ADVERTISEMENT

Kanye West Dikritik Jual Baju di Karung Sampah, Dinilai Eksploitasi Kemiskinan

Hestianingsih Hestianingsih - wolipop Selasa, 23 Agu 2022 10:15 WIB
Kanye West. Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain Kanye West. Foto: Getty Images/Pascal Le Segretain
Jakarta -

Kanye West dikritik karena menjual koleksi pakaiannya di karung sampah. Koleksi tersebut merupakan hasil kolaborasinya bersama GAP yang diberi nama Yeezy GAP.

Berawal dari seorang netizen yang mengunggah foto ketika berkunjung ke salah satu toko GAP. Dia mengungkapkan keterkejutannya setelah melihat koleksi kolaborasi yang telah ditunggu-tunggu para penggemar brand Yeezy ditumpuk begitu saja.

Alih-alih ditata dan digantung rapi dengan hanger, koleksi Yeezy GAP justru ditumpuk-tumpuk dalam karung plastik besar yang tampak seperti karung sampah. Penempatan seperti itu tentu membuat orang sulit memilih baju dan ukuran yang mau dibeli.

Koleksi Yeezy Gap yang disebut ditumpuk di karung sampah.Koleksi Yeezy Gap yang disebut ditumpuk di karung sampah. Foto: Dok. Twitter

"Beginilah cara mereka menjual koleksi Yeezy GAP," tulis netizen tersebut pada caption foto yang diunggah di Twitter.

Foto yang viral itu menuai kritikan dari netizen. Banyak yang menilai bahwa Kanye West punya ketertarikan yang aneh terhadap kemiskinan. Dia seolah menggunakan kalangan tunawisma sebagai inspirasi fashion.

"Hal inilah yang salah dengan para miliarder. Mereka tidak lagi melihat penderitaan orang lain, mereka tidak peduli dengan orang yang menderita, tapi melihatnya sebagai kesempatan untuk jadi 'edgy' dan meraup keuntungan dari situ... menjijikkan," cuit netizen.

"Ini pasti sebuah eksperimen sosial," tulis netizen lagi.

"Saya bisa bilang hal seperti ini bisa membuat saya berhenti kerja kalau masih bergabung di tim visual," sindir netizen lainnya.

Tidak sedikit juga yang mengritik koleksi pakaian Yeezy GAP tampak lusuh namun dijual dengan harga sangat mahal, mulai dari Rp 3,5 jutaan. Koleksinya sendiri terdiri dari sweater, jogger, aksesori dan hoodie bernuansa abu-abu tua.

Koleksi Yeezy Gap.Koleksi Yeezy Gap. Foto: Dok. Yeezy Gap

Menurut salah seorang saksi mata, Kanye West sendiri yang menginginkan koleksi busana rancangannya ditata seperti itu.

"Pramuniaga bilang Ye (sebutan untuk Kanye West) marah-marah begitu dia lihat pakaian rancangannya ditata di hanger. Karena yang dia mau ya seperti itu. Mereka (pramuniaga) tidak akan membantu mencarikan ukuran baju. Kamu harus mengaduk-aduk dan mencarinya sendiri," ujarnya.

Penjelasan Kanye West

Simak penjelasan Kanye West soal koleksi Yeezy Gap yang ditumpuk di karung sampah, di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2