London Fashion Week Larang Desainer Tampilkan Baju Berbulu Hewan

Hestianingsih - wolipop Rabu, 12 Sep 2018 07:48 WIB
Cara Delevingne bermantel bulu di London Fashion Week. (Foto: AFP PHOTO / Ben STANSALL) Cara Delevingne bermantel bulu di London Fashion Week. (Foto: AFP PHOTO / Ben STANSALL)

London - Setelah New York Fashion Week, pekan mode dunia akan bergeser ke London Fashion Week mulai Jumat (14/9/2018) hingga Selasa (18/9/2018) depan. Perhelatan London Fashion Week tahun ini akan sedikit berbeda. Nantinya tak akan ada desainer yang menampilkan busana dengan material bulu hewan asli.

Seperti dilansir Female First, British Fashion Council (BFC) telah mengumumkan bahwa London Fashion Week tidak akan menampilkan bahan maupun garmen terbuat dari kulit hewan. Keputusan ini diambil setelah BFC melakukan survei dengan menanyakan pada para desainer yang berpartisipasi, apakah mereka berencana menampilkan busana berbulu hewan saat fashion show.

Baca Juga: Versace Umumkan Stop Pakai Bulu Binatang untuk Koleksi Busananya

Cara Delevingne memakai mantel berbulu di fashion show Burberry yang digelar dalam London Fashion Week Februari lalu.Cara Delevingne memakai mantel berbulu di fashion show Burberry yang digelar dalam London Fashion Week Februari lalu. (Foto: REUTERS/Paul Hackett)
Hasil survei menunjukkan bahwa tren di dunia fashion kini semakin menuju pada mode yang ramah lingkungan dan menentang kekejaman terhadap hewan.

"Gerakan (survei) ini ingin menyoroti tren yang telah kita lihat selama beberapa tahun belakangan, dengan semakin banyaknya brand yang memutuskan menggunakan material alternatif pengganti bulu hewan," jelas Chief Executive BFC Caroline Rush.

Sejumlah desainer dan brand fashion penggerak tren mode dunia seperti Burberry, Stella McCartney, Gucci dan Versace telah menyatakan komitmennya tak lagi menggunakan bulu hewan asli untuk semua produknya. Menurut Caroline, bukan tidak mungkin brand lain akan mengikuti jejak mereka.

Baca Juga: Stop Kekejaman pada Hewan, 10 Desainer Tolak Pakai Bulu Hewan Asli

Ratu Elizabeth II di London Fashion Week.Ratu Elizabeth II di London Fashion Week. (Foto: Getty Images)
"Mencari pilihan alternatif pengganti bulu hewan akan mendorong lebih banyak brand menilik kembali pilihan-pilihan apa yang tersedia bagi mereka," tambah Caroline.

Dikatakan Wendy Higgins, direktur media internasional organisasi The Humane Society International UK, tren berbusana dengan material bulu hewan memang berangsur-angsur ditinggalkan. Khususnya oleh warga Inggris. Brand fashion ternama Inggris, Burberry, baru-baru ini pun mengumumkan bahwa semua produknya nantinya akan 'fur free' dan 'cruelty free'.

"Kebanyakan konsumen di Inggris tidak ingin terlibat dalam aksi kekejaman untuk membuat bahan berbulu jadi ini tentu merupakan keputusan yang sangat tepat bagi brand Inggris ini," kata Wendy.



Cek video saatNickiMinaj danCardi B Bertengkar Hebat di AcaraFashion

(dtg/dtg)