ADVERTISEMENT

Tren Jus Buah-Sayur

Selebriti Populerkan Jus Buah-Sayur, Hanya Tren atau Gaya Hidup Sehat Baru?

- wolipop Rabu, 07 Mei 2014 14:10 WIB
Dok. Instagram Sophie Navita & Andien
Jakarta - Tren gaya hidup sehat kini semakin gencar disosialisasikan berbagai kalangan, terutama para selebriti. Tak sedikit selebriti yang memperlihatkan pola sehat yang mereka jalani lewat akun di jejaring sosial seperti Twitter atau Instagram. Salah satu bagian dari tren pola hidup sehat ini adalah konsumsi jus sayur dan buah segar.

Rosie Huntington-Whiteley, lewat akun Twitter-nya pernah mem-posting fotonya sedang minum jus campuran wortel, seledri dan apel. Terkadang dia juga mencampurkan cairan chlorella, sejenis alga hijau dalam kombinasi jusnya.

Miranda Kerr juga salah satu selebriti yang aktif 'pamer' gaya hidup sehatnya melalui jejaring sosial. Dalam wawancara dengan sebuah tabloid hiburan, mantan istri Orlando Bloom ini mengaku rajin minum jus mengkudu sejak usianya 14 tahun. Jus buah mengkudu dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, lebih dari 170 vitamin dan mineral.

Tren 'juicing' ini pun ikut dipopulerkan para selebriti Indonesia. Sophie Navita dengan kampanye #indonesiamakansayur rajin mem-posting jus buah dan sayur sebagai sosialisasi agar masyarakat mau lebih banyak mengonsumsi makanan sehat dan segar. "Another one just for fun! #greenjuice #juicing #rawfood MORE power to u, morning! #indonesiamakansayur #foodmatters," begitu tulis Sophie pada caption di foto Instagram-nya.

Penyanyi Andien juga mem-posting foto dirinya di Instagram sedang memegang sebotol jus berwarna oranye dan hijau, sambil menulis caption, "Have you had your green today? #youarewhatyoueat."

Titi DJ tak ketinggalan termasuk selebriti yang rajin mengunggah foto gaya hidup sehatnya di Instagram. Penyanyi berusia 47 tahun ini kerap memamerkan jus dan smoothie buatannya sendiri. Beberapa minuman racikannya merupakan campuran dari granola, gojiberry, kailan, apel, bayam dan pisang. Ada pula minuman kombinasi daun pakchoy, pir, pisang, longan dan flaxseed. Ia juga sering bereksperimen dengan mencampurkan berbagai sayur, buah dan biji-bijian lain ke dalam minumannya.

Popularitas yang semakin tinggi ini juga turut melahirkan usaha baru yaitu bisnis pengiriman jus sehat. Akun Instagram @trfhomemade dengan produknya cold pressed juice, menawarkan jus botolan yang sarinya didapatkan dengan cara di-press dari buahnya langsung menggunakan alat khusus. Menghasilkan jus dengan cara ini diklaim bisa menjaga kandungan nutrisinya secara penuh, mulai dari vitamin, antioksidan, serat, hingga mineral.

Ada pula Organic Monster, brand jus dan smoothies buah/sayur organik yang diciptakan Renny Sutiyoso. Jus yang dikemas dengan botol ukuran 320 ml ini diklaim Renny dibuat dengan bahan-bahan yang berkualitas. Salah satunya menggunakan air Amidis (air yang melalui proses penyulingan dan penguapan untuk menghilangkan zat serta mineral berbahaya) untuk membersikan buah dan sayur yang digunakan.

Konsumsi sayur dan buah dalam bentuk jus atau smoothie memang bisa menjadi salah satu alternatif gaya hidup sehat. Namun pakar diet menyarankan, sebaiknya hanya dijadikan sebagai minuman pelengkap saja dan bukan pengganti makanan padat. Menurut nutritionist Emilia E. Achmadi, MS. RD., jus dan smoothie bisa dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan serat, vitamin dan mineral yang tidak bisa dicapai dengan mengunyah dalam keadaan utuh.

"Misalnya pola makan untuk wanita makan buah empat porsi, tapi hari ini meeting seharian dan nggak akan bisa kejar empat porsi buah dan sayur. Maka bisa dua porsi buahnya dimakan dan dua porsi sayurnya dijus. Jadi jus atau smoothies untuk men-support jumlah makanan yang harus kita konsumsi dalam satu hari yang mungkin di hari itu tidak bisa terpenuhi. Tapi tidak mengganti sama sekali pola makan yang normal," jelas Emilia.




(hst/hst)