Perbedaan Vans Ori dan KW yang Bisa Dilihat dengan Tepat dan Mudah

Puti Yasmin - wolipop Selasa, 30 Jun 2020 06:30 WIB
sneakers Vans Old Skool Foto: istimewa/Perbedaan Vans Ori dan KW yang Bisa Dilihat dengan Tepat dan Mudah
Jakarta -

Sepatu Vans menjadi salah satu merek sepatu yang digemari oleh banyak orang. Namun, sekarang ada banyak sepatu imitasi yang meniru vans original. Lantas, apa perbedaan Vans ori dan KW?

Apa itu sepatu Vans adalah sepatu jenis sneakers yang memiliki ciri khas. Sepatu ini pertama kali dibuat pada tahun 1966 di sebuah toko di California. Hanya saja, kala itu sepatu hanya bisa dibuat hanya sesuai pesanan.

Kemudian, Vans semakin dikenal dan menjadi populer di tahun 1980-an. Banyak anak muda menggunakan sepatu tersebut untuk bergaya atau tampak gaul.

vans van goghSepatu Vans Van Gogh Foto: dok. Vans

Berikut perbedaan Vans ori dan KW dikutip dari Your Next Shoes:

1. Bandingkan Harga

Sepatu Vans Old Skool biasa dijual dengan harga US$ 60 atau setara dengan Rp 840.000 (kurs Rp 14.000). Sedangkan sepatu Vans Era, Slip-on, dan Authentic dijual dari harga mulai US$ 50 atau setara dengan Rp 700.000 (kurs Rp 14.000).

Sehingga, jika ada dealer sepatu Vans yang menjual harga kurang dari daftar di atas, kemungkinan sepatu yang dijual adalah barang KW atau palsu.

2. Periksa Dealer

Cara melihat perbedaan Vans ori dan KW juga bisa dilakukan dengan melihat dealer di tempat membeli sepatu. Bila transaksi dilakukan online, cek peringkat dan komentar dari pembeli sebelumnya sebagai referensi.

Jika ragu, bisa beli sepatu Vans di situs resmi miliknya atau dari toko online terpercaya, seperti Amazon, Zappos, hingga Nordstrom.

3. Cek Penutup Kaki Karet

Vans tuntut Primark karena tuduhan plagiatSepatu Vans dan Primark (tuduhan plagiat) Foto: istimewa

Sepatu Vans memiliki penutup kaki karet yang rapi sebagai perlindungan. Karet tersebut memiliki tekstur dengan bagian tengah yang halus.

Selain itu, karet juga biasanya memiliki celah antara kain sepatu. Sedangkan, jenis knockoff tidak memiliki celah. Sudut kaki sepatu Vans original mengarah sedikit ke atas. Bila datar, kemungkinan adalah sepatu palsu.

4. Rasakan Berat

Kualitas sepatu Vans bisa juga dilihat dari beratnya. Untuk jenis sepatu Vans Era memiliki berat sekitar 0,75 pound. Sedangkan, jenis Vans Sk8 hingga Hi Klasik mencapai 2,87 pound.

5. Lihat Tali dan Lubangnya

Sepatu Vans yang original memiliki lubang tali sepatu yang rapi dan benar. Kecuali untuk Old Skool hanya memiliki lubang tali sepatu yang mentah atau tidak dihias.

Vans x MetallicaSepatu Vans x Metallica Foto: Dok. Vans x Metallicas

6. Merek

Setiap sepatu Vans memiliki merek di bagian belakang (tumit) sepatunya dengan bentuk persegi panjang berwarna merah dan cetak logo putih atau karet putih dengan logo hitam.

Untuk jenis sepatu Vans Old Skool dan Sk8, mereka memiliki strip kain persegi panjang di bagian depan samping dengan logo tulisan Vans. Setiap jenisnya memiliki merek yang berbeda-beda. tetapi perhatikan ejaan dan font yang seharusnya sama.

7. Cek Jahitan

Perbedaan Vans ori dan KW yang terakhir adalah dari jahitannya. Sepatu palsu tentu memiliki jahitan yang longgar dan tidak merata, sedangkan yang asli, memiliki jahitan lurus, simetris, dan juga padat.



Simak Video "Antusiasme 12 Asdos Bareng Maudy Ayunda di d'Youthizen"
[Gambas:Video 20detik]
(pay/erd)