ADVERTISEMENT

Intan Avantie Ungkap Permintaan Spesial Erina Gudono untuk Kebaya Sungkeman

Daniel Ngantung - wolipop Sabtu, 10 Des 2022 11:30 WIB
Momen Erina Gudono sungkeman sebelum siraman, Sleman, Jumat (9/12/2022). Momen sungkeman jelang siraman Erina Gudono, calon istri Kaesang Pangerap. (Foto: Rusman/Tim Media Pernikahan Erina-Kaesang)
Yogyakarta -

Intan Avantie menjadi salah satu desainer yang terlibat dalam mempersiapkan busana Erina Gudono untuk ritual adat Jawa pernikahannya dengan Kaesang Pangarep. Kepada Wolipop, ia berbagi tentang konsep busana dan detail menarik yang mewarnai rancangannya untuk Erina.

Ia berada di balik kebaya kutubaru hijau yang membungkus tubuh Puteri Indonesia Yogyakarta 2022 itu saat prosesi sungkeman jelang siraman di kediaman keluarga Gudono di Sleman, DIY, pada Jumat (9/12/2022) pagi.

Kebaya Erina Gudono Jelang SiramanKebaya Erina Gudono Jelang Siraman. (Foto: Instagram/@hepidavid)

"Dari awal Erina mau kebayanya siluet kutubaru. Jadi indonesia heritage. Tidak ada inspirasi khusus. Erina made to order," ungkap putri desainer kondang Anne Avantie ini.

"Waktu itu dia bilang, 'Mimi, Erin mau kebaya untuk siraman, yang sesuai personality Erin.' Nggak terlalu berat. Jadi, kebaya Jawa klasik, tapi cocktail. Makanya ada ornamen di lengan dan dibuat sedikit catchy," tambah Intan. Mimi adalah panggilan akrab Erina untuk Intan.

Kebaya berbahan french lace tersebut lalu dipadukan dengan sindur berwarna pastel. Jarik sido arum, simbol dari ketenangan dan kebahagian, menyempurnakan kebaya perempuan 26 tahun itu.

Momen Erina Gudono sungkeman sebelum siraman, Sleman, Jumat (9/12/2022).Momen Erina Gudono sungkeman kepada ibu dan kedua kakaknya sebelum siraman di Sleman, Jumat (9/12/2022). (Foto: Rusman/Tim Media Pernikahan Erina-Kaesang)

Untuk detail kebaya, Intan menjelaskan, tidak ada yang berlebihan karena konsepnya simply elegance. "Jadi saya hanya memberi sedikit aplikasi yang apik, supaya pada saat prosesi sungkeman, bagian belakang Erina terlihat eye catching dan glamor, tapi tidak berlebihan, karena Erina sendiri pribadi yang sederhana," ungkap Intan yang mengenal Erina pertama kali saat pemilihan Puteri Indonesia 2022.

Proses pembuatan kebaya Erina ini memakan waktu dua bulan. Intan mengungkapkan, perbedaan domisili (Intan tinggal di Semarang, sementara Erina sering pergi-pulang Jakarta-Yogyakarta) sempat menjadi tantangan. "Sulit menyatukan waktu saja. Tapi di luar itu, puji syukur semuanya berjalan lancar," katanya.

Momen Erina Gudono sungkeman sebelum siraman, Sleman, Jumat (9/12/2022). Foto: Rusman/Tim Media Pernikahan Erina-Kaesang

Intan mengungkapkan, dapat menjadi bagian dari pernikahan anak presiden Republik Indonesia tentu merupakan salah satu pengalaman yang tak terlupakan. "Ini momen yang sungguh saya syukuri dan akan menjadi kenangan manis yang mengisi perjalanan karier saya selama 15 tahun sebagai desainer," ujar Intan.

Setelah siraman, rangkaian acara pernikahan Kaesang dan Erina Gudono berlanjut dengan midodareni pada Jumat malam. Untuk acara yang dihadiri keluarga besar Presiden Joko Widodo itu, Erina mengandalkan kebaya lilac rancangan Anggi Asmara.

"Ada detail sepasang burung merak di bagian punggung. Burung merak melambangkan keindahan, kecantikan. Di sini, saya buat berpasangan," ungkap Anggi Asmara kepada Wolipop di sela midodareni. Baca selengakapnya di sini.



Simak Video "Ganti Busana! Ini Penampilan Kaesang dan Erina di Tasyakuran Malam"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)