ADVERTISEMENT

Dianggap Terlalu Cantik, Netizen Tak Percaya Wanita Ini Lulusan Oxford

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 19 Jan 2023 12:00 WIB
Kate Zhu Wenqi Foto: Dok. LinkedIn
Jakarta -

Seorang wanita jadi viral setelah membuat video kelulusan dari Universitas Oxford. Tapi bukan karena mendapat pujian, ia malah dituduh berbohong. Dianggap terlalu cantik, wanita tersebut dituduh berbohong mengenai pendidikannya. Banyak orang merasa ia tidak cocok jadi mahasiswa berprestasi.

Kate Zhu Wenqi lulus dari Universitas Oxford pertengahan tahun lalu. Tak hanya sukses masuk perguruan tinggi elite dunia, ia keluar dengan nilai tertinggi di jurusan matematika. Prestasi itu pun membuatnya jadi perbincangan karena justru mendapat serangan dari netizen yang tidak percaya.

Kate Zhu WenqiKate Zhu Wenqi Foto: Weibo

Dalam video yang sudah dilihat lebih dari 160 juta kali di Weibo, Kate terlihat seperti wanita yang glamour karena berdandan cantik, berpakaian stylish, sering liburan dan bersosialisasi, juga melakukan kegiatan outdoor. Bagi sebagian orang tampaknya gadis seperti Kate tidak mungkin pintar dalam pendidikan. Padahal ia masuk Universitas Oxford di usia 16 tahun.

"Aku tidak pernah mendengar nama departemennya. Lain kali, kalau kamu ingin memalsukan sesuatu, buatlah yang lebih profesional" "Dilihat dari videonya, aku bisa bilang di adalah pebisnis WeChat yang menjual barang-barang," "Dia berhasil membangun imej sebagai wanita cantik berpendidikan elite untuk menarik pelanggan," tulis netizen.

Kate Zhu WenqiKate Zhu Wenqi Foto: Weibo

Kate pun bicara mengenai pengalaman tidak menyenangkan itu. Ia mengaku cukup terpengaruh dengan pendapat netizen di internet dan mengalami berbagai emosi setelah lulus universitas. Wanita asal China tersebut kecewa banyak orang memandangnya sebelah mata hanya karena penampilan.

"Apakah dengan mengunggah satu selfie berarti orang tersebut tidak pandai belajar? Ini waktunya untuk mendobrak stereotip. Aku hanya ingin bilang bahwa selama stereotip ini ada, itu seharusnya disanggah," kata Kate dilansir NDTV.

Kate Zhu WenqiKate Zhu Wenqi Foto: Weibo

Bukan asal tulis, rekam jejak prestasi Wenqi Zhu sendiri bisa dilihat di LinkedIn dan situs Oxford. Wanita 28 tahun itu pun tertulis pernah bekerja di kantor JP Morgan di Hong Kong pada 2014 dan Goldman Sachs dari 2017 sampai 2019.

Pada 2020, ia memutuskan untuk berhenti bekerja dan kembali ke Oxford untuk mengambil S2. Kini Kate telah bergelar PhD di jurusan Matematika Terapan. Berdasarkan informasi di Linkedin, wanita tersebut tumbuh di China tapi menempuh pendidikan di luar negeri. Selain bergelar PhD, Kate juga menduduki peringkat pertama dalam cohort Magister Pemodelan Matematika dan Komputasi Ilmiah.

Setelah mengetahui latar belakangnya, banyak orang yang mendukung Kate. "Dia sangat pintar. Aku senang dia punya pikiran yang bagus dan terus menjadi diri sendiri," "Kultur Asia Timur selalu menuntut wanita untuk low profile. Tapi di era ini kita butuh lebih banyak cerita seperti Zhu untuk menginspirasi wanita jadi diri sendiri," tulis netizen yang pro.

(ami/ami)