Barli Asmara Meninggal Dunia, IPMI: Kami Akan Selalu Merindukannya

Daniel Ngantung - wolipop Kamis, 27 Agu 2020 19:03 WIB
Barli Asmara memeragakan koleksi terbarunya di IPMI Trend Show 2017. The Hall Lt.8 Senayan City.Jakarta. Barli Asmara di IPMI Trend Show 2017. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)
Jakarta -

Desainer Barli Asmara meninggal dunia hari ini, Kamis (27/8/2020). Menanggapi kabar duka tersebut, Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI), organisasi yang pernah menaungi Barli, ikut berbelasungkawa.

"Kami yang tergabung dalam Ikatan Perancang Mode Indonesia (IPMI) merasa sedih atas kepergian seorang desainer muda yang berbakat," kata IPMI dalam pernyataan resminya kepada Wolipop detikcom.

Barli Asmara memeragakan koleksi terbarunya di IPMI Trend Show 2017. The Hall Lt.8 Senayan City.Jakarta.Barli Asmara menyuguhkan koleksi terbarunya di IPMI Trend Show 2017. (Foto: Mohammad Abduh/Wolipop)

IPMI lalu mengapresiasi kontribusi Barli Asmara untuk industri mode Indonesia sebagai desainer, creative director dan seorang pebisnis yang tengah berkembang baik. Maka, banyak pihak yang berkecimpung di dalamnya akan merasa sangat kehilangan.

Desainer kelahiran Bandung, 42 tahun lalu ini, mendirikan label pertamanya, bernama 'Barli Asmara', pada awal 2000-an. Semasa berkarier, Barli sudah menelurkan empat label, sebelum akhirnya fokus menggarap lini busana siap pakai beberapa bulan terakhir.

Sepuluh tahun lalu, Barli resmi bergabung sebagai anggota IPMI. Organisasi mode tersebut sebelumnya juga menaungi desainer papan atas Tanah Air seperti Sebastian Gunawan, Biyan Wanaatmadja, Era Soekamto dan Mel Ahyar.

Namun, belakangan Barli sudah jarang muncul di berbagai acara besutan IPMI, seperti IPMI Trend Show. Ia pernah dituding melakukan plagiat terhadap karya salah satu desainer mancanegara.

"Walaupun dalam beberapa tahun terakhir ini almarhum Barli Asmara tidak aktif berorganisasi dalam kegiatan-kegiatan IPMI, tali silaturahmi kami tidak pernah terhenti tapi kami semua akan selalu merindukannya - mengenang perjalanan kreativitasnya sejak diangkat menjadi anggota IPMI di tahun 2010," tutup IPMI.

Wolipop detikcom sudah meminta keterangan dari para petinggi IPMI, yakni Sjamsidar Isa, selaku Ketua Dewan Pengurus IPMI, dan Ketua Acara IPMI Trend Show Tri Handoko. Namun, keduanya belum mau melayani wawancara karena ingin terlebih dulu berkabung atas kehilangan teman dan rekan mereka.


Barli Asmara mengembuskan napas terakhirnya di usia 42 tahun. Berita duka tersebut dipastikan oleh manajemennya. "Meninggal sekitar pukul 14.00," ujar perempuan bernama Iis tersebut kepada Wolipop. Menurut informasi yang dihimpun, Barli meninggal di Bali.

[Gambas:Instagram]




Sementara itu, salah satu sahabat Barli Asmara yang juga asisten desainer Dian Pelangi, Achmad Musonef, mengatakan, Barli sakit lambung sebelum meninggal dunia. "Tiga minggu yang lalu masuk rumah sakit di Bali karena sakit lambung," ujar pria yang akrab disapa Soneb itu.

Sebelum meninggal dunia, kata Soneb, Barli Asmara sempat merilis koleksi kolaborasi bersama Dian Pelangi, berupa scarf atau hijab yang dinamai Pelangi Asmara. "Merilis koleksi untuk Lebaran Haji. Masih aktivitas seperti biasa saat itu," katanya.

(dtg/dtg)