Didiet Maulana Ajak Anak Muda Berkebaya Sehari-Hari, Ini Tips Padu-padannya

Chairini Putong - wolipop Selasa, 19 Jan 2021 08:00 WIB
Sri Mulyani Pakai Karya Didiet Maulana Desainer Didiet Maulana. Foto: Mohammad Abduh/Wolipop
Jakarta -

Selama ini, wanita Indonesia kerap menggunakan kebaya hanya dalam perayaan tertentu yang terkesan formal. Seperti acara adat, pernikahan, maupun kelulusan sekolah. Namun seiring perkembangan zaman, kebaya telah mengalami perubahan desain dan bisa dikenakan sehari-hari.

Adalah Didiet Maulana, desainer Indonesia yang optimistis kebaya dapat selaras dengan generasi muda dan bisa digunakan dalam keseharian. Di hari ulang tahunnya ke-40, Senin (18/01/2021), Didiet pun merilis buku "Kisah Kebaya" yang memuat ragam bentuk kebaya nusantara.

Inspirasinya datang dari sang nenek yang dipanggil Eyang Uti. Semasa hidupnya, Didiet menyebut Eyang Uti mengenakan kebaya dalam kesehariannya.

Buku Kisah Kebaya merupakan hasil riset Didiet Maulana selama enam tahun, terhitung sejak 2012. Saat itu, pendiri IKAT Indonesia ini baru mengawali kariernya dan tengah mempelajari kebaya. Didiet mengungkap, kebaya juga belum terlalu populer bagi anak muda seperti sekarang.

Kini, Didiet melihat adanya pergeseran budaya dan maraknya penggunaan kebaya pada generasi muda. "Sekarang banyak influencer yang mempromosikan kebaya lewat media sosial dan memberikan pengaruh baik dengan mempromosikan kebaya seperti yang digunakan para leluhurnya," ungkap Didiet, dalam wawancaranya dengan Wolipop, Senin (18/01/2021).

Dalam bukunya, desainer lulusan jurusan arsitektur Universitas Katolik Parahyangan ini membagikan panduan agar wanita muda Indonesia lebih mudah mix and match kebaya. Mulai dari padanan warna (color chart) yang sesuai hingga cara penggunaan kebaya.

"Untuk anak-anak muda, sebagai tips memadupadankan kebaya bisa menggabungkan kebaya dengan kain-kain tradisional. Bisa dengan tenun ikat, songket, atau batik. Bisa juga memodifikasi tampilan dari kain. Agar terlihat lebih modern, bisa dibuat dengan motif yang sedang digandrungi," ujarnya.

Dalam buku Kisah Kebaya, Didiet Maulana juga membeberkan cara mix and match aksesori dengan mode kebaya. Seperti pilihan kalung, tas, dan sepatu yang bisa disesuaikan dengan kebaya agar sang pemakai kebaya tampil stand out.

"Misalnya ingin stand out tapi terlihat kasual, mungkin (seleksi) dari warnanya. Kemudian untuk tampilan formal agar terlihat stand out, kita tidak hanya harus memperhatikan keindahan kebaya tapi juga cara mix and match-nya. Perhatikan keserasian antara kebaya dengan encim dan kain bawahannya, sehingga bisa menghasilkan tampilan yang anggun, elegan, tetapi juga terkesan muda," timpalnya.



Simak Video "Didiet Maulana Rancang Busana untuk Awak Kabin Garuda"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)