Apa Itu Miss Global, Kontes Kecantikan yang Finalisnya Menjelekkan Polisi Bali

Hestianingsih - wolipop Rabu, 25 Mei 2022 14:23 WIB
Miss Estonia Valerie Vasilieva. Valerie Vasilieva. Foto: Dok. Miss Global
Jakarta -

Miss Global Estonia Valerie Vasilieva didiskualifikasi dari kontes kecantikan Miss Global 2022. Keputusan itu diambil menyusul unggahan video-nya di media sosial yang menyebut bahwa polisi di Bali korup.

Dr. Kishanty Hardaningtyas, National Director Mahakarya Duta Pesona Indonesia, sebagai penyelenggara Miss Global 2022, menyatakan tidak bisa memberi toleransi terhadap perilaku Miss Global Estonia sekaligus meminta maaf dalam surat terbuka. Dia juga menegaskan bahwa Valerie Vasilieva datang sendiri ke Bali sebelum acara dimulai.

"Atas nama seluruh tim/organisasi Miss Global, kami merasa terganggu dan dengan tulus menyesali perilaku Miss Global Estonia, Miss Valerie Vasilieva," ujarnya, seperti dikutip dari detikTravel.

Dr. Kishanty melanjutkan, "Kami mengambil langkah-langkah, yang kami anggap tepat, dan telah sepakat untuk mendiskualifikasi Miss Valerie Vasilieva sebagai wakil Estonia dalam kompetisi Miss Global 2022 tahun ini karena melanggar aturan."

Bule Estonia viral di BaliMiss Global Estonia Valerie Vasilieva. Foto: (Lerusi_k/Tiktok)

Sementara itu, penyelenggaraan Miss Global 2022 akan tetap berjalan sesuai rencana. Acara tersebut dijadwalkan diadakan pada 11 Juni 2022 di Bali, Indonesia.

Tentang Miss Global

Miss Global merupakan kontes kecantikan yang mengedepankan inklusivitas dan keberagaman. Didirikan oleh Van M. Pham pada 2011.

Van M. Pham sendiri sudah cukup lama malang melintang di industri kontes kecantikan sejak 2003. Ia bekerjasama dengan komunitas Vietnam untuk memperkenalkan kontes kecantikan di sana.

Mengusung slogan "Empowering women, Embracing cultures, and Embodying the beauty within", tujuan dari kontes ini tak hanya mencari wanita berparas cantik, pintar dan berkepribadian baik, tapi juga berani bersuara untuk mengubah dunia jadi lebih baik.

"Miss Global adalah tentang memberdayakan wanita, memberikan mereka tempat untuk bersuara dalam membuat sebuah perubahan. Untuk mencintai budaya, menerima perbedaan, merayakan keberagaman dan memahami bahwa itulah yang menjadikan kita semua istimewa dan unik," demikian seperti ditulis dalam situs resmi Miss Global.

Lebih dari itu, kompetisi yang diadakan untuk ke-10 kalinya ini juga mencari para kontestan dari seluruh dunia yang tidak hanya menarik secara fisik. Tapi berani merepresentasikan diri sendiri dengan sikap yang tenang, anggun dan cerdas.

Pemegang titel Miss Global harus merupakan sosok yang bisa menebarkan kebaikan, panutan dalam kepemimpinan serta duta kecantikan dan keberagaman budaya. Selama satu tahun, pemenang kontes ini akan bepergian ke berbagai negara untuk berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan dana untuk amal sambil mempromosikan kecantikan, kecerdasan dan kharisma wanita ke mata dunia.

Miss Global 2022 diikuti oleh 73 kontestan dari 73 negara, berusia 18 hingga 35 tahun. Indonesia sendiri diwakili oleh Olivia Aten, wanita kelahiran Maluku berusia 28 tahun. Ia meraih gelar Bachelor of Arts dari The West of England University dan saat ini menjadi pengusaha sekaligus kreator konten.



Simak Video "Heboh Indra Bekti Mirip Pemeran Money Heist Korea"
[Gambas:Video 20detik]
(hst/hst)