ADVERTISEMENT

Jakarta Fashion Week 2023

Sophia Latjuba Jadi Model di JFW 2023, Pakai Gaun Buatan Perajin Difabel

Daniel Ngantung - wolipop Minggu, 30 Okt 2022 15:00 WIB
OCTOBER 29: A model walks the runway of Make Over DFK RTW presents Fashion Mutation featuring Sean & Sheila during Jakarta Fashion Week 2023 in City Hall – Pondok Indah Mall 3, Jakarta. Sophia Latjuba memeragakan busana dari koleksi terbaru Sean Sheila di Dewi Fashion Knights 2022 yang digelar dalam rangkaian Jakarta Fashion Week 2023. (Foto: Dandy Hendrata/JFW)
Jakarta -

Bukan Jakarta Fashion Week (JFW) namanya bila tanpa Dewi Fashion Knights (DFK). Di JFW 2023 yang mengusung tema 'Fashion Reformation', DFK hadir dengan format baru. Tidak hanya sekali digelar, tapi dua kali. Tampil pula Sophia Latjuba sebagai salah satu modelnya.

DFK pertama digelar tadi malam, Sabtu (30/10/2022), di Pondok Indah Mall 3, sebagai penutup hari ke-3 JFW 2023, dengan tema 'Fashion Mutation'. Diadakan oleh majalah Dewi sejak 2008, DFK hadir untuk merayakan para 'kesatria' fashion yang dianggap telah berprestasi dan membawa hawa perubahan di industri mode Indonesia.

OCTOBER 29: A model walks the runway of Make Over DFK RTW presents 'Fashion Mutation' featuring Peggy Hartanto during Jakarta Fashion Week 2023 in City Hall – Pondok Indah Mall 3, Jakarta.Koleksi Peggy Hartanto di JFW 2023. (Foto: Dandy Hendrata/JFW)

Di DFK 2022 bagian pertama yang didukung Make Over, koleksi ready-to-wear premium menjadi fokus. Adapun para 'kesatria' yang mendapat kesempatan ini adalah Peggy Hartanto, Sean Sheila, serta Aidan and Ice.

Kreasi Peggy Hartanto yang bertajuk '23.01 FANTASIA' menjadi pembuka. Desainer yang karya-karyanya sudah pernah membungkus tubuh selebriti Hollywood ini menyuguhkan koleksi yang inspirasinya datang dari adegan Waltz of the Flowers di film animasi klasik 'Fantasia' (1940).

OCTOBER 29: A model walks the runway of Make Over DFK RTW presents 'Fashion Mutation' featuring Peggy Hartanto during Jakarta Fashion Week 2023 in City Hall – Pondok Indah Mall 3, Jakarta.Foto: Dandy Hendrata/JFW

Untuk koleksi ini, ia juga menginterpretasikan kekagumannya pada animasi klasik lainnya dari Disney dan alunan musik Tchaikovsky lewat eksplorasi bentuk kurva sebagai motif dan dekorasi tiga dimensi yang menghiasi koleksinya. Ada vibe motif retro yang pernah diusung desainer Inggris Orla Kiely, tapi karya Peggy Hartanto terasa lebih clean dan modern.

Menunjukkan kematangan sang desainer setelah 10 tahun berkarya, koleksi ini menghadirkan berbagai variasi busana wanita dengan beberapa detail dari men's tailoring dalam warna-warna bunga nan berani, struktur dramatis, dan siluet feminin. Kehadiran aksesori seperti bucket hat yang unik dengan hiasan seperti origami berbentuk bunga semakin menambah daya tarik dari koleksi ini.

OCTOBER 29: A model walks the runway of Make Over DFK RTW presents 'Fashion Mutation' featuring Peggy Hartanto during Jakarta Fashion Week 2023 in City Hall – Pondok Indah Mall 3, Jakarta. Peggy Hartanto (tengah, berbaju hitam) setelah menampilkan karyanya di Dewi Fashion Knights 2022 dalam gelaran JFW 2023. (Foto: Dandy Hendrata/JFW)

Berikutnya, giliran label perhiasan Aidan & Ice besutan duo Nadia Tusin dan Eunice Salim. Eksis sejak 9 tahun lalu, jenama yang menawarkan luxe artisan jewelry ini mengeksplorasi mutiara untuk koleksi terbarunya.

