ADVERTISEMENT

Review Skin Philosophy: Mencoba Laser Vbeam Untuk Hilangkan Kemerahan Wajah

Vina Oktiani - wolipop Kamis, 08 Sep 2022 10:45 WIB
Review Skin Philosophy Foto: Wolipop/Viina Oktiani
Jakarta -

Memiliki kulit wajah yang cantik dan mulus menjadi dambaan banyak orang. Salah satu cara merawatnya adalah dengan rutin menggunakan skincare. Namun untuk beberapa masalah kulit tertentu yang membandel dibutuhkan perawatan ekstra, seperti dengan menjalani perawatan laser wajah.

Kali ini Wolipop mendapat kesempatan untuk mencoba laser Vbeam di Skin Philosophy. Laser Vbeam sendiri digadang-gadang memiliki beberapa manfaat yang cukup membantu bagi pemilik wajah kemerahan. Kebetulan saat ini permasalahan wajah yang dialami oleh tim Wolipop yang datang adalah kemerahan dan bekas-bekas jerawat.

Sebelum tindakan pasien diminta melakukan swab terlebih dahulu. Dan setelah hasilnya negatif barulah Wolipop diminta naik ke lantai 2 untuk langsung melakukan konsultasi dengan dokter di sana. Dari sesi konsultasi tersebut barulah dokter menentukan perawatan wajah yang pas untuk pasien.

Berdasarkan hasil pemeriksaan, dokter menyarankan tindakan chemical peeling dan laser Vbeam untuk tim Wolipop. Sebelum memulai tindakan tim Wolipop diminta mengenakan kimono putih yang sudah disediakan dan hair cup.

Ruang treatment Skin PhilosophyRuang treatment Skin Philosophy Foto: Wolipop/Vina Oktiani

Pertama-tama wajah dibersihkan terlebih dahulu sambil dipijat oleh terapis di sana. Setelahnya dokter pun mengambil alih dan mulai mengoleskan cairan peeling ke wajah tim Wolipop.

Proses peeling berlangsung selama 5 hingga 10 menit, tergantung ketahanan masing-masing pasien. Pasalnya saat proses tersebut wajah jadi terasa tidak nyaman. Ada rasa gatal, cekit-cekit, dan sedikit perih. Untuk mengatasinya, pasien diminta memegang kipas elektrik mini yang diarahkan ke wajah.

"Jadi yang pertama kita peeling. Peelingnya pakai lactic acid yang fungsinya untuk mengangkat sel kulit mati, merangsang produksi kolagen. Jadi dia membantu untuk orang-orang yang kulitnya cenderung kering atau kombinasi. Dia itu membersihkan komedo juga bisa. Tapi karena dia kandungannya AHA, jadi dia penetrasinya nggak terlalu dalam, jadi dia cocok buat kulit yang sensitif juga," terang dokter Prinka yang bertugas menangani tim Wolipop.

Untuk perawatan laser Vbeam sendiri dokter mengatakan tidak selalu harus dibarengi dengan peeling. Namun agar hasilnya lebih maksimal, kedua perawatan tersebut boleh digabungkan. Untuk bahan chemical peeling sendiri juga berbeda-beda, tergantung dengan jenis kulit pasien. Jika memiliki wajah berjerawat dokter Prinka menyarankan memilih chemical peeling yang berbahan BHA, bukan AHA.

Setelah 10 menit cairan peeling di wajah tim Wolipop pun dibersihkan. Terapis kemudian memberikan masker dengan cairan NaCl untuk menenangkan kulit wajah.

Usai proses peeling selesai barulah masuk ke perawatan yang kedua, yaitu laser Vbeam. Laser Vbeam sendiri merupakan gold standard untuk perawatan vaskular atau pembuluh darah. Berbeda dari kebanyakan laser untuk pembuluh darah, laser Vbeam cenderung lebih permanen.

"Kita pakai Vbeam laser karena kulit kamu kan sensitif dan cenderung kemerahan, dan ada beberapa bekas jerawat kemerahan atau PIE (Post Inflammatory Erythema). PIE itu sendiri susah hilang kalau cuma pakai skincare aja. Beda sama PIH yang kegelapan, bekas jerawat yang hitam. Kalau bekas jerawat hitam itu dia nggak cepat juga hilangnya, tapi lebih bisa dipudarkan dengan pemakaian skincare atau treatment," terang dokter Prinka.

Alat laser VbeamAlat laser Vbeam Foto: Wolipop/Vina Oktiani
Alat laser VbeamAlat laser Vbeam Foto: Wolipop/Vina Oktiani

Saat perawatan, dokter Prinka menembakkan laser Vbeam ke area wajah tim Wolipop yang memiliki noda bekas jerawat dan kemerahan saja, tidak di semua area. Ketika ditembakkan, suara dan cahaya dari laser Vbeam sendiri terasa cukup mengagetkan, namun tidak sakit. Rasanya seperti terkena semprotan air yang cukup kuat karena ada sedikit sensasi dingin setelahnya.

Untuk perawatan laser sendiri bisa dilakukan setiap 3 minggu atau 1 bulan sekali. Dokter Prinka menyarankan jika ingin hasil maksimal, minimal melakukan perawatan laser Vbeam sebanyak 3 kali.

Setelah perawatan wajah tim Wolipop masih terlihat agak kemerahan. Namun tak perlu khawatir karena umumnya kemerahan itu tidak akan berlangsung lama. Setelah beberapa jam wajah jadi terasa lebih halus, cerah, dan noda-noda kemerahan pun tampak jelas mulai tersamarkan.

Setelah perawatan, wajah tidak diperbolehkan dicuci menggunakan sabun terlebih dahulu selama 6 jam. Setelahnya selama 3 hari wajah hanya diperkenankan memakai pelembap, tabir surya, dan krim post laser yang diberikan dari klinik kecantikan.

Untuk Chemical Peeling for Sensitive seharga Rp 1,1 juta. Sementara laser Vbeam Redness Spot Treatment (1-50 shoot) seharga Rp 1,999 juta.



Simak Video "Gaya Seksi Rachel Vennya saat Rayakan Ultah ke-27 Jadi Kontroversi "
[Gambas:Video 20detik]
(vio/vio)