Siapa Sangka Sneakers Ini Terbuat dari Permen Karet Bekas, Loh!

Alissa Safiera - wolipop Jumat, 27 Apr 2018 13:19 WIB
Sneakers dari permen karet. Foto: Istimewa
Jakarta - Siapa yang tidak suka permen karet? Rasanya hampir semua orang suka, walau buruknya ada saja yang membuang permen karet bekas sembarangan atau di bawah meja, kursi dan fasilitas umum lainnya.

Namun siapa sangka sisa-sisa permen karet itu bisa juga bermanfaat. Bahkan menjadi bahan pembuatan sneakers kekinian.

Adalah sneakers millennial pink bernama Gumshoe yang ternyata dibuat dari sisa permen karet. Sepatu dibuat oleh sebuah perusahaan bernama Gumdrop dan desainer Explicit Wear yang berbasis di Amsterdam.

Bagian sol sepatu Gumshoe dibuat dari sisa-sisa permen karet yang diproses sedemikian rupa, atau dinamai Gum-Tec. Bahan dasarnya ini dibuat dari 20 persen permen karet.

Baca Juga: Gaya Hypebeast Presiden Jokowi Pakai Sneakers Yeezy Kanye West

"Kami menemukan bila permen karet dibuat dari karet sintetis, dan dengan memecah propertinya, kami bisa menciptakan jenis karet baru," kata Anna Bullus, direktur dan perancang di Gumdrop.

Sneakers dari permen karet.Sneakers dari permen karet. Foto: Istimewa


Menurut Gumdrop, ada sekitar 3,3 juta pon permen karet dibuang di jalanan Amsterdam tiap tahunnya, dan itu menghabiskan jutaan dolar untuk membersihkannya. Proyek sepatu ini menjadi solusi, karena menggunakan sekitar 1 kg permen karet untuk setiap empat pasang sepatu.

Baca Juga: Pencinta Sneakers Wajib Tahu, Dari Mana Sebutan 'Sneakers' Berasal

"Kami mulai mencari cara untuk membuat orang lain sadar terhadap masalah ini. Itulah ketika ide ini muncul untuk membuat produk yang benar-benar diinginkan dari sesuatu yang bahkan mereka tidak peduli," kata juru bicara untuk koleksi ini kepada The Verge.

Gumshoe menjadi sneakers pertama yang dibuat dari permen karet. Namun selain solnya, badan sepatu dibuat dari bahan kulit.

Sepatu ini juga bisa Anda pakai bertahun-tahun. Sebab, pembeli bisa mendaur ulang atau mengganti solnya ketika rusak secara gratis.

Tertarik membelinya? Saat ini Gumshoe tersedia dalam warna pink dan hitam-merah, yang dijual dengan harga US$ 232 atau Rp 3,2 juta.

(als/eny)