Didiet Maulana Mengenang Barli Asmara yang Meninggal di Usia 42

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 27 Agu 2020 19:31 WIB
Desainer Barli Asmara Barli Asmara, desainer Indonesia yang meninggal dunia pada hari ini, Kamis (27/8/2020). (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)
Jakarta -

Kepergian Barli Asmara mengejutkan banyak pihak, tanpa terkecuali rekannya sesama desainer Didiet Maulana. Barli Asmara dikabarkan meninggal hari ini, Kamis (27/8/2020).

"Nggak percaya pas pertama kali mendengar. Lalu aku konfirmasi ke teman-teman, telepon Andien juga ternyata benar," ungkap Didiet di ujung telepon kepada Wolipop detikcom.

Didiet bercerita, dirinya sudah mengenal Barli Asmara sejak 2006. Dewi Sandra yang memperkenalkan Didiet kepada Barli. "Barli waktu itu sering bikinin baju untuk Dewi," kata Didiet yang kala itu belum merintis karier sebagai desainer.

[Gambas:Instagram]



Keakraban mereka terus terjalin, tapi belakangan mereka sudah jarang bertegur sapa satu sama lain lantaran kesibukan masing-masing. Didiet fokus menggarap label IKAT Indonesia yang didirikannya pada 2012. Sedangkan, Barli sendiri sibuk mengembangkan bisnis fashionnya yang terdiri dari berbagai label, mulai dari adibusana hingga ready to wear.

Di mata Didiet Maulana, Barli Asmara adalah sosok desainer yang sangat kreatif dan memiliki karakter desain yang khas. "Dia punya satu sensitivity dalam merancang baju perempuan sehingga karya-karya yang dihasilkannya selalu elegan dan glamor," kata Didiet yang pernah beberapa kali berbagi panggung dengan Barli di berbagai hajatan fashion Tanah Air.

Didiet Maulana juga sebagai pria yang sangat ramah terlepas dari statusnya sebagai salah satu desainer muda sukses di Indonesia.

"Selain memberikan warna di industri mode Indonesia, Barli juga dikenal sebagai salah satu desainer lokal yang punya banyak influencer dan itu muncul dari pertemanannya. Ini menandakan dia orang yang baik terhadap sesama," kata pria 39 tahun itu.

Didiet mengatakan, dirinya terakhir kali bertemu Barli sekitar setahun lalu saat sama-sama terlibat dalam sebuah acara. "Terakhir aku dengar kabar, Almarhum mau pindah ke Bali," kata Didiet. Soal penyakit yang diidap Barli, Didiet mengaku tak pernah mendengar tentang kondisi kesehatannya.

Barli Asmara mengembuskan napas terakhirnya di usia 42 tahun. Berita duka tersebut dipastikan oleh manajemennya. "Meninggal sekitar pukul 14.00," ujar perempuan bernama Iis tersebut kepada Wolipop. Menurut informasi yang dihimpun, Barli meninggal di Bali.

Sementara itu, salah satu sahabat Barli Asmara yang juga asisten desainer Dian Pelangi, Achmad Musonef, mengatakan, Barli sakit lambung sebelum meninggal dunia. "Tiga minggu yang lalu masuk rumah sakit di Bali karena sakit lambung," ujar pria yang akrab disapa Soneb itu.

Sebelum meninggal dunia, kata Soneb, Barli Asmara sempat merilis koleksi kolaborasi bersama Dian Pelangi, berupa scarf atau hijab yang dinamai Pelangi Asmara. "Merilis koleksi untuk Lebaran Haji. Masih aktivitas seperti biasa saat itu," katanya.

(dtg/dtg)