ADVERTISEMENT

Rama Dauhan, Barli Asmara & Mel Ahyar Rilis Koleksi Lebaran dengan Aleza

Gresnia Arela Febriani - wolipop Jumat, 17 Mar 2023 11:15 WIB
Brand Aleza berkolaborasi dengan tiga desainer ternama di Indonesia. Brand Aleza berkolaborasi dengan Barli Asmara, Rama Dauhan dan Mel Ahyar. Foto: Gresnia/Wolipop.
Jakarta -

Menjelang Ramadhan 2023, sederet brand dan desainer lokal merilis koleksi untuk Hari Raya. Salah satu brand yang mengeluarkan koleksi baju Lebaran 2023 itu adalah Aleza. Kali ini Aleza berkolaborasi dengan tiga desainer ternama Tanah Air.

Menyambut Hari Raya 2023, brand yang didirikan oleh Dia Demona sejak tahun 2016 ini menghadirkan koleksi dari kolaborasi unik, sekaligus gebrakan terbaru dalam dunia fashion. Sebab jarang sebuah brand dengan produksi massal atau mass production berkolaborasi dengan desainer.

Untuk koleksi Lebaran 2023, Aleza berkolaborasi dengan Barli Asmara, Mel Ahyar dan Ramah Dauhan. Koleksi kolaborasi dengan nama The Pandora ini hadir dengan sentuhan unik dan fresh.

Koleksi Aleza X  Rama Dauhan, Haffa,  barli AsmaraKoleksi Aleza X Rama Dauhan, Haffa, barli Asmara Foto: Abduh/Detikcom.

Dia Demona menceritakan benang merah dari koleksi The Pandora merupakan sebuah mitologi Yunani tentang seorang wanita yang bernama Pandora. Ada makna tersendiri dari kisah Pandora ini.

"Ketika ulang tahun pernikahan dia diberikan kado berupa sebuah guci. Tapi dengan pesan itu tidak boleh dibuka sama sekali. Namanya juga wanita keponya sangat tinggi, tetap dibuka sama Pandora. Ternyata saat guci itu dibuka, semua hal buruk, musibah dan penyakit itu menyebar ke seluruh dunianya. Si Pandora menyesal karena sudah membuka. Dipenyesalannya itu, dia melihat gucinya lagi. Oh, ternyata ada satu hal yang tidak keluar dari guci, yaitu sebuah harapan," ungkap Dia Demona dalam acara konferensi pers dan fashion show Koleksi Raya Aleza bersama 3 desainer, di Hotel Sutasoma, The Tribrata, Jakarta Selatan (16/3/2023).

"Filosofi yang tadi itu kita angkat di sini. Di mana Pandora ini sebagai wadahnya yang kita sediakan sebagai sebuah harapan untuk bisa berkolaborasi menghasilkan sesuatu yang lebih baik dan bisa membawa ke arah positif. Artinya seperti itu," tutur Dia lagi.

Koleksi Aleza X  Rama Dauhan, Haffa,  barli AsmaraKoleksi Aleza X Rama Dauhan, Haffa, barli Asmara Foto: Abduh/Detikcom

Koleksi pertama The Pandora, dari awal ingin merilis project secara bersamaan dan menghasilkan sesuatu berbeda dan memberikan warna yang baru terhadap koleksi Raya brand Aleza. Dia pun mengungkapkan alasannya berkolaborasi dengan Rama Dauhan, Mel Ahyar dan Barli Asmara.

"Sebenarnya ini tuh project halu awalnya. Kita dan tim kepengen banget bekerja sama bersama dengan desainer. Tapi bagaimana bisa melakukan pendekatan sama desainer kok kayaknya sulit, apakah mereka mau melakukan kolaborasi dengan brand mass product?" ujar Dia.

"Hal pertama yang kepengen lakukan bagaimana desainer yang berkontribusi banyak untuk membawa tren di Indonesia ini. Akan lebih baik jika mengajak kolaborasi daripada meng-copy desain. Kenapa tiga desainer? Karena mereka memiliki karakter yang kuat dan berbeda satu sama lainnya," lanjutnya lagi.

Dia berharap agar kolaborasi dengan para desainer lokal ini tidak terputus, tapi membuka peluang brand Aleza bisa bekerja sama dengan desainer lainnya. "Yang pasti tujuannya bisa memajukan industri fashion di Indonesia. Sehingga masyarakat Indonesia lebih suka belanja produk lokal," jelasnya.

Barli Asmara

Leslie Tobing dari Barli Asmara menjelaskan proses kreatif untuk menciptakan desain dari kolaborasi dengan Aleza berjalan cukup panjang. Dia dan tim Aleza sudah mulai bertemu sejak 2022.

"Kita sudah mulai meeting selesai lebaran tahun lalu bulan Juni langsung ketemu. Setelah ketemu, proses kreatif sudah berjalan karena sama-sama brainstorming dan menemukan garis merah mengkawinkan Barli Asmara dengan Aleza langsung bertemu dan chemistry cukup kuat. Desain di-develope dan finalnya bulan Agustus. Cuma proses kreatif ini tidak berhenti sampai didesain, sampai sekarang mau show proses kreatif terus berjalan, seperti styling, konsep foto, video dan terus berlanjut. Social media proses kreatifnya juga akan berjalan," jelas Leslie.

