ADVERTISEMENT

Susi Pudjiastuti Pakai Kebaya Anne Avantie: Bebek Jelek Jadi Cantik

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 11 Des 2022 21:16 WIB
Susi Pudjiastuti di Pernikahan Kaesang Desainer Anne Avantie dan Susi Pudjiastuti. (Foto: Foto: Daniel Ngantung/detikcom)
Solo -

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti turut menghadiri tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah, pada Minggu (11/12/2022). Kebaya rancangan Anne Avantie menjadi andalan Susi untuk momen istimewa tersebut.

Mendapat undangan sesi siang, Susi Pudjiastuti sudah bersiap sejak pagi. Wolipop berkesempatan untuk melihat persiapan akhirnya atas ajakan Bunda Anne, sapaan akrab sang desainer.

Persiapan Susi Pudjiastuti ke Pernikahan Kaesang dan Erina di SoloPersiapan Susi Pudjiastuti ke pernikahan Kaesang dan Erina di Solo, Minggu (11/12/2022). Ia memakai kebaya Anne Avantie. (Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Saat Anne Avantie tiba di hotel tempat Susi menginap jelang pukul 09.30 WIB, perempuan 57 tahun itu sedang dirias wajah dan rambutnya.

"Bagaimana Bun?" tanya Susi. "Sik, sanggulnya miring sedikit," komentar Anne sebelum membantu membenarkan sanggul Susi.

Rampung urusan persanggulan, Susi Pudjiastuti langsung ke kamar lain untuk berganti pakaian. Selang 15 menit, ia keluar dengan kebaya dengan warna yang Anne sebut 'shocking pink'.

"Kebetulan Ibu Susi punya giwang favorit, saya sesuaikan (warnanya)," ujar desainer 67 tahun itu soal inspirasi warna kebayanya.

Persiapan Susi Pudjiastuti ke Pernikahan Kaesang dan Erina di Solo(Foto: Daniel Ngantung/detikcom)

Giwang yang dimaksud adalah anting statement berbentuk bunga dengan detail berlian yang turut menemani gayanya saat itu.

Tak butuh berminggu-minggu atau bulan bagi Anne untuk menyiapkan kebaya ini. Proses pembuatan hanya memakan waktu dua hari. Pengalaman menangani penampilan Susi selama 17 tahun cukup bagi Anne untuk memahami ukuran hingga selera busana perempuan yang dikenal bergaya cuek itu.

"Jadi, konsep tradisional sebenarnya tidak bisa diterapkan secara utuh untuk Ibu Susi. Harus digunakan trik-trik khusus. Bu Susi itu tipe berbusana yang harus seperti dirinya. Elegan, tapi Susi banget dengan karakternya yang bebas," terang desainer langganan para selebriti dan menteri itu.

Susi Pudjiastuti di Pernikahan KaesangFoto: Foto: Daniel Ngantung/detikcom

Khusus untuk kebaya yang Susi pakai ke pernikahan Kaesang dan Erina, Anne Avantie mengambil inspirasi dari kebaya kutubaru dengan referensi kekeratonan Solo yang hadir dalam keliman berbahan velvet dan prada emas.

"Saya aplikasikan beludu untuk menunjukkan kesakralan bahwa acara ini digelar di Mangkunegaran," kata Anne.

Gaya Susi kian lengkap dengan heels emas dan selendang biru yang memberi nuansa color-block yang modern. Tidak ketinggalan kacamata hitam yang menjadi salah satu signature-style Susi.

Lantas, bagaimana tanggapan Susi untuk penampilannya kali ini?

"Bebek jelek jadi cantik," ujar Susi berseloroh. "Perempuan kalau merasa cantik, kan bahagia sekali," tambahnya.

Usai bersiap, Susi bertolak menuju lokasi acara Tasyakuran Kaesang dan Erina Gudono di Pura Mangkunegaran menggunakan bus dari Hotel Sunan pada pukul 10.30 WIB. Namun sebelum itu, ia memberikan doa dan harapan bagi pengantin baru. "Selamat atas pernikahan Kaesang dan Erina, semoga selalu berbahagia, rukun, dan… dapat anak-anak soleh. Pak Jokowi pasti senang dengan cucu-cucu baru," kata Susi.



Simak Video "Melihat Isi Suvenir Pengajian Pernikahan Erina Gudono "
[Gambas:Video 20detik]
(dng/kik)