ADVERTISEMENT

Saat Batik di Tangan Desainer Korea Favorit Lee Min Ho dan Gong Yoo

Daniel Ngantung - wolipop Selasa, 02 Agu 2022 21:00 WIB
Koleksi Iwan Tirta Private Collection x Kim Seo Ryong Koleksi Iwan Tirta Private Collection x Kim Seo Ryong (Foto: Dok. Iwan Tirta Private Collection)
Jakarta -

Pesona batik sebagai warisan budaya Nusantara memikat desainer Korea Selatan Kim Seo Ryong. Lantas, apa jadinya jika batik digarap oleh desainer favorit bintang Korea seperti Lee Min Ho dan Gong Yoo itu?

Terpana dengan batik, Kim Seo Ryong yang seorang pelukis berkolaborasi dengan label Iwan Tirta Private Collection (ITPC) untuk koleksi terbarunya, Resort 2022. Ia secara khusus mengeksplorasi arsip-arsip batik karya Iwan Tirta, sang maestro batik itu.

Ketertarikan Kim pada batik tulis sejalan dengan kecintaannya yang tinggi dalam bereksperimen dengan berbagai material. Dalam keterangan tertulis dari ITPC, Selasa (2/8/2022), ia disebut sangat menikmati proses pengembangan bahan. Mulai dari mendesain motif, mencoba mengkombinasikan berbagai tekstur dan warna, hingga mencoba berbagai teknik celup.

Koleksi Iwan Tirta Private Collection x Kim Seo RyongKoleksi Iwan Tirta Private Collection x Kim Seo Ryong (Foto: Dok. Iwan Tirta Private Collection)

Melalui perjalanan berbagai textile development, Kim Seo Ryong selalu fokus dalam mematangkan siluet desain dan potongan tailored yang ideal. Garis desainnya yang fluid lantas memberikan sentuhan baru pada motif batik yang tradisional.

Hadir silk flare pants hingga relaxed-fit suit atau kombinasi elemen retro dengan modernitas, menjadi cermin identitas desainnya relevan. Relevansi ini pula yang membuat karya-karyanya diterima dengan sangat antusias oleh publik, dan namanya dihormati di industri fashion Korea Selatan.

Bagi Kim Seo Ryong, kolaborasi ini menjadi sebuah perspektif redefinisi menswear modern melalui Batik. Kim mempelajari motif batik yang terdapat pada arsip motif batik Iwan Tirta dan pilihannya jatuh pada motif-motif Nusantara bernuansa cerah, yang dipahaminya sebagai motif yang menarik untuk kalangan mapan di Korea Selatan serta memiliki kesan timeless.

Koleksi Iwan Tirta Private Collection x Kim Seo RyongKoleksi Iwan Tirta Private Collection x Kim Seo Ryong (Foto: Dok. Iwan Tirta Private Collection)

Selain menampilkan motif-motif Batik dari Jawa, dapat ditemukan juga motif Batik berasal yang dari Sumatera hingga Nusa Tenggara, sebagai representasi kekayaan budaya Indonesia.



Simak Video "Wanita Indonesia Ini Konsisten Kenalkan Batik ke Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)