansir India Times.

Studi tersebut menunjukkan bahwa orang yang obesitas dan indeks massa tubuhnya tinggi cenderung kurang terhidrasi. Begitu juga dengan orang yang kurang minum air putih dan kekurangan cairan, berpotensi mengalami obesitas.

Menjaga cairan tubuh dengan cukup minum air putih dan mengonsumsi sayur serta buah yang tinggi kadar airnya bisa membantu Anda mengontrol berat badan, terutama pada penderita obesitas. Bagaimana air bisa membantu penurunan berat badan, Tammy dan timnya memang belum melakukan penelitian lebih lanjut.

Tapi penelitian ini mungkin berhubungan dengan bagian tertentu pada otak yang mendeteksi rasa lapar dan haus. Sinyal haus dan lapar berasal dari area yang sama pada otak, jadi Anda bisa saja merasa lapar padahal sebenarnya yang diperlukan tubuh adalah air.

Rasa haus yang disalahartikan sebagai rasa lapar, akan memicu keinginan untuk makan demi memuaskan hasrat. Akhirnya Anda jadi makan lebih banyak dari seharusnya. Sementara jika tubuh terhidrasi dengan baik, otak tidak akan 'bingung' untuk mengenali rasa lapar/haus.

Maka dari itu Anda disarankan untuk minum segelas air putih sebelum makan untuk memberikan rasa 'penuh' pada perut, sehingga mencegah makan berlebihan. Begitu terasa lapar saat baru selesai makan, jangan langsung meraih makanan apa pun yang Anda temukan. Cobalah terlebih dahulu minum dua gelas air putih untuk mengetahui apakah Anda benar-benar masih lapar atau ternyata dehidrasi.
(hst/hst)