ADVERTISEMENT

Jangan Malas Cuci Piring, Pekerjaan Rumah Ini Ternyata Bisa Redakan Stres

Hestianingsih - wolipop Kamis, 01 Okt 2015 07:12 WIB
Dok. Thinkstock
Jakarta -

Mencuci piring merupakan pekerjaan rumah tangga yang bisa dibilang cukup melelahkan. Yang membuat tugas ini berat, karena seringkali piring-piring kotor tak segera dicuci sehingga menumpuk di bak cucian.

Akibatnya, Anda pun jadi malas cuci piring. Padahal tugas rumah tangga ini bisa membantu mengatasi stres. Hal itu diungkapkan oleh sejumlah peneliti yang mengklaim bahwa pekerjaan rumah tangga sehari-hari bisa bermanfaat bagi kesehatan mental.

Studi dari Florida State University seperti dikutip dari Daily Mail, menemukan bahwa orang yang mencuci piring secara serius dan hanya fokus pada apa yang dikerjakannya, tingkat stres dan kegelisahannya lebih rendah. Para peneliti pun merekomendasikan kalau cuci piring bisa digunakan sebagai terapi untuk meningkatkan kesehatan mental dan emosional.

Dalam laporannya, peneliti menuliskan bahwa, "Fokus saat cuci piring akan membuat membuat pikiran lebih tenang, meningkatkan aspek-aspek positif, mengurangi pemikiran-pemikiran negatif dan membuat proses cuci piring jadi tidak terlalu melelahkan."

Menurut Psychology Today, mencuci piring menempatkan otak pada tahap aktif, waktu dan tempat dimana Anda berada sekarang. Saat berada dalam kondisi tersebut, maka pekerjaan tak terasa melelahkan lagi.

Studi melibatkan 51 partisipan. Masing-masing partisipan diminta mencuci 18 piring sampai bersih. Mereka yang fokus mencuci piring dilaporkan memiliki peningkatan dalam pemikiran positif. Rasa gugup berkurang hingga 27 persen dan pemikiran inspiratif meningkat hingga 25 persen.

(hst/eny)