Investasi Sneakers

Cerita Rayi 'RAN', Kecanduan Koleksi Sneakers Hingga Punya 150 Sepatu

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 15 Sep 2019 16:06 WIB
Foto: Gresnia Arela/Wolipop Foto: Gresnia Arela/Wolipop

Jakarta -

Personel RAN, Rayi, yang sering memakai sneakers sebagai gaya andalan saat tampil di panggung ini rupanya seorang sneakerhead. Sneakerhead merupakan sebutan untuk seorang kolektor sneakers. Dia pernah sampai memiliki 150 pasang sneakers.

Kecintaan Rayi terhadap sneakers berawal pada era 90-an. Saat itu dirinya tergila-gila pada basket dan menjadi fans dari pemain legendaris Michael Jordan.

"Sudah dari SD karena tumbuh besar sering menonton NBA, terutama Michael Jordan. Dulu sempat punya Air Jordan tapi karena belum paham, aku pakai asal-asalan aja main bola di aspal sampai akhirnya bolong haha," ucap Rayi saat ditemui Wolipop di Cilandak, Jumat (13/9/2019).

Cerita Rayi 'RAN', Kecanduan Koleksi Sneakers hingga Punya 150 SepatuFoto: Gresnia Arela/Wolipop
Meski kini mengoleksi sneakers, Rayi kecil tidak dimanjakan kedua orangtuanya dengan bebas memiliki sepatu berapapun jumlahnya. Justru ayah dan ibunya cukup irit dalam urusan membeli alas kaki.

"Jadi harus dipakai sampai sudah hancur baru nanti baru beli lagi. Jadi tumbuh besarnya nggak punya koleksi sepatu," kata Rayi.

Rayi baru bisa melampiaskan keinginannya membeli berbagai sneakers idaman saat kariernya bersama RAN melejit. Pria dengan nama lengkap Rayi Putra Rahardjo itu mengaku seperti orang kalap saat akhirnya bisa membeli sneakers dambaan dengan uangnya sendiri. Dalam sebulan, bahkan seminggu sekali dia bisa membeli sneakers.

Saking gilanya terhadap sneakers, Rayi mengaku sampai punya 150 pasang di kamarnya. Dan sepatu-sepatunya itu mendominasi isi ruangan.

"Itu isi kamarku itu bener-bener cuma kasur. Kalau sepatu itu kan bagusnya di kena angin-angin. Kalau disimpan dalam kotaknya dan tertutup udara lembap. Jadi cepet hancur nantinya. Jadi aku buka-bukain itu sneakers 150 pasang, kayak lantainya juga berserakan sepatu, dan kasur sama satu lemari baju. Saya malah punya baju sedikit haha," kisahnya.

Rayi 'tobat' akan kerajingannya pada sneakers saat akhirnya Rayi menikah dengan gadis asal Gorontalo pada akhir 2011, bernama Ria Zhafarina Hadju. Dari pernikahan tersebut, mereka dikarunia satu orang anak laki-laki bernama Budi Abdul Kadir Putra.

Memiliki keluarga sendiri dan tinggal di apartemen yang kondisinya tidak terlalu besar membuat Rayi mau tak mau melepas satu per satu 150 sneakers miliknya. Dia membagi-bagikan sepatu tersebut ke orang-orang terdekatnya termasuk tim RAN. Ada juga sneakers yang dijualnya. Tujuannya satu: mengurangi jumlah sneakers agar tidak memenuhi ruangan apartemen tempat tinggal keluarga kecilnya.

Cerita Rayi 'RAN', Kecanduan Koleksi Sneakers hingga Punya 150 SepatuFoto: Gresnia Arela/Wolipop
"Karena hanya muat sekitar 30 pasang. Pada saat itu budaya reselling itu belum hype. Jadi sepatu second itu harganya turun. Kalau sekarang bahkan sepatu baru bisa naik, sepatu second pun bisa lebih tinggi dari harga ritel," katanya.

