ADVERTISEMENT

Ferragamo Berbenah Diri, Butik di Indonesia Hadir dengan Wajah Baru

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 10 Nov 2022 15:21 WIB
Butik Baru Ferragamo di Plaza Indonesia Wajah baru butik Salvatore Ferragamo di Plaza Indonesia, Jakarta. (Foto: Dok. Ferragamo)
Jakarta -

Tahun ini menjadi waktunya bagi Salvatore Ferragamo untuk berbenah diri. Di Indonesia, rumah mode Italia yang telah berusia 95 tahun itu menandai era barunya dengan menyegarkan kembali wajah butik lamanya.

Butik Ferragamo di Plaza Indonesia dibuka kembali setelah melalui renovasi dan lisensinya di sini berpindah tangan ke Valiram, salah satu grup ritel besar yang berbasis di Kuala Lumpur, Malaysia.

"Ini menjadi butik Ferragamo pertama kami di Indonesia," ujar General Manager Valiram Indonesia Kunal Kapoor saat acara pembukaan, Rabu (9/11/2022).

Indonesia, kata Kunal, termasuk salah satu pasar penting bagi Ferragamo di kawasan Asia. Oleh karena, brand yang produk-produk berbahan kulitnya disukai Marilyn Monroe hingga Audrey Hepburn ini disebut Kunal tak menutup kemungkinan untuk berekspansi ke kota lain di luar Jakarta.

Sebelumnya, ketika dipegang oleh Trans Fashion selama hampir 15 tahun, Ferragamo Indonesia juga membuka butik di Bandung dan Surabaya.

Adapun wajah baru butik Ferragamo hadir dalam desain yang lebih sleek dan modern dengan sentuhan kayu yang menciptakan atmosfer yang hangat.

Butik Baru Salvatore Ferragamo di Plaza IndonesiaButik Baru Salvatore Ferragamo di Plaza Indonesia. (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Lengkungan-lengkungan yang mendominasi sudut-sudut interior (seperti rak dan meja) mengandung 'filosofi' tersendiri. "Bentuknya merepresentasikan Gancini, motif khas Ferragamo " kata Assistant Marketing Manager Travel Retail Ferragamo Asia Agnes Poon.

Di butik ini, tersedia jajaran tas Ferragamo keluaran terbaru. Mulai dari yang bersiluet klasik seperti Iconic Top-Handle Bag dan Trifolio Box, hingga versi modernnya yang terdiri dari Trifolio Shoulder Bag dan Glam Caged Shoulder Bag.

Tidak ketinggalan, koleksi sepatunya. Butik ini juga memiliki sudut khusus untuk koleksi sepatu dan tas bagi para pria. "Tak menutup kemungkinan akan menyusul koleksi ready to wear juga di sini," tambah Agnes.

Butik Baru Salvatore Ferragamo di Plaza IndonesiaTas Trifolio Box di butik baru Salvatore Ferragamo Plaza Indonesia (Foto: Daniel Ngantung/Wolipop)

Desainer Baru, Lebih Muda dan Kulit Berwarna

Pada Maret 2022, Ferragamo yang bermarkas di Florence, Italia, mengumumkan Maximilian Davis sebagai direktur kreatif terbarunya. Untuk pertama kali dalam sejarahnya sejak didirikan oleh Salvatore Ferragamo pada 1927, rumah mode ini menunjuk seorang desainer muda berusia 27 tahun dengan latar kulit berwarna memegang posisi tertinggi di divisi kreatif dan desain.

Berasal dari Inggris, Maximilian Davis tumbuh dan besar di tengah keluarga imigran Trinidad-Jamaika yang masih memegang teguh akar budayanya. Belajar mode secara formal di London College of Fashion dan lulus pada 2017, ia sempat bekerja untuk desainer busana pria Grace Wales Bonner sebelum akhirnya mendirikan label sendiri pada 2020.

MILAN, ITALY - SEPTEMBER 24: Maximilian Davis walks the runway of the Salvatore Ferragamo Fashion Show during the Milan Fashion Week Womenswear Spring/Summer 2023 on September 24, 2022 in Milan, Italy. (Photo by Jacopo Raule/Getty Images)Maximilian Davis di peragaan koleksi perdananya untuk Salvatore Ferragamo saat Milan Fashion Week Womenswear Spring/Summer 2023 pada September 2022. (Foto: Getty Images/Jacopo Raule)

Kuat dengan desainnya yang menonjolkan sensualitas lewat teknik tailoring dan kaya tekstur material, kreasi Maximilian Davis langsung menarik atensi selebriti dunia. Rihanna, Kim Kardashian, dan Dua Lipa pernah memakai karyanya.

New York Times mengabarkan, bakat Davis sempat membawanya masuk kompetisi bergengsi LVMH Prize. Namun, ia memilih keluar di tengah jalan demi menerima tawaran Ferragamo. Koleksi perdana Davis untuk Ferragamo naik pentas di Milan Fashion Week Spring-Summer 2023 pada September lalu.

MILAN, ITALY - SEPTEMBER 24: Maximilian Davis walks the runway of the Salvatore Ferragamo Fashion Show during the Milan Fashion Week Womenswear Spring/Summer 2023 on September 24, 2022 in Milan, Italy. (Photo by Jacopo Raule/Getty Images)Koleksi Salvatore Ferragamo Fashion rancangan Maximilian Davis. (Foto: Getty Images/Jacopo Raule)

Tak hanya Davis, Ferragamo menyambut kedatangan CEO baru. Marco Gobbetti mendapat tanggung jawab tersebut setelah keluar dari Burberry. Kehadiran mereka disusul dengan perubahan nama merek. Cukup 'Ferragamo', tanpa 'Salvatore'.

Penyegaran tersebut menyatakan strategi Ferragamo untuk lebih relevan dengan tren industri saat ini yang fokus menggarap audiens milenial. Dibanding luxury brand sekelasnya, Ferragamo memang terbilang tertinggal karena terlalu 'konservatif' dalam hal desain dan model bisnis.

Mary Tang, Brand Manager Fashion Valiram, memastikan Ferragamo siap memasuki era baru. "Akan banyak kolaborasi dan kegiatan yang menarik dengan para influencer, teman media, dan konsumen loyal kami ke depan. Kita nantikan saja," ungkap Mary.



Simak Video "Kim Kardashian Kecam Kampanye Boneka 'BDSM' Anak Balenciaga"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)