Kanye West Rilis Yeezy Terbaru, Namanya Disebut Hina Islam

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 24 Agu 2020 14:15 WIB
People record on their phones as Kanye West makes his first presidential campaign appearance, Sunday, July 19, 2020 in North Charleston, S.C. Rapper Kanye West, in his first event since declaring himself a presidential candidate, delivered a lengthy monologue Sunday touching on topics from abortion and religion to international trade and licensing deals. Whether hes actually seeking the nations highest office remains a question. (Lauren Petracca Ipetracca/The Post And Courier via AP) Kanye West dituduh menghina Islam karena nama sneakers Yeezy terbarunya. (Foto: AP/Lauren Petracca Ipetracca)
London -

Belum reda gosip tentang keretakan rumah tangganya dengan Kim Kardashian, Kanye West kembali diterpa kabar miring. Kali ini, rapper yang baru-baru ini mengumumkan pencalonan dirinya sebagai presiden AS dituduh menghina Islam karena nama sneakers terbaru Yeezy.

Sneakers yang dimaksud adalah Yeezy Boost 350 V2 Israfil dan Yeezy Boost 350 V2 Asriel. Di media sosial, muncul kritikan yang menyerang Kanye West dan Adidas karena menggunakan nama Israfil dan Asriel yang dianggap suci oleh umat Islam.

Yeezy Sneakers Kanye WestYeezy Boost 350 V2 Israfil yang bikin umat Islam geram. (Foto: Twitter)

"Menikmati kontroversi dan kemarahan yang dibuat oleh @kanyewest @theyeezymafia @adidas. Ini sangat menghina. Sungguh memalukan kalian," demikian bunyi salah satu kilauan di Twitter.

"@adidas memilih nama sneakers mereka Yeezy Boost Israfil. Nama malaikat dalam ajaran Islam yang akan meniup sangkakala sebagai tanda akhir zaman dan dimulainya hari penghakiman," tulis seorang pengguna Twitter baru-baru ini.

Ada pula yang menulis, "Ini sangat menghina status malaikat tersebut." Seperti Israfil, nama Asriel atau Izrail sama-sama bermakna bagi umat Muslim karena disebut-sebut sebagai malaikat pencabut nyawa. "Adidas, kamu seharusnya belajar dulu. Belum terlambat untuk memperbaiki ini," kicau netizen lainnya.

Yeezy Sneakers Kanye WestYeezy Boost 350 V2 Asriel (Foto: Twitter)

Seperti dilansir dari Daily Mail, Yeezy Boost 350 V2 Israfil sudah tersedia di pasaran. Menyusul kemudian 350 V2 Asriel yang rencananya akan dirilis pada bulan depan. Masing-masing sneakers dijual seharga 180 pound sterling atau Rp 3,4 juta.

Hingga saat ini, baik pihak Kanye West, maupun Adidas belum memberikan apapun terkait kontroversi tersebut. Padahal sudah ada seruan untuk mendesak mereka agar segera meminta maaf dan menarik sneakers tersebut dari pasaran.

(dtg/dtg)