Rayi mengenang ada beberapa sneakers miliknya yang dijualnya dengan harga tidak terlalu mahal dulu. Padahal kini seiring semakin trennya sneakers di kalangan hypebeast, sepatu-sepatu tersebut harganya bisa naik berkali-kali lipat dari harga awal saat dirilis.

"Misalkan aku belinya Rp 1 juta, sudah dipakai turun ke 700-800 ribu. Hampir tidak ada tuh ceritanya sepatu dibeli dan bisa naik. Padahal sepatu yang aku punya ada Air Jordan, Nike Air Max dan lain-lain. Yang ternyata kalau misalnya dulu sepatu yang aku jual dan aku simpenin sampai sekarang itu harganya bisa naik tinggi banget," ujar musisi yang ikut menyumbangkan suaranya sebagai rapper di lagu Isyana Sarasvati 'Kau Adalah' itu.

Meski sudah menjual sebagian dari 150 koleksi sneakersnya, keinginan Rayi untuk terus mengoleksi sneakers tidak pernah surut. Beruntung dia dan keluarga kecilnya kemudian pindah tempat tinggal ke sebuah rumah di kawasan Bogor. Rayi mengatakan karena ada cukup banyak tempat di rumahnya sekarang, dia pun bisa kembali menambah koleksi sneakersnya.

Rayi mengatakan tidak seperti dulu, kini dia cukup selektif dalam membeli sneakers. Musisi yang menjadi brand ambassador Nike sejak 2008 itu tidak mudah tergiur membeli sneakers terutama yang harganya sudah melambung tinggi.

"Sampai sekarang Nike Air Jordan 1 x Travis Scott aku belum punya soalnya harganya sudah hampir Rp 20-an juta. Padahal harga ritelnya hanya Rp 2,5 juta. Itu kalau sudah 10 kali lipatnya buat aku kalau sudah sampe segitu ya udah nggak masuk akal dan harganya sudah terlalu tinggi jadi aku gak ngincer lagi," kata Rayi.

Sebagai kolektor sneakers, Rayi pun memiliki sepatu yang harga jualnya melambung tinggi dibandingkan saat dibelinya. Sneakers itu yaitu, Nike Air Yeezy.

"Sekarang kan Yeezy sama Adidas, dulu sama Nike. Aku punya Air Yeezy sama Nike. Waktu itu aku beli harga ritelnya Rp 3 juta kurang lebih segitu, terus aku jual Rp 12 juta," ujar musisi 32 tahun itu.

Cerita Rayi 'RAN', Kecanduan Koleksi Sneakers hingga Punya 150 SepatuFoto: Gresnia Arela/Wolipop
Rayi rupanya tidak hanya punya satu Nike Air Yeezy. Dia masih memiliki sepatu tersebut yang menurutnya kini harganya sudah jauh lebih mahal lagi yaitu berkisar Rp 20 - 30-an juta.

Diakuinya beberapa sneakers seperti Nike Air Yeezy ini bisa menjadi sebuah investasi yang nilainya lebih dari emas. Namun untuk mendapatkan sneakers yang memiliki nilai investasi tinggi itu terkadang butuh perjuangan.

"Aku belinya Rp 2,5-3 juta dulu haha.. Ya aku beruntung karena pinter-pinteran dan lebih ke untung-untungan aja sih. Kalau sepatu yang limited itu untuk bisa mendapatkannya kita harus ikutan raffle sneakers. Dengan cara raffle online atau langsung datang ke tokonya, atau siapa cepat dia dapat, bahkan orang-orang rela menginap di depan tokonya dari sehari sebelumnya. Setiap ada rilisan yang hype, orang sampai rela nginep-nginep, sampai dari subuh sudah datang memang itu lebih liquid daripada emas," jelas Rayi.





Simak Video "Koleksi Sneakers, Investasi Kekinian Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(gaf/ami)