ADVERTISEMENT

PETA Bela Kylie Jenner yang Dikritik karena Pakai Gaun Berhias Kepala Singa

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Selasa, 24 Jan 2023 09:30 WIB
Jakarta -

Kylie Jenner menuai kritik setelah tampil dengan gaun berhias kepala singa di fashion show Schiaparelli di Paris, Prancis, Senin (23/1/2023). Bintang reality TV dan pengusaha kosmetik ini dituding mengglorifikasi perburuan satwa liar.

Namun ibu dua anak ini justru mendapat dukungan dari PETA. Organisasi pembela hak-hak binatang itu memuji gaun rancangan Schiaparelli.

Dalam pernyataan tertulis, Presiden PETA Ingrid Newkirk menyebut bahwa koleksi terbaru Schiaparelli tersebut menakjubkan sekaligus inovatif. Untuk diketahui, kepala hewan tiga dimensi yang disematkan pada gaun-gaun koleksinya, sama sekali tidak melibatkan kepala, bulu maupun material hewan asli.

Kylie Jenner attends the Schiaparelli Haute Couture Spring-Summer 2023 collection presented in Paris, Monday, Jan. 23, 2023. (AP Photo/Michel Euler)Kylie Jenner di Schiaparelli Haute Couture Spring Summer 2023. Foto: AP Photo/Michel Euler

"Penampilan Kylie, Naomi, dan Irina merayakan keindahan hewan liar dan mungkin merupakan pernyataan tegas menentang perburuan trofi, di mana singa dan serigala dicabik-cabik untuk memuaskan egoisme manusia," tulisnya, seperti dikutip dari Pagesix.

"Kami mendorong semua orang untuk tetap menggunakan rancangan yang 100% bebas kekejaman yang memperlihatkan kecerdasan manusia dan mencegah penderitaan hewan," lanjutnya.

PETA juga meminta Kylie Jenner dan teman-teman selebritinya agar terus menunjukkan kreativitas yang tidak melibatkan material dari hewan asli, seperti bulu domba, kulit harimau atau sutera.

PARIS, FRANCE - JANUARY 23: Kylie Jenner attends the Schiaparelli Haute Couture Spring Summer 2023 show as part of Paris Fashion Week  on January 23, 2023 in Paris, France. (Photo by Marc Piasecki/WireImage)Kylie Jenner di Schiaparelli Haute Couture Spring Summer 2023. Foto: Marc Piasecki/WireImage

Sebelumnya, Kylie Jenner banjir kritik di media sosial karena penampilannya yang mengenakan gaun hitam berhias kepala singa. Padahal wanita 25 tahun ini sudah menjelaskan bahwa aksesori yang dipakainya itu palsu.

"Hewan bukanlah piala," kritik salah satu netizen.

"Sebagai orang Afrika saya sangat tersinggung. Implikasinya agak mengganggu," komentar netizen lain.

"Pemandangan yang menyeramkan," tulis netizen lagi.

(hst/hst)