Jokowi Pakai Jaket Bubur Ayam Racer, Ini Cerita di Baliknya

Daniel Ngantung - wolipop Senin, 12 Nov 2018 13:41 WIB
Jokowi pakai jaket Bubur Ayam Racer dari Rawtype Riot saat konvoi di Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (11/11/2018). (Foto: Agus Suparto) Jokowi pakai jaket Bubur Ayam Racer dari Rawtype Riot saat konvoi di Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (11/11/2018). (Foto: Agus Suparto)

Jakarta - Apapun yang Presiden Joko Widodo atau Jokowi pakai, pasti selalu sukses menuai sorotan. Tanpa terkecuali jaket 'Bubur Ayam Racer' yang jadi andalan Jokowi saat berkonvoi dengan motor di Bandung, Jawa Barat, kemarin. Jaket tersebut adalah keluaran label lokal Rawtype Riot yang berbasis di Bandung.

Sebenarnya, ini bukan kali pertamanya Jokowi memakai jaket dari Rawtype Riot. Saat peringatan Hari Sumpah Pemuda tahun lalu, Jokowi terlihat mengenakan jaket hijau dari label yang sama. Sneakers Rawtype Riot juga pernah jadi pilihan Jokowi di sebuah kesempatan.


Jokowi Pakai Jaket Bubur Ayam Racer, Ini Cerita di BaliknyaJokowi pakai jaket Bubur Ayam Racer dari Rawtype Riot saat konvoi di Bandung, Jawa Barat, pada Minggu (11/11/2018). (Foto: Dok. Antara FOTO/Wahyu Putro)
Bagi Decky Sastra, pendiri Rawtype Riot, melihat Jokowi berulang kali memakai produknya tentu menjadi kebanggaan tersendiri. "Yang pasti nggak diduga," ungkap Decky kepada Wolipop, Senin (12/11/2018).

Menurut Decky, Gibran yang pertama kali memperkenalkan produk Rawtype Riot kepada Jokowi. Jokowi pun merasa nyaman dengan produk-produk keluaran label tersebut, khususnya produk edisi terbatas seperti jaket Bubur Ayam Racer. "Jaketnya sudah dipesan oleh anaknya, Gibran, dari bulan lalu. Memang untuk bapaknya," tambah Decky.

Ia mengungkapkan, Rawtype Riot memang selalu mengeluarkan artikel edisi terbatas, entah itu hasil kolaborasi atau ciptaan sendiri. Produk ini biasanya hanya dijual sebanyak 50 buah dengan kemasan yang lebih eksklusif.


Jokowi Pakai Jaket Bubur Ayam Racer, Ini Cerita di Baliknya(Foto: Instagram/@rawtype_riot)
"Akhirnya di bulan kemarin kami memutuskan berkolaborasi dengan salah satu vlogger motor Den Dimas alias Buburayam Racer," ujar lulusan Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM) Bandung jurusan desain komunikasi visual itu.

Jaket hitam keemasan model bomber ini terbuat dari bahan sutra silk dan velvet, dengan detail bordiran di bagian depan, lengan, dan belakang.

Di bagian dada sebelah kiri terdapat tulisan Bur-Yam-Cer RTR. Sementara di bagian kirinya terdapat gambar roda dengan bendera racing (kotak-kotak hitam-putih). Di bagian belakangnya bertuliskan 'Bubur Ayam Racer', berikut gambar ayam. Sementara kedua lengan masing-masing dihiasi gambar ayam beserta roda yang berapi. Jaket ini dijual sepaket dengan bandana, seharga Rp 1.450.000.

"Kami punya satu visi dan misi yang sama, dimana 17% dari hasil penjualan jaket ini kami sumbangkan untuk korban gempa palu," kata Decky yang mendirikan Rawtype pada 2017 silam.

Diakui Decky, permintaan untuk jaket Bubur Ayam Racer melonjak sejak dipakai Jokowi dan hampir ludes terjual. "Tapi kami stok lagi sisa 8 buah. Mungkin sebentar lagi soldout," katanya.

[Gambas:Instagram]






Tonton juga 'Gokil! Ini Momen Saat Jokowi Beli Kaos Tur Eropa Burgerkill':

[Gambas:Video 20detik]


Jokowi Pakai Jaket Bubur Ayam Racer, Ini Cerita di Baliknya

(dtg/dtg)