Sebelum Meninggal, Barli Asmara Mau Gelar Fashion Show di Museum

Daniel Ngantung - wolipop Jumat, 28 Agu 2020 07:30 WIB
Barli Asmara ditemani aktris Raline Shah dalam sebuah peragaan. Barli Asmara meninggal dunia kemarin, Kamis (27/8/2020), di Bali karena sakit. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop) Barli Asmara ditemani aktris Raline Shah dalam sebuah peragaan. Barli Asmara meninggal dunia kemarin, Kamis (27/8/2020), di Bali karena sakit. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)
Jakarta -

Kepergian desainer Barli Asmara sangat mengejutkan. Apalagi di usianya yang terbilang masih muda, yakni 42 tahun. Padahal, ia sudah memiliki banyak rencana untuk kariernya mendatang, termasuk menggelar fashion show di tempat bersejarah.


Barli Asmara mengungkapkan hal tersebut saat berbincang dengan Wolipop detikcom pada pertengahan Mei 2020. Kala itu, ia menelepon untuk mengajak kerja sama.

"Rencananya, aku mau gelar fashion show tunggal di Museum Bank Mandiri Oktober 2020. Mudah-mudahan, COVID-19 sudah nggak ada lagi ya," ungkap Barli yang mengawali kariernya sebagai desainer mode pada awal 2000-an.

Barli Asmara memeragakan koleksi terbarunya di IPMI Trend Show 2017. The Hall Lt.8 Senayan City.Jakarta.Barli Asmara saat memamerkan koleksinya di IPMI Trend Show 2017. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)


Barli Asmara mengatakan, perhelatan tersebut seharusnya digelar pada April 2020 tapi ditunda karena pandemi virus Corona. Ia mengadakannya untuk menandai kebangkitan dirinya setelah sempat mengalami keterpurukan bisnis.

Sebelumnya, dalam sebuah wawancara terkait koleksi busana Idul Fitri 2020, pria kelahiran Bandung, Jawa Barat ini, mengaku mengalami stagnasi dalam berkreasi dan berbisnis beberapa tahun lalu. Karena kondisi tersebut, Barli yang pernah jadi sorotan karena dugaan plagiarisme pada 2014, absen sejenak dari industri mode Tanah Air.

Selama periode hiatus tersebut, Barli Asmara melakukan introspeksi diri dan mengevaluasi semua bisnisnya. Ia pun memutuskan untuk lebih fokus menggarap lini ready to wear atau busana siap pakai ketimbang label adibusana yang telah membesarkan namanya.

Perlahan tapi pasti, Barli Asmara mulai bangkit lagi. "Bikin timeline bisnis menjadi kuncinya," ujar desainer yang pernah menampilkan karyanya di New York Fashion Week: First Stage Spring Summer 2018 pada 2017 lalu.

Karya Barli Asmara kali ini mengusung tema 'Royal Japanese' dengan mengangkat budaya jawa.Karya Barli Asmara 'Royal Japanese' di Bazaar Fashion Festival 2014. (Foto: Mohammad Abduh/detikcom)

Strategi lainnya adalah menggandeng sejumlah influencer hijab seperti Dwi Handayani dan Hamidah Rachmayanti untuk meluncurkan koleksi kolaborasi.

Cutting Barli Asmara yang dulu seksi dan glamor, kini berubah menjadi lebih modest atau bersahaja. Namun, perubahan tersebut tak sia-sia karena koleksi kolaborasi mereka selalu ludes terjual.

Kesuksesan terus berlanjut saat menjelang Idul Fitri 2020 meski roda perekonomian sedang terpukul karena wabah COVID-19. Barli mengaku...

Selanjutnya
Halaman
1 2