Rabu, 18/04/2018 17:39 WIB

Stop Kekejaman pada Hewan, 10 Desainer Tolak Pakai Bulu Hewan Asli

Hestianingsih - wolipop
Stop Kekejaman pada Hewan, 10 Desainer Tolak Pakai Bulu Hewan Asli Foto: Getty Images
Jakarta - Kekejaman terhadap hewan atas nama fashion mulai mendapat perhatian khusus dari para desainer ternama. Kini makin banyak desainer maupun brand fashion yang menolak menggunakan bulu atau kulit hewan dalam koleksi mereka.

Desainer terbaru yang mengumumkan tidak akan memakai bulu hewan adalah John Galliano, creative director Maison Margiella. Selain menolak pakai material dari hewan, ia juga memutuskan jadi seorang vegan. Pria 57 tahun itu mengikuti jejak sejumlah desainer dan brand lain yang sebelumnya sudah berkomitmen dengan gerakan 'fur-free'. Siapa saja?

1. DKNY
Koleksi busana DKNY. Foto: Albert Urso/Getty Images for New York Fashion Week

DKNY mengumumkan komitmennya untuk tidak lagi menggunakan bulu hewan pada 2019. Keputusan ini diambil setelah diskusi dan hubungan bisnis yang panjang dengan Human Society International.

2. Versace
Creative Director Versace Donatella Versace. Foto: Getty Images

Versace lewat sang creative director Donatella Versace berkomitmen bahwa seluruh koleksinya tidak akan lagi memakai bulu binatang. "Bulu? Aku tidak pakai lagi. Aku tidak mau membunuh hewan untuk membuat fashion. Rasanya tidak benar," kata Donatella, Maret 2018.

3. Michael Kors
Desainer Michael Kors dan Zendaya. Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images

Michael Kors juga menyatakan akan menolak penggunaan bulu hewan pada Desember 2017. Kebijakan ini juga berlaku untuk Jimmy Choo, brand sepatu yang diakuisisi Michael Kors pada Juli 2017.

4. Gucci
Koleksi Gucci Fall/Winter 2018. Foto: REUTERS/Tony Gentile

Rumah mode Gucci mengumumkan lewat CEO Marco Bizzari, kalau perusahaannya akan menghilangkan material bulu hewan pada seluruh koleksi Spring/Summer 2018. Menurutnya ada teknologi mutakhir yang dapat menciptakan material berbulu tanpa harus memakai bulu asli hewan.

5. Giorgio Armani
Desainer Giorgio Armani. Foto: Junko Kimura/Getty Images

Pada Maret 2016, Giorgio Armani mengonfirmasi kalau brand-nya akan berhenti menggunakan bulu hewan untuk koleksinya. Tidak hanya Giorgio Armani, tapi juga lini busana lainnya seperti Armani Prive dan Emporio Armani.

6. Tommy Hilfiger
Tommy Hilfiger dan Gigi Hadid. Foto: Reuters

Tommy Hilfiger sudah menghilangkan material bulu hewan dari koleksinya sejak 2007. "Sesegera mungkin, perusahaan ini akan menyingkirkan semua pengembangan produk mengandung bulu hewan," kata Tommy Hilfiger.

7. Stella McCartney
Koleksi busana Stella McCartney. Foto: Getty Images

Sebagai aktivis pembela hewan, Stella McCartney sudah berkomitmen tidak menggunakan bulu maupun kulit hewan pada produk-produknya. Di 2015, putri musisi Paul McCartney ini merilis 'fur-free-fur', material bulu sintetis tanpa unsur hewan sama sekali.

8. Vivienne Westwood
Desainer Vivienne Westwood. Foto: Reuters

Setelah bertemu dengan organisasi pembela hak hewan PETA, Vivienne Westwood memutuskan menghilangkan bulu hewan di seluruh koleksinya sejak 2007.

9. Ralph Lauren
Desainer Ralph Lauren. Foto: Getty Images

Ralph Lauren tidak lagi memakai bulu hewan sejak 2006. Dalam sebuah pernyataan, Ralph Lauren mengatakan kalau sebenarnya produk-produk dari bulu hewan memang bukan menjadi komoditi utama dari koleksi fashion-nya.

10. Calvin Klein
Koleksi busana Calvin Klein. Foto: Dimitrios Kambouris/Getty Images

Pada 1994, Calvin Klein menyatakan kalau dia tidak lagi memakai bulu hewan untuk koleksinya. "Segmen (produk) dari bulu hewan pada bisnis kami memang tidak cocok lagi dengan filosofi perusahaan," kata Calvin Klein, seperti dikutip dari Vogue. (hst/hst)

Redaksi: redaksi[at]wolipop.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com,
Telepon 021-7941177

Wolipop's Social Media

@ redaksi@wolipop.com