Lagi, Gigi Hadid Dituntut Fotografer karena Posting Fotonya Sendiri

Alissa Safiera - wolipop Rabu, 30 Jan 2019 16:40 WIB
Foto: Getty Images Foto: Getty Images

Jakarta - Gigi Hadid baru saja dituntut atas pelanggaran hak cipta karena memposting sebuah foto. Ironisnya, foto itu adalah foto dirinya sendiri.

Gigi dituntut karena memakai foto paparazzi yang memotretnya tanpa izin. Tiga bulan lalu, Gigi juga dituntut karena melakukan hal serupa.


Mengutip dari dokumen pengadilan yang dilansir oleh People, supermodel berusia 23 tahun itu dituntut oleh bisnis agen foto independen bernama Xclusive karena berbagi foto di bulan Oktober 2018 tanpa izin fotografer. Kasus ini diajukan di pengadilan federal pada hari Senin, (28/1/2019) lalu.

Dokumen tersebut menyatakan bahwa sekitar 1,6 juta orang mengomentari atau menyukai foto dalam empat hari pertama setelah Gigi mempostingnya. Oleh karena itu, perusahaan mencari ganti rugi atas pelanggaran hak cipta, serta setiap keuntungan yang diperoleh dari foto tersebut.
Lagi, Gigi Hadid Dituntut Fotografer karena Posting Fotonya SendiriFoto: Getty Images

Gigi Hadid langsung menghapus foto dari Xclusive setelah ia mempostingnya. Xclusive mengklaim Hadid tahu dia melakukan kesalahan ketika dia memposting foto yang tidak terakreditasi dan bahkan mereferensikan gugatan hak cipta serupa yang dia lakukan.

Pada 2017, fotografer Peter Cepeda mengambil foto Gigi, yang kemudian dia posting di Instagram tanpa izin. Peter lalu mengajukan gugatan terhadap Gigi pada bulan September dan kemudian diselesaikan di luar pengadilan.

"Fakta-fakta yang dituduhkan dalam [kasus] Cepeda hampir identik dengan fakta-fakta yang diduga dalam kasus ini, termasuk tuduhan Hadid yang disalin dan memposting foto hak cipta penggugat," tulis Xclusive.

Bicara soal fotonya yang membuat ia dituntut, Gigi Hadid akhirnya buka suara. Dia menyebutkan jika para paparazzi telah mengambil privasinya.

"Kepada paparazzi, aku mengerti bahwa ini adalah cara kalian mencari nafkah, dan aku menghargai bahwa ini adalah sesuatu yang harus aku terima dengan pekerjaanku. Tapi ada batasannya. Kami adalah manusia, dan kadang-kadang butuh banyak keberanian untuk terlibat dengan Anda karena kebencian yang kurasakan dari pengalaman negatif ini," tulis Gigi di Instagramnya.
(asf/asf)