ADVERTISEMENT

'Tinder Swinder' China Ngaku Jadi Pria Tajir Korea untuk Menipu Banyak Wanita

Kiki Oktaviani - wolipop Kamis, 29 Sep 2022 09:00 WIB
Finger of woman pushing heart icon on screen in mobile smartphone application. Online dating app, valentines day concept. Foto: iStock
Jakarta -

He Ganshen, pria yang disebut sebagai 'Tinder Swindler' versi China yang memiliki motif serupa dengan Simon Leviev untuk menipu banyak wanita dengan memalsukan identitasnya. He mengaku sebagai pria tajir asal Korea Selatan.

Pria 38 tahun itu memikat para wanita dengan menggunakan foto dua pria muda Korea yang diunduhnya dari internet. Dalam fotonya menggunakan baju dokter, di mana He mengaku sebagai dokter dari Shanghai.

Dengan wanita berbeda lainnya, He mengaku bekerja sebagai pengacara dari Shenzhen. Namun He Ganshen adalah penipu ulung.

"Dia memiliki fisik yang biasa, cenderung pendek dengan tinggi 160cm, menikah dengan tiga anak dan pengangguran," begitu menurut dokumen pengadilan, seperti dikutip dari Yahoo Singapore.

Menurut Sanxia Evening News, He menggunakan aplikasi kencan Tantan untuk menggaet korbannya. Dia akan mengirimi foto-foto tengah berada di restoran kelas atas ke para wanitanya.

He Gangshen juga akan menghujani korbannya dengan perhatian, mengirimi teks romantis hingga janji-janji manis seperti rencana liburan mewah setelah mereka menikah.

Begitu sudah mendapatkan kepercayaan dari para wanita, dia akan mulai modus dengan meminjam uang untuk membayar kredit rumahnya. Dia diduga telah menipu 110 ribu yuan atau sekitar Rp 230 juta dari masing-masing korbannya.

He diduga telah meraup uang para korban mencapai Rp 1 miliar. He akan membuat berbagai alasan untuk menunda pembayaran mereka, dan ketika para wanita meminta uang mereka kembali, dia akan memblokir kontak mereka.

Dia akhirnya ditangkap setelah salah satu korbannya, seorang wanita berusia 22 tahun yang kehilangan semua tabungannya, menelepon polisi pada Mei 2020. Pengadilan Hubei menghukum He 11 tahun 6 bulan penjara dan denda 30.000 yuan atau Rp 63 juta April lalu.



Simak Video "Fakta Simon Leviev, Penipu di Tinder yang Dijadikan Dokumenter Netflix"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)