ADVERTISEMENT

Jakarta Fashion Week 2023

7 Desainer Rilis Koleksi Busana Bertemakan Bangkit dari Pandemi di JFW 2023

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 30 Okt 2022 18:30 WIB
Koleksi Calla The Label diJakarta Fashion Week 2023, City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta. Koleksi Calla The Label di Jakarta Fashion Week 2023. Foto: Dachri Megantara.
Jakarta -

Hari ke-6 Jakarta Fashion Week (JFW) 2023, Wardah menggaet tujuh desainer lokal untuk fashion show bertemakan 'Beauty Forward in Unity'. Para desainer dan brand tersebut adalah IKYK X Callie Cotton, Calla the Label, Kami X Artkea, KHANAAN, dan Klamby. Koleksi busana dari ketujuh desainer ini memiliki persamaan yaitu membangkitkan semangat dan optimisme setelah dua tahun pandemi Corona.

Tujuh desainer saling bersinergi dan memadukan DNA masing-masing sehingga menghasilkan koleksi yang menarik perhatian. Elsa Maharani sebagai PR Manager Wardah mengharapkan tema Beauty Forward in Unity bisa memicu wanita Tanah Air untuk bangkit.

"Industri fashion ini bersatu dan mengajak wanita Indonesia terus bergerak dalam bidang apapun perannya. Kita kepengen bergerak, berdampak dan menginspirasi. Kolaborasi kali ini bersama industri Fashion," ungkap Elsa dalam konferensi pers JFW 2023, Wardah Beauty Forward in Unity, di Pondok Indah Mall 3 (29/10/2022).

Paula Yuktipada sebagai Founder Callie Cotton menjelaskan koleksi Callie yang berkolaborasi dengan IKYK untuk koleksi Spring-Summer 2023 juga mengungkapkan hal serupa. Mereka ingin membangun optimisme melalui koleksi busana terbaru.

"Jadi kali ini Callie berkolaborasi dengan IKYK tahun 2022 kita sudah bicara sudah akhir 2021, waktu itu kita optimis tahun pertama pandemik akan mulai berakhir. Kita ingin menghadirkan semangat optimisme dan kebersamaan koleksi kali ini," kata Paula.

Anandia Marina Putri sebagai pendiri IKYK (I Know You Know) menuturkan koleksi kolaborasi bersama Callie diberi nama rona. Nama tersebut melambangkan kebahagiaan dan warna baru agar bangkit dari pandemi.

Sedangkan Yeri Afriyani sebagai desainer dan pendiri Calla The Label menjelaskan pada Jakarta Fashion Week 2023, dia menggandeng influencer Ayla Dimitri. Koleksi busananya tetap sesuai dengan DNA Calla The Label yang berwarna dan motif.

"Temanya adalah bertumbuh. Titik-titik itu bentuknya benih. Mimpi setiap hari kan bertumbuh besar, begitu juga cerita dengan benih. Sesuatu benih yang dipupuk dan akan menjadi bunga. Pertumbuhan itu terjadi pada setiap orang," kata Yerry.

Tujuh desainer yang menampilkan koleksi terbaru di Jakarta Fashion Week 2023.Tujuh desainer yang menampilkan koleksi terbaru di Jakarta Fashion Week 2023. Foto: Gresnia/Wolipop.

Optimisme juga dihadirkan KAMI yang berkolaborasi dengan Lace by Artkea di Jakarta Fashion Week 2023. Founder & Creative Director KAMI menuturkan koleksi mereka diharapkan memberikan pesan yang positif.

"Temanya positivity dan inspirasinya dari garden. Taman itu simbol dari tempat yang indah dan tenang. Taman itu merasa relax, senang dan terinspirasi. Tahun ini memilih taman dan kolaborasi memprovide lace yang berbunga-bunga dan patternnya dari KAMI. Kita memilih warnanya yang bukan Artkea dan bukan KAMI. Akhirnya kita pilih warna cerah karena positivity dan ketika memakai baju ini bisa menimbulkan rasa positif dari koleksinya," ucap Karin.

Brand Klamby menyuguhkan koleksi The Tea Party yang terinspirasi dari motif dari teknik lasercut. "Koleksi kali ini di JFW 2023, Klamby membawakan The Tea Party koleksi ini ada warna yang lebih soft. Klamby itu kan selalu menggunakan pattern, kali ini pattern-nya dari lasercut. Ada koleksi yang dipakai muse itu koleksi spesial kita," ujar Sandy Hendra Budiman sebagai PR Klamby.

Koleksi Calla The Label diJakarta Fashion Week 2023, City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta.Koleksi Calla The Label diJakarta Fashion Week 2023, City Hall, Pondok Indah Mall 3, Jakarta. Foto: Dachri Megantara.

Dan desainer terakhir yang digandeng Wardah dalam Jakarta Fashion Week 2023 adalah Khanan Shamlan dari brand fashion KHANAAN. Khanaan menyebutkan koleksi kali memadukan unsur gaya wanita era 50 dan 80-an.

"Koleksi kali ini Khanan mau suprise di JFW kali ini temanya Ma Cheri sweet heart sesuai dengan namanya koleksinya aman manis. Khanan suka memadukan kultur Indonesia, kali ini wanita tahun 50-an, warnanya diambil dari 80-90-an. Warnanya pondan, candy dan bisa menjadi tren 2023. Khanan tetap elegen yang berbeda kali ini terlihat lebih muda dan bisa dipakai untuk berbagai generasi," terangnya.

Seluruh model dan muse dalam fashion show Wardah di Jakarta Fashion Week 2023 ini menggunakan tren makeup 2023 yaitu wing white liner, intense blush dan rose gold pearls yang menjadi best make up di London Fashion Week.

(gaf/eny)