ADVERTISEMENT

Ratu Elizabeth II Meninggal, Siapa yang Akan Mewarisi Koleksi Mahkotanya?

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 09 Sep 2022 19:30 WIB
Mahkota Kerajaan Inggris Foto: Getty Images
Jakarta -

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia 96 tahun. Ibu dari Raja Charles III tersebut menjadi salah satu pemimpin tahta kerajaan terlama dan memiliki koleksi perhiasan paling mahal di dunia. Dilaporkan, mendiang memiliki sekitar 50 mahkota bertahta batu mulia yang berkilauan. Setelah kepergiannya, siapa yang akan mewarisi tiara-tiara cantik tersebut?

Mahkota menjadi aksesori yang melengkapi penampilan Ratu Elizabeth selama bertahta 70 tahun empat bulan. Meski tak selalu digunakan, nenek Pangeran William ini pasti mengenakannya di acara-acara khusus. Selain mahkota, ia juga sering tampil dengan aksesori mewah lain, seperti cincin, kalung, atau bros. Koleksi perhiasan itu tentu sangat berharga mengingat nilai harga dan sejarahnya.

Dilansir NY Post, koleksi perhiasan keluarga kerajaan Inggris adalah yang paling termahal di dunia. Diperkirakan jumlahnya bisa lebih dari 1 juta obyek jika dihitung dari zaman Raja Henry VII. Aset tersebut sendiri di bagian menjadi dua, milik kerajaan dan milik ratu secara pribadi. Kebanyakan perhiasan Ratu Elizabeth merupakan pemberian dan warisan dari keluarga atau dibeli sendiri.

Dunia Hari Ini Berkabung: Ratu Elizabeth Mangkat, Charles Jadi RajaRatu Elizabeth II Memakai Mahkota Foto: ABC Australia

Ada beberapa mahkota Ratu Elizabeth yang dikenal publik karena sering dikenakan di berbagai kesempatan. Kebanyakan dari tiara tersebut merupakan koleksi personal karena itu dia bisa diberikan atau diwariskan kepada siapa pun.

"Kemungkinan dia ingin mewariskan beberapa item dari koleksi pribadinya kepada orang-orang tercinta. Kumpulan koleksi itu akan diberikan kepada Charles dengan Camilla sebagai permaisurinya dan kemudian Kate, jadi mereka mungkin tidak meninggalkan banyak hal (dalam warisan)," kata pakar kerajaan Inggris, Josh Rom.

Selama hidup, Ratu Elizabeth II memang sudah sering meminjamkan perhiasan pribadinya kepada anak atau cucu untuk acara-acara spesial. Pada 2011, Kate Middleton mengenakan mahkota Cartier Halo yang bertahta 1.000 berlian ketika menikah dengan Pangeran William. Sedangkan Meghan Markle memakai tiara bergaya art deco Diamond Bandeau saat dipersunting Pangeran Harry yang belum pernah dipakai di publik sebelumnya.

WINDSOR, ENGLAND - OCTOBER 12:  The bride Princess Eugenie of York with her father Prince Andrew, Duke of York arrives by car for her Royal wedding to Mr. Jack Brooksbank at St. George's Chapel on October 12, 2018 in Windsor, England.  (Photo by Chris Jackson/Getty Images)WINDSOR, ENGLAND - OCTOBER 12: The bride Princess Eugenie of York with her father Prince Andrew, Duke of York arrives by car for her Royal wedding to Mr. Jack Brooksbank at St. George's Chapel on October 12, 2018 in Windsor, England. (Photo by Chris Jackson/Getty Images) Foto: Getty Images

Cucunya sendiri, Putri Eugenie, menggunakan mahkota Greville Emerald Kokoshnik dengan berlian berpotongan mawar dan enam batu zamrud. Tiara tersebut merupakan warisan dari ibu sang ratu pada 1942 dan belum pernah dipakai di acara publik sebelumnya. Sementara Beatrice dipinjamkan mahkota milik Ratu Mary, Fringe Tiara, yang pernah dipakai Ratu Elizabeth ketika menikah dengan Pangeran Philip.

Menurut Josh Rom, mungkin saja mendiang Ratu ingin mewariskan mahkota-mahkota yang pernah dipakai cucu-cucunya ketika menikah. "Dia mungkin akan menyimpan barang-barang yang dia mau berikan untuk orang-orang tercinta dan masuk akal untuk memberikan sesuatu yang dia tahu orang-orang itu akan sukai. Tapi ada satu hal. Jika mereka diwariskan dengan mahkota-mahkota itu mereka harus membayar pajak warisan," tutur Josh.

Dilaporkan jika pajak warisan di Inggris bisa sampai 40% dari harga barang dan tentunya mahkota bertahta batu mulia tidaklah murah. Karenanya, ada kemungkinan pula Ratu Elizabeth II akan tetap menjadikan koleksi kerajaan untuk bisa dipinjamkan jika dibutuhkan daripada diturunkan secara khusus.

Mahkota Kerajaan InggrisMahkota Kerajaan Inggris Foto: Getty Images
(ami/ami)