Daftarkan 'Kimono' Jadi Merek Dagang Underwear, Kim Kardashian Dihujat

Hestianingsih - wolipop Rabu, 26 Jun 2019 14:13 WIB
Kim Kardashian promosi Kimono Solutionwear di Instagram. Foto: Instagram Kim Kardashian Kim Kardashian promosi Kimono Solutionwear di Instagram. Foto: Instagram Kim Kardashian

Jakarta - Kim Kardashian dituding telah melakukan perampasan budaya, atau istilah populernya cultural appropriation. Ibu empat anak ini baru saja meluncurkan lini pakaian dalam yang ia beri nama Kimono Solutionwear, dan netizen sepertinya tidak suka dengan pemilihan mereknya itu.

Pakaian dalam khusus untuk membantu memberi ilusi tubuh lebih ramping memang digunakan Kim Kardashian sejak lama. Salah satu brand shape wear favoritnya adalah Spanx. Kini, wanita 38 tahun itu menciptakan lini shape wear-nya sendiri.

"Kimono adalah shape wear andalan dan solusi bagi para wanita yang benar-benar berfungsi," tulis Kim Kardashian, mempromosikan bisnis barunya di postingan Instagram.


Daftarkan 'Kimono' Jadi Merek Dagang Underwear, Kim Kardashian DihujatFoto: Instagram Kim Kardashian

Sontak, netizen mengritiknya karena penggunaan nama Kimono dianggap sebagai sebuah perampasan budaya. Dalam budaya Jepang, kimono merupakan kain dan busana tradisional yang sangat dihormati warganya. Kain tersebut sudah jadi identitas budaya Negeri Sakura sejak delapan abad lalu.

Sementara Kim Kardashian menggunakan kata 'Kimono' pada brand-nya, tanpa merepresentasikan busana tradisional itu sedikit pun. Baju 'kimono' milik istri Kanye West itu adalah pakaian dalam ketat berwarna nude yang berfungsi membentuk lekuk tubuh pemakainya.

Satu hal lagi yang membuat netizen geram, adalah niatan Kim Kardashian untuk mendaftarkan Kimono Solutionwear sebagai merek dagang. Artinya, dia memiliki hak untuk menggunakan kata kimono untuk urusan komersil. Netizen pun memplesetkan kata kimono menjadi KimOhNo sebagai hashtag.
Daftarkan 'Kimono' Jadi Merek Dagang Underwear, Kim Kardashian DihujatFoto: Dok. Hypebae

Akan ada beberapa merek dagang yang menggunakan kata kimono. Selain Kimono Solutionwear, dia juga akan mendaftarkan 'Kimono', 'Kimono Body', 'Kimono Intimates' dan 'Kimono World'.

"kimonoboby huh?????? Naming kimono is DEFINITELY NOT NICE. You should give Japanese culture respect, shouldn't you," komentar salah satu netizen yang menganggap Kim Kardashian tidak menghargai budaya Jepang.

"Don't steal our culture.#KimOhNo," protes netizen lainnya.


Daftarkan 'Kimono' Jadi Merek Dagang Underwear, Kim Kardashian DihujatFoto: Dok. Hypebae

"Glad I'm not the only one who's disgusted. Kimono shape wear 🤮🤮🤮 Rih would never. Bey would never. Anyone with a working brain would never," cuit netizen lagi.

Hingga kini Kim Kardashian belum memberikan tanggapan terkait protes netizen terhadap merek dagang Kimono. (hst/hst)