6 Khasiat Jahe untuk Kesehatan, Mengatasi Batuk Hingga Nyeri Haid

Hestianingsih - wolipop Jumat, 05 Feb 2016 19:07 WIB
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock

Jakarta - Jahe banyak digunakan sebagai penyedap masakan atau penambah rasa dalam minuman. Sensasi hangatnya membuat perut maupun tenggorokan terasa nyaman dikonsumsi dan merupakan salah satu rempah-rempah yang paling banyak digunakan dalam masakan selain kunyit dan bawang merah/putih.

Selain melezatkan masakan, jahe juga berkhasiat untuk kesehatan. Gingerol, zat yang memberikan rasa hangat pada jahe ternyata memiliki properti anti peradangan dan antioksidan sehingga banyak digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menyembuhkan berbagai jenis gangguan kesehatan. Ini 10 manfaat jahe untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui.

1. Meredakan Mual
Jahe telah lama dimanfaatkan untuk mengatasi mabuk laut selama bertahun-tahun karena bisa mencegah muntah. Rempah-rempah ini sangat berkhasiat mengatasi mual karena berkendara, setelah kemoterapi dan mual di pagi hari yang kerap dialami ibu hamil. Atasi mual dan muntah dengan mengunyah satu ruas jahe, bisa juga dicampurkan dalam secangkir teh atau mengisap permen jahe.

2. Mengatasi Masalah Pencernaan
Jahe mengandung zat phenolic yang membantu mencegah iritasi saluran pencernaan, meningkatkan nafsu makan, menstimulasi produksi cairan empedu dan air ludah, mengurangi perut kembung serta mengatur pergerakan makanan melalui saluran pencernaan. Singkatnya, jahe sangat efektif sebagai obat alami mengatasi berbagai keluhan yang disebabkan gangguan pencernaan.

Baca Juga: 50 Tas dan Sepatu Favorit Selebriti

3. Meringankan Batuk dan Pilek
Sifatnya yang diaphoretic, membuat jahe efektif menghangatkan tubuh dari dalam dan memicu keluarnya keringat. Hal ini akan membantu meringankan batuk serta pilek. Jahe juga membantu melegakan napas dan tenggorokan sehingga baik untuk mengatasi gangguan sinus.

4. Menurunkan Kolesterol
Sebuah studi yang melibatkan 85 partisipan menunjukkan bahwa mengonsumsi 3 gram bubuk jahe setiap hari selama 45 hari, bisa menurunkan kolesterol dalam darah secara signifikan. Jika Anda hanya ingin menjaga kestabilan kolesterol, cukup konsumsi makanan atau minuman mengandung jahe segar secara rutin.
 
5. Mengurangi Sakit karena Menstruasi
Salah satu khasiat jahe adalah mengurangi rasa sakit, termasuk nyeri saat menstruasi. Sebuah studi menemukan bahwa konsumsi 1 gram bubuk jahe setiap hari, dalam tiga hari pertama menstruasi bisa mengurangi rasa sakit sama efektifnya dengan meminum obat-obatan penghilang rasa sakit.

6. Meredakan Sakit Otot
Jahe memiliki efek anti peradangan yang juga berkhasiat mengurangi sakit otot. Peneliti dari University of Georgia, Amerika Serikat mengadakan eksperimen terhadap 74 orang untuk melakukan beberapa jenis latihan. Partisipan dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama diberi suplemen jahe setiap hari selama periode latihan sementara kelompok kedua hanya pil mengandung gula. Kelompok pertama, ternyata rasa sakitnya lebih ringan 25 persen ketimbang kelompok kedua pasca olahraga. (hst/hst)