Untuk koleksi dengan Aleza yang berjumlah 15 looks, brand Barli Asmara memakai warna eathy tone dan mengusung vibe tahun 70-an. Sehingga looks-nya menjadi vintage, bersiluet feminin dengan detail ruffle.

"Aku menggabungkan pink, natural brown, ada mustard sedikit. Jadi kita menangkap vibe tahun 70-an, sehingga looknya jadi vintage. Ambiencenya looknya vintage," kata Leslie.

Mel Ahyar

Mel Ahyar selaku creative director dan Mundia, brand manager dari Happa Official berterimakasih pada Aleza karena mau merilis koleksi kolaborasi. Menurut Mel suatu langkah yang positif brand lokal menggandeng desainer ketimbang meniru karya orang lain.

"Sebenarnya aku terima kasih dengan yang Dia bilang, lebih baik berkolaborasi daripada meng-copy itu sangat terima kasih. Karena sebelum-sebelumnya banyak menemukan "kebetulan" koleksi Happa yang tiba-tiba muncul di brand-brand mass production, bahkan desainer juga ada. Daripada meng-copy tapi filosofinya tidak dapat, kalau kita selalu nge-follow itu akan menjadi seseorang yang di belakang," ucap Mel.

Desainer lulusan Esmod Paris ini ingin membawakan branding yang lebih baik antara brand produksi massal dengan desainer.

"So, here we're bisa memberikan pengalaman Happa baru satu sama lain dan juga harapan baru untuk Aleza. Kita harus bisa membuktikan kreativitas kita tanpa batas kenapa harus hidup dalam tempurung, tidak mau berkolaborasi. Yang Aleza buat ini menginspirasi untuk semua brand dan desainer. Karena tidak sedikit desainer takut brandingnya jadi turun. No, kita tidak takut dengan itu karena kita melihat ini sebuah sinergi kolaborasi kreatif, seperti ini harus dirayakan," kata Mel Ahyar.

Mel mengatakan koleksi Aleza bersama Happa, terinspirasi dari kota tua yang ada di Cordoba, Spanyol yang mempunyai sejarah Islam yang cukup kuat dan ada beberapa agama lain. Di kota tersebut sejarah saling mempengaruhi dan hidup dengan harmoni.

"Inspirasinya dari bangunan arsitektur di Cordoba, bentuknya seperti Gereja Katedral tetap masjid. Akan ada beberapa nuansa hitam dengan printing atau motif yang arsitektural. Keindahan Cordoba bisa memperindah koleksi Aleza di tahun ini," ucap Mel Ahyar.

Rama Dauhan

Rama Dauhan yang merilis koleksi kolaborasi dengan brand Aleza mengaku tak menemukan tantangan berarti. Baginya kolaborasi ini merupakan penyatuan DNA dari karya masing-masing.

"Hanya saja menyatukan DNA Aleza dan Rama Dauhan itu yang paling challenging, kita satu sama lain tinggal throw the ideas dan langsung syncronize. Kita harus bisa open minded dan mencoba apapun tantangannya dengan hal-hal yang baru," sebut Rama Dauhan.

Ia melihat kesempatan untuk mencoba hal yang baru. "Kompromi bukan menekan idealisme. Dari awal aku bilang baju aku itu ribet lho! Kita harus bisa pandai looksnya bisa diterima pelanggan Aleza, biasanya embelishment yang biasanya ribet, ini kita lebih minize dan detail print lebih berbeda. Proses kreatif bikin printnya tanpa harus ditambah apapun dan tidak menghilangkan DNA Rama Dauhan maupun Aleza," jawab Rama.

Rama menghadirkan 18 looks yang merupakan eksplorasi berbagai macam bunga lokal. Untuk pemilihan warna, Rama memadukan biru, kuning, orange dan sedikit mustard.

"Karena aku melihat strong pointnya Aleza itu brand yang feminin, girly dan manis. Rama Dauhan desainnya 'agak bandel' aku mengkawinkan itu. Sesuatu yang lebih playfull dan spirit mudanya sangat kental energi dan emosi itu yang menjadikan sumber inspirasi bagi aku," ucapnya.

Berapa harga dari koleksi The Pandora kolaborasi Aleza dengan tiga desainer ini? Dia Demona mengatakan koleksinya tetap bisa dinikmati oleh semua kalangan.

"Kita memang menyajikan dengan harapan tidak mengubah harga Aleza. Karena tujuannya di mana Aleza Woman bisa mendapatkan koleksi dari para desainer dengan harga yang lebih affordable untuk pelanggan Aleza sendiri. Masih rangenya Aleza," ucap Dia seraya tertawa.

Koleksi Aleza bersama ketiga desainer baru bisa dipesan secara serentak pada tanggal 22 Maret 2023 mendatang.

(gaf/eny)