Mengenal Filantropi Witoko, Perwakilan Indonesia di Asia's Next Top Model

- wolipop Rabu, 07 Nov 2012 15:51 WIB
Dok. Wolipop Dok. Wolipop
Jakarta - Nama Filantropi Witoko sedang hangat menjadi perbincangan. Wanita yang akrab disapa Filant ini berhasil menjadi satu-satunya perwakilan Indonesia di ajang Asia's Next Top Model (ANTM). Filant mengaku kalau dia awalnya hanya coba-coba saja. Dia pun tidak tahu siapa saja pesaingnya sebelum dipilih untuk mewakili Indonesia di ANTM.

"Ikut ANTM ini benar-benar nyoba banget. ANTM itu dipilihnya berdasarkan foto, video, ada tes psikologi, itu tesnya dikirim via e-mail. Dari situ dipanggil final test. Jadi kita benar-benar nggak ketemu siapa-siapa, nggak tahu siapa saja yang ikut," ungkapnya saat diwawancara wolipop di Plaza Indonesia belum lama ini.

Dalam perbincangan dengan wolipop, Filant berbagi kisah tentang dirinya yang sedang mengembangkan karir sebagai model profesional. Ketika ditemui pun, wanita dengan tinggi 175 cm itu baru selesai melakukan pemotretan dengan salah satu majalah wanita Indonesia.

Meskipun sekarang sudah eksis sebagai model, Filant tidak pernah memiliki mimpi menjadi seorang wanita yang akan berlenggak-lenggok di atas catwalk. Bahkan, saat masih sekolah dulu, dia lebih suka bergaya seperti pria. Namun, ayah Filant tidak suka putrinya menjadi tomboy sehingga menganjurkannya masuk ke sekolah model di John Casablancas.

Awalnya Filant tak mau, tapi demi keinginan sang ayah agar dia paham bagaimana berpakaian dan berjalan seperti wanita, model yang hobi membaca ini terpaksa mengikuti sekolah model ketika liburan kenaikan kelas selama kurang lebih satu bulan.

"Nolak pertamanya, tapi dipaksa juga akhirnya mau kan. Karena mau ternyata pihak sekolah melihat aku punya potensi terus dikontrak," cerita wanita lulusan Fakultas Psikologi di Universitas Pelita Harapan itu.

Agensi model yang pertama mengontrak Filant adalah Elite Model milik John Casablancas. Setelah dua tahun, wanita berambut pendek ini pindah ke Face Model Management. Namun manajemen itu kemudian bubar, Filant pun bergabung dengan Glam Model Management sekitar tiga tahun. Baru setahun ini Filant masuk ke B Model Management.

Filant sangat senang dan bersyukur bisa menggeluti karir sebagai model karena dapat mengeksplor diri menjadi wanita yang berbeda. "Jadi model tuh enak karena setiap show kita rambutnya beda, make up beda, kita benar-benar eksplor sesuatu yang baru. Waktu kita jalan di catwalk, di panggung itu, kita benar-benar 'Man, ayo lihat sini!'. Benar-benar senang banget," ujarnya sambil tersenyum. Saat ditemui Filant yang mengenakan pakaian casual tetap tampak menarik perhatian di sekitarnya.

Wanita kelahiran 6 Februari 1988 ini juga berbagi cerita mengenai pengalaman yang tidak akan pernah dia lupakan selama berkarir. Filant pernah pingsan beberapa saat sebelum show. Saat itu, dia harus tampil di Jakarta Fashion Week 2009 memakai koleksi dari Stephanus Hamy. Akan tetapi, kondisi tubuhnya tidak mendukung. Dia pun sempat izin ke rumah sakit terdekat untuk berobat. Setelah merasa lebih baik, Filant berusaha bangkit namun sayangnya dia malah jatuh pingsan.

Setelah sadar, wanita dengan berat 55 kg itu merasa sangat bersalah hingga menangis karena tidak profesional. "Aku bangun show-nya sudah selesai. Aku sampai nangis ya karena ngerasa nggak profesional masa cuma sebentar doang jalan di catwalk nggak bisa. Itu benar-benar ngaco banget sih" tutur Filant.

Namun hal itu tidak menjadi penghalang karir Filant. Buktinya sekarang dia bisa menunjukkan kalau dirinya mampu menggapai ranah internasional. Filant merasa sangat bangga dan tidak mengira kalau bisa terpilih. "Aku senang banget, aku sampai lompat-lompat gitu, itu benar-benar yang nggak bisa diungkapin. Aku mulai ngirimnya Februari baru ketahuannya Juni. Teman-teman di model juga baru tahunya sekarang pas ada iklannya," papar Filant bangga.

Wanita keturunan Jawa-China ini sudah mempersiapkan mental untuk bersaing dalam kontes ANTM. Dia telah berlatih foto dengan beberapa fotografer agar bisa maksimal dalam menghadapi 13 wanita lainnya dari berbagai negara. ANTM akan tayang di Star World mulai 25 November mendatang. Sama seperti America's Next Top Model, pemenang ajang ini mendapatkan kontrak model bergengsi.


(aln/eny)