ADVERTISEMENT

Gaya Artis saat Oscars Pertama Digelar, Baju Seadanya dari Lokasi Syuting

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 12 Mar 2023 17:08 WIB
Douglas Fairbanks presents Janet Gaynor with the first Academy Award for Best Actress, for her work in Seventh Heaven, as well as Street Angel, and Sunrise, at the first Academy Awards in 1929. Janet Gaynor, aktris pertama yang menerima piala Oscar untuk kategori aktris utama terbaik di Academy Awards perdana pada 1929. (Foto: Bettmann Archive via Getty Images)
Los Angeles -

Sebagai ajang penghargaan tertinggi insan perfilman dunia, Academy Awards atau Oscars juga menjadi tempat adu gaya terbaik selebriti dunia di karpet merah. Sebuah pemandangan yang jauh berbeda dari momen Oscars pertama.

Jauh sebelum kejadian aktris Jennifer Lawrence tersandung di tangga panggung dalam balutan gaun Dior seharga US$ 4 juta (disebut-sebut termahal dalam sejarah Academy Awards) saat hendak mengklaim piala Oscar sebagai aktris terbaik pada 2013, perempuan pertama yang memenangi kategori tersebut hanya memakai busana seadanya.

HOLLYWOOD, CA - FEBRUARY 24:  Actress Jennifer Lawrence reacts after winning the Best Actress award for Momen Jennifer Lawrence tersandung di tangga panggung Oscars 2013. (Foto: Kevin Winter/Getty Images)

Digelar oleh Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), Academy Awards pertama kali eksis pada 1929. Tidak seperti sekarang, nama pemenang justru sudah diumumkan tiga bulan sebelum seremoni digelar di Hollywood Roosevelt Hotel pada 16 Mei 1929.

Gelar aktris terbaik saat itu jatuh ke tangan Janet Gaynor berkat perannya di tiga film sekaligus, yaitu '7th Heaven', 'Street Angel', dan 'Sunrise'. Sebuah foto lawas memperlihatkan momen Presiden AMPAS Douglas Fairbanks menyerahkan piala Oscar kepada Janet.

Janet yang saat itu berusia 23 tahun tampak memakai atasan lengan panjang yang dihiasi scarf, serta rok putih. Alih-alih heels, sepatu bertali dalam siluet oxford justru yang menjadi andalan.

UNSPECIFIED - FEBRUARY 07:  Janet Gaynor receiving academy award for best actress in film Sunny Side Up 1929  (Photo by Apic/Getty Images)Penampilan kasual Janet Gaynor saat menjadi aktris pertama yang menerima penghargaan Academy Awards untuk kategori aktris utama terbaik pada 1929. (Foto: Apic/Getty Images)

"Saat jamuan malam Oscar pertama, Janet Gaynor, yang menang karena tiga filmnya, datang langsung dari lokasi syuting. Dia memukau di acara itu dengan pakaian seadanya," kata Dijanna Mulhearn, penulis buku 'Red Carpet Oscars' (2023), kepada New York Times.

Dalam bukunya yang setebal 480 halaman itu, Mulhearn mengobservasi penampilan para bintang film di Academy Awards perdana hingga teranyar yang rentan waktunya hampir mencapai satu abad.

Ia pun menyimpulkan, para aktris pada era pertama Oscar memanfaatkan gaya busana di ajang tersebut untuk mempromosikan film mereka.

Seperti yang dilakukan aktris Norma Shearer untuk penampilannya di Academy Awards 1930. Busana yang membungkus tubuhnya merupakan versi modifikasi dari properti film 'The Divorcee' yang dibintanginya. Aktris Mary Pickford juga disebut memiliki ide yang sama.

31st October 1930:  Canadian star Norma Shearer (1902 - 1983) receives a Best Actress Oscar from Conrad Nagel (1897 - 1970), for her role in 'The Divorcee'. The two co-starred as lovers in the film, which was directed by Robert Z Leonard.  (Photo via John Kobal Foundation/Getty Images)Norma Shearer saat menerima penghargaan di Academy Awards 1930. (Foto: John Kobal Foundation/Getty Images)

"Orang-orang langsung beranggapan bahwa pakaian di karpet merah harus berkorelasi dengan film mereka, karier ataupun pesan yang ingin disampaikan," ujar Mulhearn.

Pemikiran tersebut yang kemudian menurut Mulhearn melahirkan konsep 'fashion statement', bahwa busana adalah sebuah pernyataan sebuah ide atau gagasan dari sang pemakai.

Perhelatan sekelas Oscars yang menyedot sorotan secara global menjadi tempat yang tepat bagi para selebriti untuk 'berpolitik' dengan penuh gaya.

Di Academy Awards ke-92 yang berlangsung pada 2020, aktris Natalie Portman bersolek dengan gaun hitam dari koleksi Dior Haute Couture Spring-Summer 2020.

HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 09: Natalie Portman attends the 92nd Annual Academy Awards at Hollywood and Highland on February 09, 2020 in Hollywood, California. (Photo by Amy Sussman/Getty Images)Di Oscars 2020, Natalie Portman memakai gaun Dior Couture yang dibungkus cape dengan hiasan sulaman nama perempuan sutradara. (Foto: Amy Sussman/Getty Images)

Gaun yang dibuat dalam waktu 280 jam itu kian sempurna berkat cape atau jubah senada yang dihiasi sulaman nama perempuan sutradara Greta Gerwig, Lorene Scafaria, Marielle Heller, Lulu Wang dan CĂ©line Sciamma pada bagian keliman garis leher.

"Saya ingin menghormati para perempuan yang tidak mendapat apresiasi atas karya mereka yang sangat luar biasa," katanya di karpet merah soal pesan feminisme tersebut.

Tidak kalah mencuri atensi adalah penampilan Billy Porter. Aktor 'Pose' itu memakai tuksedo dalam siluet gaun rancangan Christian Siriano sebagai bentuk selebrasi kepribadiannya yang merupakan bagian dari komunitas LGBTIQ.

HOLLYWOOD, CALIFORNIA - FEBRUARY 24: Billy Porter attends the 91st Annual Academy Awards at Hollywood and Highland on February 24, 2019 in Hollywood, California. (Photo by Frazer Harrison/Getty Images)Penampilan Billy Porter di karpet merah Oscars 2019. (Foto: Frazer Harrison/Getty Images)

"Kami harus mengajari orang-orang bagaimana cara memperlakukan, mencintai, dan menghormati kami. Satu-satunya cara hanyalah dengan menghormati diri kami sendiri," ujar Porter kepada Associated Press menanggapi kontroversi gayanya.

Academy Awards ke-95 akan berlangsung di Dolby Theatre, Los Angeles, AS pada Minggu (12/3/2023) malam atau Senin pagi WIB. Kira-kira seperti apa busana pilihan para pesohor nanti?



Simak Video "Lady Gaga Setuju Tampil di Oscar 2023 saat 'Menit-menit Terakhir'"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)