Selamat Hari Batik Nasional 2020, Pakai Batik Saat Meeting Virtual Yuk

Eny Kartikawati - wolipop Jumat, 02 Okt 2020 08:00 WIB
iwan tirta Disney Selamat Hari Batik Nasional 2020. Foto: Mohammad Abduh/Wolipop
Jakarta -

Tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional. Dalam rangka Hari Batik Nasional yang jatuh hari ini, 2 Oktober 2020, yuk pakai batik saat meeting virtual atau belajar online.

Hari Batik Nasional dirayakan setiap 2 Oktober karena pada tanggal tersebut batik diakui sebagai Karya Agung Budaya Lisan dan Tak Benda Warisan Manusia di UNESCO. Penetepan tersebut terjadi pada sidang keempat Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-benda yang diselenggarakan UNESCO di Abu Dhabi pada 2 Oktober 2009.

Penetapan UNESCO terhadap batik inilah yang menjadi dasar pemerintah Indonesia memperingati Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober. Menurut M. Nuh yang saat itu menjabat sebagai Menteri Ad-Interim Kebudayaan dan Pariwisata (Budpar), karena pada 2 Oktober batik diakui secara internasional dalam sebuah sidang terbuka.

Pada Hari Batik Nasional setiap 2 Oktober pemerintah biasanya akan menyerukan pada masyarakat untuk memakai batik dalam berkegiatan. Seperti pada 2019 lalu, pemerintah melalui Sekretaris Jenderal Menteri Dalam Negeri Hadi Prabowo menandatangani Surat Edaran Nomor 003.3/10132/SJ tentang Pemakaian Baju Batik dalam Rangka Hari Batik Nasional 2 Oktober.

fashion show Alleira batik di paris fashion week dengan tema 'La Vie En Rose'Batik ditampilkan di Paris oleh Alleira Batik. Foto: dok. Alleira batik

Pada 2019, Hari Batik Nasional juga dirayakan secara meriah di Solo. Presiden Jokowi mengikuti acara 'Membatik untuk Negeri' yang berlangsung di Pura Mangkunegaran, Solo, Jawa Tengah. Jokowi dan Iriana yang sama-sama berasal dari Solo membatik bersama 500 orang dari berbagai elemen masyarakat.

Kini pada 2020, peringatan Hari Batik Nasional dirayakan secara berbeda. Digelar di tengah pandemi Corona, Hari Batik Nasional dirayakan pemerintah dengan cara daring.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita akan melakukan pembukaan Hari Batik Nasional secara daring. Pada acara tersebut akan ditampilkan berbagai IKM batik dari berbagai wilayah.

Sejalan dengan rencana pemerintah merayakan Hari Batik Nasional secara daring, kamu pun bisa tetap ikut meramaikan Hari Batik. Kamu bisa memakai batik favoritmu saat meeting virtual dengan rekan sekantor atau klien. Bagi para siswa atau mahasiswa, merayakan Hari Batik Nasional bisa dilakukan dengan mengenakan batik saat belajar atau sekolah online.

Selain dengan memakai batik saat meeting virtual, kamu juga bisa tetap merayakan Hari Batik Nasional di tengah pandemi Corona ini dengan mengunggah gaya terbaikmu saat memakai batik di akun media sosialmu. Bingung mau menulis caption apa saat mengunggah foto memakai batik dalam rangka Hari Batik Nasional? Berikut beberapa inspirasi ucapan Hari Batik Nasional dari para netizen:

fashion show Batik For The World di parisFashion show Batik For The World di paris Foto: Daniel Ngantung/Wolipop

"Jangan lupa pakai batik hari ini ya, dan tetaplah bangga menjadi bagian dari Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional, Kawanku."

"Sudah sepatutnya kita bangga dengan adanya warisan budaya berupa batik. Selamat Hari Batik Nasional untuk seluruh pemuda Indonesia."

"Kenakan batikmu karena itu merupakan identitas bangsa Indonesia. Selamat Hari Batik Nasional."

"Selamat Hari Batik Nasional. Mari selalu mencintai budaya dan produk lokal dengan memakai batik hari ini."

"Selamat Hari Batik Nasional. Tahukah kamu motif batik Indonesia memiliki banyak arti, mulai kebudayaan lokal, alam, sampai sejarah. Kamu pakai batik apa hari ini?"

Itulah tadi sejarah dan inspirasi ucapan Hari Batik Nasional yang bisa kamu terapkan untuk caption foto di media sosialmu. Selamat Hari Batik Nasional! Yuk pakai batik untuk mendukung industri kreatif lokal.



Simak Video "Pamor Batik dan Identitas Indonesia yang Mendunia "
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)