Dukung Industri Fashion, Perusahaan Retail Gaet Desainer Muda

Tia Reisha - wolipop Jumat, 31 Mei 2019 22:46 WIB
Foto: Tia Reisha/Detikcom Foto: Tia Reisha/Detikcom

Jakarta - Untuk mendukung industri fashion Indonesia sekaligus mengembangkan potensi desainer muda di Tanah Air, PT Matahari Department Store Tbk (Matahari) merangkul desainer muda di Indonesia untuk berkolaborasi dalam Indonesia Fashion Forward (IFF).

IFF adalah program inkubasi dan mentoring bagi desainer Indonesia terpilih sejak 2012. Kegiatan ini merupakan inisiatif dari Jakarta Fashion Week (JFW) dan bekerja sama dengan British Council yang juga didukung oleh Badan Ekonomi Kreatif Indonesia (Bekraf).

"Ini adalah tahun kedua kolaborasi Matahari dengan IFF. Kalau matahari ada 162 gerai di 75 kota di indonesia. Sekarang ininuntik karya desainer ini bisa didapatkan d 88 gerai matahari d seluruh Indonesia," ujar Head of Marketing Communication & Fashion Director Matahari Imelda Like di Gandaria City, Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Dalam kegiatan ini, Matahari telah memilih dua orang desainer IFF untuk berkolaborasi melengkapi koleksi Matahari dengan karya mereka, yaitu Norma Hauri dan Kami. Kolaborasi Matahari dengan JFW dan IFF diharapkan dapat memberikan kesempatan yang lebih luas dan memberikan wadah bagi karya-karya para desainer IFF agar bisa lebih dikenal oleh masyarakat luas.


"Matahari yang merupakan department store terbesar di Indonesia yang menjadi destinasi industri fashion busana muslim untuk wanita Indonesia yang ingin berpenampilan santun, percaya diri, dan menawan. Koleksi modest wear tersedia dengan kualitas terbaik dan harga yang terjangkau," ujarnya.

"Selain busana muslim, Matahari juga akan menyediakan segala aksesoris pelengkap yang dibutuhkan from head to toe sehingga pelanggan setia kami juga dapat tampil menarik, percaya diri dan feel good," ungkapnya lagi.

Sementara itu, Norma Hauri adalah salah satu desainer yang telah berkolaborasi dengan Matahari tahun lalu. Karya Norma dikenal dengan kreasi dress berpotongan sleek dalam warna-warna berani namun selalu mengedepankan unsur kesopanan dengan desain kontemporer.

Sedangkan Kami merupakan label Indonesia untuk modest wear yang diperuntukkan bagi wanita. Kami didirikan oleh Istafiana Candarini, Nadya Karina dan Afina Candarini. Penggunaan material dengan corak berupa motif cetak unik yang dirancang oleh Kami membuatnya tidak akan ditemukan pada produk lain sehingga menjadi keunggulan dari label ini.


Kedua brand IFF tersebut pun secara umum menawarkan koleksi modest wear untuk wanita muslim, namun karya mereka juga tetap bisa dikenal oleh masyarakat yang tidak mengenakan hijab namun menyukai konsep baju yang santun. Rentang harga yang ditawarkan mulai dari Rp 499.900 sampai Rp 749.900. Jumlah desain yang akan ditampilkan pada press presentation oleh masing-masing desainer mencapai 4 styles.

Koleksi Matahari x IFF akan tersedia di 88 toko, di antaranya Supermall Karawaci, Tunjungan Plaza Surabaya, Cilandak Town Square, Jogya City Mall, Palu Grand Central, dan lainnya. (idr/idr)