ADVERTISEMENT

10 Tahun Berkarya, Desainer Monica Ivena Rilis Koleksi 'Resilience'

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 11 Mar 2022 19:30 WIB
Koleksi Resilience Karya Monica Ivena Koleksi 'Resilience' Karya Monica Ivena. (Foto: Dok. Arwan Mauriattama)
Jakarta -

Tanpa terasa, 10 tahun sudah desainer Monica Ivena berkarya. Untuk merayakan pencapaian tersebut, ia memperkenalkan koleksi terbaru bertajuk 'Resilience' yang merefleksikan ketangguhan para perempuan menghadapi pandemi COVID-19.

Usia karier selama 10 tahun terbilang masih muda bila dibandingkan dengan desainer senior lain sekelas Sebastian Gunawan atau Biyan Wanaatmadja. Namun, kiprah Monica sebagai perancang muda sulit untuk diragukan.

Lahir di Jakarta, 5 Oktober 1992, Monica mengenyam ilmu mode secara formal di Raffles Design Institute Singapore dan berhasil merampungkannya hanya dalam dua tahun pada 2010 atau setahun lebih cepat dari tiga tahun program sekolah.

Koleksi 'Resilience' Karya Monica IvenaKoleksi 'Resilience' Karya Monica Ivena. (Foto: Dok. Arwan Mauriattama)

Setelah itu, ia melanjutkan studinya di LPTB Susan Budihardjo, Jakarta, sembari merintis karier sebagai desainer pada 2011. Setahun kemudian, Monica yang fokus pada koleksi adibusana memperkenalkan labelnya, Monica Ivena Couture.

Sejak itu, karya-karya Monica mulai akrab di kalangan selebriti Tanah Air. Aktris Olivia Jensen, Chelse Olivia, Angel Pieters, Chelsea Islan, Rossa hingga Luna Maya memakainya. Ia pun rutin menggelar peragaan tunggal untuk memperkenalkan karyanya kepada khalayak.

Sukses di dalam negeri, Monica melebarkan sayapnya ke kancah internasional dengan menggandeng agensi internasional the Clique Limited pada 2017. Agensi tersebut berada di balik kesuksesan Tex Saverio dan Rinaldy A. Yunardi merambah panggung mode dunia.

Koleksi 'Resilience' Karya Monica IvenaKoleksi 'Resilience' Karya Monica Ivena. (Foto: Dok. Arwan Mauriattama)

Kemitraan tersebut lantas membuahkan hasil. Salah satu rok buatan Monica Ivena dipakai oleh Taylor Swift untuk video klip 'ME!'. Khloe Kardashian dan putrinya, juga pernah kompak berbalut gaun Monica Ivena saat menghadiri perayaan Natal pada 2018.

Perjalanan karier Monica tak lepas dari tantangan, terkhusus saat pandemi COVID-19. Di tengah keterbatasan, ia tetap konsisten berkarya. Semangatnya kian terbakar saat melihat para wanita di sekitarnya yang berani dan tiada lelah bekerja terlepas dari situasi yang dihadapi.

Itulah yang menginspirasi Monica untuk 'Resilience' yang dikenalkan lewat fashion show virtual di YouTube baru-baru ini. Momen tersebut turut menandai kehadiran logo baru brand Monica.

Koleksi 'Resilience' Karya Monica IvenaKoleksi 'Resilience' Karya Monica Ivena. (Foto: Dok. Arwan Mauriattama)

Terdiri dari 25 look atau tampilan busana, koleksi ini sekaligus memperlihatkan kekuatan Monica dalam mengolah detail yang memukau. Bordir, manik kilap berkilau, bling-bling, memenuhi beraneka tekstur bahan pada tiap lembar busana.

Evening dress dengan tambahan cape yang mendominasi sukses menggambarkan kebesaran seorang perempuan. "Sayap malaikat seumpama makna, bahwasanya tiap wanita memiliki kekuatan untuk menolong seperti sesosok malaikat", ujar Monica dalam keterangan tertulisnya.

Untuk koleksi ini, ia juga mendapat dukungan dari sang ayah yang membantu membuatkan kerangka-kerangka besi untuk menopang gaunnya. Hadir gaun berpotongan merampingkan lambaian tule tipis see-through jubah kaku bagai perisai hingga busana pengantin.



Simak Video "Pandangan Taylor Swift Tentang Hidup Tertuang di 'Midnights'"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)