ADVERTISEMENT

Cerita Kontestan Miss England Jadi Pengungsi Ilegal Afganistan

Kiki Oktaviani - wolipop Minggu, 07 Agu 2022 21:30 WIB
Lida Nasiri Foto: dok. Celebrity Picture
Jakarta -

Kontestan Miss England Lida Nasiri menceritakan masa lalunya yang menyedihkan. Lida adalah mantan pengungsi ilegal yang melarikan diri dari Afganistan pada usia tiga tahun bersama keluarganya.

Ibu Lida bekerja serabutan di Rusia selama dua tahun untuk membayar orang yang telah menyelundupkan mereka. Dari Rusia, perjalanan mereka dilanjutkan ke Polandia, kemudian naik perahu ke Jerman.

Saat naik perahu ke Jerman, Lida yang berusia lima tahun takut naik perahu karet. Karena itu satu-satunya perahu yang dipompa. "Itu tidak aman. Tapi tidak ada waktu untuk membicarakan semunya. Sekarang atau tidak sama sekali," kenangnya.

"Bagian yang paling sulit adalah hidupku bisa berakhir saat itu, bahwa aku juga bisa kehilangan ibuku. Aku menggenggam tangannya sepanjang waktu, tanpa mengetahui apa yang terjadi. Tapi kami tahu kalau kembali lagi ke Afganistan, kami akan mati. Kami memperjuangkan apapun, mencari keamanan dan kedamaian," tambah Lida.

Pada 2011, Lida dan keluarga pindah ke Inggris melalui Belanda. Kepindahannya kali ini secara legal sehingga Lida bisa mendapatkan kewarganegaraan Inggris.

Kini Lida bekerja sebagai public relations dan selalu menyukai dunia beauty pageant. Sebelum ikut kompetisi Miss England, Lida mengikuti beberapa kontes kecantikan lainnya. Lida akan bersaing bersama 15 kontestan lainnya dari sejumlah kota di Inggris.



Simak Video "Kreatif! Penyintas Erupsi Semeru Bikin Kerajinan Unik dari Bambu"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)