Kisah Wanita Crazy Rich Pura-pura Miskin, Ungkap Alasannya yang Mengejutkan

Rahmi Anjani - wolipop Sabtu, 18 Jun 2022 08:00 WIB
Beautiful young woman looking through the window while enjoying fresh air Foto: Getty Images/iStockphoto/Ivan Nadaski
Jakarta -

Di media sosial, banyak orang berusaha tampil glamour seakan-akan mereka miliuner. Tapi seorang miliuner malah sengaja tidak menampakkan kekayaannya bahkan berpura-pura miskin. Bukan untuk menghindari pajak atau dimintai uang, ada motivasi lain di balik gaya hidup sederhananya yang tidak terpikirkan banyak orang.

Seorang wanita yang tidak mengungkap identitasnya bercerita mengenai rahasia bahwa dirinya adalah orang kaya. Di mata-mata orang sekitar, ia menampakkan diri sebagai seniman yang kesulitan. Padahal ia terlahir dari keluarga berada bahkan sudah diwariskan banyak uang tanpa harus bekerja.

"Awalnya aneh tapi aku sekarang sudah terbiasa pura-pura miskin bahkan kadang aku merasa seperti itu. Aku memodifikasi aksen bicaraku juga," tulisnya kepada Elle.

Tak seperti kebanyakan orang, ia malah tak mau terlihat kaya dan menganggap warisan itu adalah kutukan. Wanita tersebut merasa orang kaya sering dibenci dan dihakimi tanpa sebab.

Ia awalnya tidak merasa bersalah dengan banyaknya uang warisan yang tidak didapatkan dengan usaha sendiri. Tapi privilese tersebut menjadi bumerang karena membuatnya jadi kurang termotivasi.

Young woman trying clothes in a fitting room and photographing herself in a mirror // mobile stock photo made with iPhone 6s Foto: iStock

"Aku sudah mencoba banyak hal tahun ini tapi sulit untuk menemukan sesuatu yang kamu benar-benar suka ketika kamu tidak butuh uang. Aku berpikir aku bisa melakukan segalanya tapi aku tidak tahu ingin jadi apa jadi aku berpura-pura bekerja,"

"Aku melakukan berbagai peran, serangkaian karier yang membuatku terdengar keren dan berjiwa seni tanpa harus berkomitmen. Aku adalah freelancer kreatif yang bisa berarti apa saja. Kadang aku stylist kadang aku penulis kadang aku bekerja di media. Tidak ada yang peduli dan itu lebih masuk akal daripada mengaku yang sebenarnya," ujarnya.

Wanita itu mengakui bahwa situasinya ini terdengar sombong dan seperti tidak bersyukur. Tapi ia tetap tidak ingin mengungkap identitas asli karena biasanya ketika orang tahu yang sebenarnya sikap mereka jadi berubah.

"Ketika orang tahu latar belakangku, mereka tidak menganggapku serius, seperti aku tidak boleh punya masalah. Untuk kebanyakan orang, uang adalah jawab dari masalah. Percaya padaku, itu tidak seperti itu,"

Ia pun meyakinkan bahwa uang bukan segalanya. "Rekeningku terisi penuh tapi hatiku seringnya tidak. Aku lajang. Aku dipenuhi rasa bersalah dan ketidakamanan bahkan tidak bisa mencari karier yang memuaskan. Aku sering bosan dan kesepian aku hanya melayang di dunia yang tidak peduli aku hadir," katanya.

(ami/ami)