ADVERTISEMENT

Anne Avantie Desain Seragam Awak Kereta, Impian Lama yang Akhirnya Terwujud

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 22 Des 2022 15:10 WIB
KAI Perkenalkan Seragam Baru Karya Anne Avantie Desainer Anne Avantie saat peluncuran seragam terbaru awak PT KAI. (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Para personel PT Kereta Api Indonesia (KAI) bakal bersolek dengan seragam baru yang dirancang secara khusus oleh Anne Avantie. Bagi sang desainer, membuat seragam tersebut merupakan sebuah perjalanan yang penuh emosional karena impian lamanya akhirnya terwujud.

Populer berkat kreasi kebaya kontemporernya yang kerap membungkus tubuh pesohor, Anne Avantie juga menggarap pesanan seragam dari berbagi instansi. Teranyar, seragam karyawan PT KAI, terkhusus mereka yang berada di garda terdepan (frontliner), mulai dari masinis, kondektur dan kondektris, prama dan prami, hingga staf layanan pelanggan.

KAI Perkenalkan Seragam Baru Karya Anne AvantieDesainer Anne Avantie saat menceritakan pengalaman perjalanannya bersama kereta api di peluncuran seragam awak PT Kereta Api Indonesia di Stasiun Gambir, Jakarta, pada Kamis (22/12/2022). (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)

Sebenarnya, ini bukan kali pertama desainer yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah, tersebut merancang seragam perusahaan transportasi milik negara. Pada Juli 2019, maskapai full-service berpelat merah alias Garuda Indonesia memperkenalkan kebaya rancangan Anne Avantie sebagai seragam pramugarinya.

Namun, mendesain busana dinas awak PT KAI tak kalah berprestise bagi Anne Avantie karena ada pengalaman yang sentimental. Kereta api sudah menjadi bagian penting dari perjalanan kariernya sebagai desainer selama tiga dekade lebih.

Pernah bergumul dengan ketakutan bepergian dengan pesawat atau aerophobia, ia selalu memilih kereta api sebagai moda transportasi andalan.

"Selama daerahnya bisa dijangkau dengan kereta, saya selalu menggunakan kereta. Ribuan kali kereta api mengantar saya ke berbagai tempat untuk urusan pekerjaan," ujar Anne Avantie saat peluncuran seragam tersebut di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (22/12/2022).

KAI Perkenalkan Seragam Baru Karya Anne AvantieFoto: Agung Pambudhy/ Detikcom

Rasa bangga dan haru pun bercampur di benak Anne Avantie saat mendapat mandat dari PT KAI. "Sebuah impian lama yang akhirnya terkabul. Seragam ini juga ada untuk mengenang 30 tahun perjalanan Anne Avantie bersama kereta api Indonesia," ungkap Anne yang mengaku bisa bepergian dengan kereta 12 kali dalam seminggu.

Begitu bermaknanya, setiap tahapan proses kreatif seragam tersebut selalu menggugah hati ibu tiga anak ini. Ia tak memungkiri betapa sulit menyembunyikan rasa haru, bahkan saat melihat kain batik cap terbentang saat melalui proses penjemuran sebelum diolah menjadi seragam.

Kain batik tersebut dipesannya dari perajin di daerah yang sempat mengalami kelesuan ekonomi. Anne mengklaim, proyek kolaborasi ini lantas membangkitkan lagi perekomonian daerah tersebut.

'Seragam Cinta Indonesia', demikian tajuk seragam bagi awak PT KAI. "Kereta api adalah cinta pertama dan cinta terakhir saya," tambahnya.

Batik Motif Sawunggaling Lambang Kesetiaan

Kesetiaan Anne Avantie pada kereta api tergambar pada motif burung sawunggaling. Menurutnya, motif tersebut simbol dari loyalitas sekaligus ketegaran. Sebagai padanan, ia juga mengaplikasikan motif truntum yang sarat dengan filosofi kepemimpinan.

"Seorang pemimpin harus membawa ketenangan. Sebuah harapan bagi para petugas PT KAI, dapat memimpin dengan tenang, sehingga memberikan pelayanan yang terbaik," kata Anne.

KAI Perkenalkan Seragam Baru Karya Anne Avantie Seragam awak kereta api PT KAI (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)

Seragam perempuan hadir dalam potongan kebaya kartini yang elegan dengan warna blue royal sebagai dasar. Ada pula yang berbentuk setelan dengan blazer batik. Jajaran seragam pria turut mendapat penyegaran. Anne Avantie menghadirkan pilihan kemeja hingga jas yang corak batiknya memberi fashion statement tersendiri.

Menurut Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo, menggandeng desainer sekaliber Anne Avantie mempertegas komitmen PT KAI untuk memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna kereta.

KAI Perkenalkan Seragam Baru Karya Anne AvantieFoto: Agung Pambudhy/ Detikcom

"Kehadiran seragam frontliner terbaru karya Anne Avantie ini tentunya dalam rangka meningkatkan pelayanan PT KAI bagi konsumen Indonesia. Apalagi Anne Avantie punya spektrum konsumen yang luas sehingga dikenal banyak orang dan beliau juga berjiwa sosial. Perjalanannya bersama kereta api selama 30 tahun lebih menjadi benang merah dari kolaborasi ini," jelas Didiek.

Corporate Deputy Director Passanger Transport Marketing & sales Raden Agus Dwinanto Budiadji menyebut kolaborasi PT KAI dan Anne Avantie menghasilkan 4.800-an seragam yang hadir secara bertahap.

"Tahap awal dimulai pada 22 Desember 2022. Pertama untuk prama atau prami yang bertugas di KA Argo Wilis, Taksaka, Argo Lawu, Argo Dwipangga dan Argo Bromo Anggrek, serta kereta Luxury," tambah Agus.



Simak Video "Anne Avantie Putuskan Pensiun Bikin Kebaya untuk Puteri Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)