Mutiara yang digunakan berukuran besar sehingga memberikan statement tersendiri pada pemakainya. Jenis perhiasan yang hadir cukup bervariasi, mulai dari kalung, anting, headpiece, hingga bros. Keikutsertaan Aiden & Ice ini sekaligus menyusul kesuksesan label mereka yang sudah memasarkan produk ke luar negeri.

OCTOBER 29: A model walks the runway of Make Over DFK RTW presents 'Fashion Mutation' featuring Aidan & Ice during Jakarta Fashion Week 2023 in City Hall – Pondok Indah Mall 3, Jakarta.Koleksi Aidan & Ice (Foto: Dachri Megantara/Jakarta Fashion Week)

Sophia Latjuba Curi Perhatian

Sebagai pamungkas, tampil koleksi busana persembahan Sean Sheila. Didirikan oleh pasangan desainer Sean Loh dan Sheila Agatha, jenama ini kembali mempertegas konsistensinya sebagai pemain di ranah luxe ready to wear.

Kali ini, women empowerment yang selalu menjadi ilham desainer pemenang Harper's Bazaar Asia New Generation Award regional Malaysia dan Indonesia tersebut mewujud dalam variasi atasan bergaya edgy yang hadir dengan aksentuasi pada bagian bahu. Beberapa di antaranya diperagakan oleh wanita berusia paruh baya.

OCTOBER 29: A model walks the runway of Make Over DFK RTW presents 'Fashion Mutation' featuring Sean & Sheila during Jakarta Fashion Week 2023 in City Hall – Pondok Indah Mall 3, Jakarta.Koleksi Sean Sheila (Foto: Dandy Hendrata/JFW)

Kekuatan koleksi ini juga terletak pada sulaman halus keemasan yang menjadi salah ciri khasnya. Menyisipkan social awareness sejak awal pendirian mereka, tiap-tiap detail koleksi Sean Sheila dikerjakan dan ditelisik oleh tangan-tangan terlatih para perajin difabel dari Purbalingga, Jawa Tengah.

Di penghujung presentasi, Sophia Latjuba muncul untuk memeragakan busana terakhir dari duo desainer yang pernah beberapa kali ikut serta trade show Paris Fashion Week ini.

OCTOBER 29: A model walks the runway of Make Over DFK RTW presents 'Fashion Mutation' featuring Sean & Sheila during Jakarta Fashion Week 2023 in City Hall – Pondok Indah Mall 3, Jakarta.Sophia Latjuba memeragakan busana terakhir dari koleksi terbaru Sean Sheila di JFW 2023. (Foto: Dandy Hendrata/JFW)

Aura seksi perempuan 52 tahun ini sukses terpancar dalam balutan gaun yang hadir dengan bodice belahan dada rendah silver yang mengilap dan rok panjang yang mengekspos kaki jenjangnya. Lipstik rona gelap yang mewarnai bibir semakin mempertegas karakteristiknya sebagai wanita yang kuat dan independen, sesuai dengan ilham Sean Sheila.

Penampilan Sophia Latjuba di DFK 2022 bagian pertama menjadi penutup JFW 2023 hari ke-6. DFK 2022 berikutnya akan digelar malam ini, Minggu (30/10/2022), sebagai penutup dari seluruh rangkaian JFW 2023. Bertema 'Future Couture' DFK bagian kedua meng-highlight koleksi adibusana persembahan Rinaldy A. Yunardi, Yogie Pratama, dan Stella Rissa.

OCTOBER 29: A model walks the runway of Make Over DFK RTW presents 'Fashion Mutation' featuring Sean & Sheila during Jakarta Fashion Week 2023 in City Hall – Pondok Indah Mall 3, Jakarta.Didirikan oleh pasangan desainer Sean Loh dan Sheila Agatha, jenama ini kembali mempertegas konsistensinya sebagai pemain di ranah luxe ready to wear saat JFW 2023. (Foto: Dandy Hendrata/JFW)


Simak Video "Daliatex Kusuma dan 3 Brand Lokal Dukung Gerakan Sustainable"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)
dMentor
×
Awas! Gelombang Ganas PHK
Awas! Gelombang Ganas PHK Selengkapnya