Unik, Ada Masker Rajut Berbentuk Lidah Menjulur

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 04 Mei 2020 12:52 WIB
Masker Unik Berbentuk Lidah Masker unik berbentuk lidah yang terbuat dari rajutan. (Foto: Instagram/@yrurari)
Reykjavik -

Memakai masker sangat dianjurkan belakangan ini menyusul pandemi COVID-19. Kini, muncul berbagai tawaran masker di pasaran dengan model dan material yang beragam. Namun, tampaknya tak ada masker seperti karya seniman asal Islandia ini.

Materialnya tak biasa, yakni rajutan berbahan wol yang lebih lazim dipakai untuk sweater atau kaus kaki. Modelnya lebih antimainstream lagi: berbentuk bibir dengan lidah yang menjulur keluar secara ekstrem.

AdalahÝrúraríJóhannsdóttir, penjahit sekaligus desainer yang berada di balik masker unik tersebut. Sebelum membuat masker, perempuan 27 tahun itu fokus menggarap pakaian rajut dengan aplikasi lidah tiga dimensi.

[Gambas:Instagram]





Baru dua tahun terakhir, ia menyertakan hiasan lidah ke dalam konsep desainnya. "Mungkin karena lidah agak terasa kurang ajar, lengket dan aneh," ungkap lulusan Glasgow School of Art itu kepada Vogue.

Adapun ide untuk membuat masker baru muncul ketika COVID-19 mulai masuk ke negaranya. Kala itu, kata Ýrúrarí, memakai masker belum menjadi kewajiban. Pemerintah hanya meminta warga untuk rajin cuci tangan. Namun, orang-orang sudah mulai menutup mulut dan hidup, walau hanya dengan scarf atau kain biasa.

Ia lantas terpikirkan untuk bereksperimen dengan masker. Butuh waktu dua hari bagi Ýrúrarí untuk merajut masker pertamanya yang dihiasi lidah menjulur.



[Gambas:Instagram]



Karya-karya dia lalu dipajang di akun Instagram pribadinya dan mendapat berbagai respons yang beragam dari seluruh dunia. Terbuat dari rajutan, masker buatan Ýrúrarí pun tak luput dari kritikan karena dianggap tak sesuai dengan standar keamanan dan kesehatan.


Namun, Ýrúrarí menganggap maskernya sebagai sebuah proyek seni untuk membuktikan bahwa memakai masker bisa menjadi sebuah wadah ekspresi diri. "Masker tersebut sekarang mulai dipakai untuk menyampaikan pesan bahwa memakai masker itu sangat menyenangkan. Saya puas ini dimanfaatkan untuk meningkatkan kesadaran publik di saat seperti ini," katanya.



Simak Video "Pasutri Asal China Ini Bikin Masker Berbahan Sneakers Mahal"
[Gambas:Video 20detik]
(dtg/dtg)