Dituding Menantang China, Versace Tarik Kaus Bertulisan Hong Kong dan Macau

Hestianingsih - wolipop Senin, 12 Agu 2019 14:12 WIB
Butik Versace. Foto: Ari Saputra Butik Versace. Foto: Ari Saputra

Jakarta - Salah satu rancangan kaus Versace mengundang kecaman dari masyarakat China. Alhasil, brand fashion high-end asal Italia itu menarik semua koleksi terkait dari pasaran.

Produk yang dimaksud adalah kaus bertuliskan daftar kota-kota ternama beserta negaranya. Ada Milan - Italy, Paris - France hingga Tokyo - Japan.

Masalah muncul ketika netizen mendapati ada penulisan yang kurang tepat terkait nama kota dan negaranya. Versace menulis Hong Kong - HONG KONG dan Macau - MACAO, mengindikasikan bahwa dua tempat tersebut berdiri secara independen.


Dituding Menantang China, Versace Tarik Kaus Bertulisan Hong Kong dan MacauKaus Versace yang bikin China marah. Foto: Dok. Weibo

Padahal Hong Kong dan Macau masih berada dalam kontrol pemerintah China, dan bagian dari Negeri Tirai Bambu, sehingga tak seharusnya diakui sebagai wilayah independen.

Dua teritori tersebut merupakan bekas jajahan Eropa yang dikembalikan ke China pada akhir 1990-an. Mereka pun menjadi wilayah dengan identitas tersendiri. Hong Kong yang merupakan bagian dari China memiliki status khusus. Sementara Macau adalah wilayah yang memiliki status administrasi khusus.

Menampilkan dua wilayah tersebut sebagai negara yang berdiri sendiri pada rancangan kausnya, Versace dituding telah menantang kedaulatan teritorial China, dalam situasi yang sedang genting. Seperti diketahui, dalam beberapa bulan belakangan terjadi demonstrasi pro-demokrasi yang berlangsung di Hong Kong.
Dituding Menantang China, Versace Tarik Kaus Bertulisan Hong Kong dan MacauDonatella Versace, chief creative officer Versace. Foto: Getty Images


Versace pun meminta maaf secara resmi lewat postingan di Weibo dan menyatakan telah menarik dan menghancurkan semua produk kaus yang dimaksud.

"Sebuah keteledoran dari kami dan kami benar-benar minta maaf atas dampak yang ditimbulkan," tulis Versace dalam pernyataannya, seperti dikutip dari Metro.

"Versace ingin menegaskan kembali bahwa kami mencintai China dan dengan tegas menghormati wilayah dan kedaulatan China," lanjutnya.

Simak Video "Ikonik! Penampilan 5 Supermodel Legendaris di Show Versace"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)