Fakta-fakta Sneakers Yeezy yang Bikin Orang Jakarta Rela Antre Sejak Malam

Rahmi Anjani - wolipop Jumat, 20 Des 2019 19:30 WIB
Adidas Yeezy Boost 350 V2
Jakarta - Sneakers Adidas Yeezy Boost 350 V2 "Yecheil" dinanti para sneakerhead. Banyak orang rela mengantre bahkan sebelum tanggal perilisan, termasuk di Indonesia di mana banyak orang sudah menunggu di depan lobi mal Pacific Place sejak kemarin malam. Yeezy memang menjadi salah satu lini sepatu paling diburu hingga sering dijual kembali dengan harga berkali-kali lipat. Berikut fakta-fakta menarik mengenai sneakers Yeezy yang berkolaborasi dengan Kanye West ini.

1. Adidas Memang Sengaja Membuat Yeezy Terbatas
Banyak orang mungkin berpikir mengapa sneakers Yeezy tak langsung diproduksi dengan jumlah banyak agar semua kebagian. Namun keterbatasan tampaknya menjadi salah satu strategi Adidas sekaligus sesuatu yang membuat sepatu ini terasa lebih eksklusif. CEO Adidas Kasper Rorsted sendiri mengaku mereka punya pendekatan yang berbeda terhadap jumlah dan siklus hidup produk yang membuatnya harus membatasi produksi.

2. Terinspirasi Mobil Lamborghini
Sneakers Yeezy menjadi unik dan sekaligus mahal karena desainnya yang tak biasa. Dilansir Complex, Kanye West sendiri sering terinspirasi dengan berbagai hal saat mendesain, termasuk mobil Lamborghini lama. Kanye bahkan menyebut Yeezy sebagai sepatu Lamborghini. Selain mobil, suami Kim Kardashian itu juga pernah terilhami film kartun Akira.

Fakta-fakta Sneakers Yeezy yang Bikin Orang Rela Antre Beli Sejak MalamSneakers Yeezy. Foto: Instagram/@yeezymafia
3. Kanye Bebas Utang Karena Yeezy
Air Jordan menjadi salah satu lini sneakers paling terkenal. Namun berkat Yeezy, Kanye West bisa mengalahkan pemain basket tersebut dalam hal royalti sepatu. Karena itu pula, Kanye bahkan bisa terbebas dari utang beberapa tahun lalu. Dilansir CNBC, rapper kontroversial itu pernah hampir bangkrut dan berutang Rp 737 miliaran. Untungnya, sneakers Yeezy mendatangkan miliaran dolar dalam hitungan bulan dan dalam setahun ia diprediksi menghasilakn Rp 2 triliunan.

4. Ada Ribuan Prototipe Sneakers Yeezy
Sebelum merilis varian sneakers termasuk Adidas Yeezy Boost 350 V2 "Yecheil", Kanye dan tim desainnya harus memilih dari ribuan prototipe Yeezy. Rangkaian prototipe atau model contoh itu pun ditaruh di parkiran sebagai representasi proses kreatifnya. Dikatakan jika Kanye beserta tim bekerja seperti pabrik otomotif mengerjakan mobil.

5. Balenciaga Saingain Terberat
Dalam sebuah interview dengan Zane Lowe, Kanye West mengaku jika Balenciaga adalah teman saingannya. Hal itu dikarenakan ia dan creative director Demna Gvasalia punya spirit yang serupa. "Kadang aku dan Demna punya jiwa yang serupa dan itu hanya masalah siapa yang akan mendapatkan idenya (duluan) dan membawanya ke dunia," tutur ayah empat anak itu.

Fakta-fakta Sneakers Yeezy yang Bikin Orang Rela Antre Beli Sejak MalamSneakers Yeezy. Foto: istimewa
6. Dijual Seperti Apple
Diakui Kanye West pula bahwa sneakers Yeezy adalah Apple versi apparel. Hal ini bisa diartikan jika ia melihat lini sneakers Adidas tersebut sebagai sesuatu yang stylish, trendy, diinginkan orang, dan seolah memaksa orang untuk memilikinya.

7. Kanye dan Adidas Tak Selalu Sejalan
Sebelum 'deal' dengan Adidas, ternyata Kanye hampir bekerja sama dengan Louis Vuitton untuk koleksi fashion-nya. Ia lalu sempat adu mulut dengan CEO LVMH Bernard Arnault yang juga mempengaruhi kolaborasinya dengan Adidas. Kanye pun pernah kesulitan mencari pendanaan dan harus menggunakan uangnya sendiri. Tapi kesuksesan sneakers Yeezy tampaknya membuat hubungan kedua brand harus membaik.

Simak Video "Istimewanya Yezzy Boost 350 V2 'Yecheil'"
[Gambas:Video 20detik]
(ami/ami)