Maudy Ayunda dan Raisa Cantik Berkebaya di Buku Didiet Maulana, Ini Kisahnya

Chairini Putong - wolipop Jumat, 22 Jan 2021 07:30 WIB
Maudy Ayunda Foto: Youtube/Didiet Maulana
Jakarta -

Di hari ulang tahunnya ke-40, desainer Didiet Maulana merilis buku 'Kisah Kebaya' yang dapat dijadikan pedoman bagi wanita untuk berkebaya. Impiannya adalah menumbuhkan rasa cinta generasi muda terhadap kebaya. Tak sendiri, Didiet Maulana turut mengajak influencer Indonesia berpartisipasi dalam buku Kisah Kebaya.

Buku 'Kisah Kebaya' adalah karya Didiet Maulana yang memuat ragam kebaya nusantara. Pendiri IKAT Indonesia ini optimis kebaya juga dapat dikenakan generasi muda dalam keseharian. Buah karya Didiet Maulana ini memakan waktu hingga enam tahun hanya untuk proses riset. Sementara itu, penulisannya sendiri dikerjakan selama 1,5 tahun.

Dalam bukunya, Didiet Maulana menyelipkan tips mix and match kebaya untuk generasi muda. Ada pula kumpulan koleksi kebaya Didiet Maulana yang anggun saat dikenakan influencer dan selebritis Indonesia.

"Di sini, saya dibantu oleh teman-teman saya, salah satu contoh Maudy Ayunda yang mengenakan kebaya pendek floral. Maudy mempresentasikan generasi muda yang sangat men-support perkembangan budaya Indonesia. Dan pas sekali karena Maudy sebentar lagi akan launching filmnya, 'Losmen Bu Broto'," ujar Didiet Maulana, dalam konferensi pers virtual, Senin (18/01/2021) lalu.

Selain Maudy Ayunda, Didiet juga menggandeng Ayla Dimitri, aktris Tatjana Saphira, dan penyanyi Andien. Dalam buku 'Kisah Kebaya', pembaca juga bisa melihat cantiknya Najwa Shihab dan Raisa mengenakan koleksi kebaya Didiet Maulana.

Kebaya AndienKebaya rancangan Didiet Maulana (Foto: Youtube Didiet Maulana)

"(Dalam buku ini) Ayla memakai kebaya milik almarhumah nenekku. Jadi kebaya kuno, digabungkan dengan kain dan mengenakan syal dari Sumba. Di sini, Ayla juga mengenakan bros yang terinspirasi dari Batak," jelasnya.


Saat konferensi pers perilisan buku tersebut, Didiet Maulana juga sempat menyinggung soal kebaya kartini yang dikenakan Najwa Shihab. Istilah kebaya kartini menurutnya dipopulerkan oleh Ibu Kartini karena terlihat sangat khas.

"Najwa Shihab mengenakan busana kartini yang tangannya dibuat agak membesar karena terinspirasi oleh almarhum Bapak Iwan Tirta. Beliau mengeluarkan kebaya dengan tangan menggembung," ujarnya memperlihatkan koleksi kebaya merah Najwa Shihab.

Najwa ShihabNajwa Shihab dalam balutan kebaya Didiet Maulana (Foto: Youtube Didiet Maulana)


Sejumlah selebritis dan influencer Indonesia yang turut berpartisipasi dalam buku Didiet Maulana turut menyampaikan pandangannya tentang kebaya. Mereka pun senang dan bangga dapat terlibat dalam proyek buku Didiet Maulana.

"Somehow aku melihat perempuan Indonesia yang menggunakan kebaya itu tetap terlihat anggun, soft, tapi tetap memancarkan suatu kekuatan dalam diri seorang perempuan Indonesia," ucap Tatjana Saphira.

"Rasanya senang bisa menjadi bagian dari sesuatu yang akan men-showcase suatu budaya Indonesia yang sangat penting untuk diangkat. Jadi itu sebenarnya membanggakan juga," ungkap Maudy Ayunda.

"Saya rasa 'Kisah Kebaya' ini akan menjadi sumber inspirasi bagi banyak sekali orang. Mungkin tidak hanya untuk generasi sekarang, mungkin juga untuk generasi selanjutnya," timpal Andien.

"Sejak awal, saya pecinta karya-karya Didiet Maulana. Apapun koleksi yang dikeluarkan, saya paling setia untuk nungguin. Dan selain itu, saya juga kagum sama sisi sosialnya mas Didiet. Di mana pun, kayaknya ada kesempatan untuk bisa berbuat dan sesama anak negeri pasti selalu mau ikut turun tangan. Jadi, ada banyak aspek yang saya pikir rasanya rugi kalau tidak bisa ikut berpartisipasi dalam proyek ini," pungkas Najwa Shihab.

Didiet Maulana merilis buku Kisah KebayaDesainer Didiet Maulana (Foto: Dok. Didiet Maulana)
(dtg/dtg)