Viral Anak 13 Tahun Lulus Kuliah Jurusan Fisika, Buka Donasi untuk Lanjut S2

Rahmi Anjani - wolipop Selasa, 17 Mei 2022 12:45 WIB
Elliott Tanner Foto: Instagram Elliott Tanner
Jakarta -

Kebanyakan anak 13 tahun baru lulus dari bangku Sekolah Dasar. Karena itu, kepintaran bocah lelaki bernama Elliot Tanner yang sudah masuk kuliah ini cukup mengejutkan netizen. Di usianya yang masih kecil, Elliot bahkan sudah mendapatkan gelar S1-nya di jurusan Fisika.

Elliott Tanner adalah anak jenius yang baru saja lulus kuliah dari Universitas Minnesota, Amerika Serikat. Kemampuan akademis Elliot bikin takjub dosen dan teman-teman sekelasnya yang jauh lebih tua. Remaja itu pun mengaku senang bisa menyelesaikan studinya di jurusan Fisika dengan mata kuliah tambahan Matematika. "Ini seperti pengalaman yang tidak nyata," tuturnya.

Elliot sendiri memang bukan lulusan termuda dalam sejarah Amerika Serikat. Rekor tersebut masih dipegang oleh Michael Kearney yang lulus dari jurusan Antropologi pada 1992 di usia 10 tahun. Meski begitu, prestasi dan kerja keras Elliot yang bercita-cita jadi ahli matematika tentu membanggakan orang tuanya.

Elliott TannerElliott Tanner Foto: Instagram Elliott Tanner

"Dia punya kapasitas belajar yang luar biasa, dia juga seseorang yang baik hati dan lucu. Dia menginspirasi kami untuk menjadi orang yang lebih baik setiap hati," kata Michelle Tanner dilansir Live Science.

Michelle dan suaminya memang sudah menyadari anaknya berbeda sejak kecil. Sebelum masuk sekolah, anak tersebut sudah menunjukkan kemampuan bahasa yang luar biasa bahkan bisa menghitung di usia tiga tahun. Ketika berumur lima tahun, Elliot dimasukkan ke TK tapi tak lama dikeluarkan karena tidak cocok dengan pendidikan pada umumnya.

Elliott TannerElliott Tanner Foto: Instagram Elliott Tanner

"Dia sudah bicara mengenai akselerator partikel di usia lima tahun ketika anak-anak lain berpura-pura jadi Superman di taman bermain," tuturnya.

Ketika itu, Elliot disekolahkan di rumah untuk memfasilitasi rasa penasarannya akan pengetahuan yang sangat besar. Awalnya Michelle ingin menyamakan kurikulum Elliot dengan teman-temannya kebanyakan tapi kepintaran anak itu sulit dibendung. Selain suka membaca semua buku di rumah, Elliot bahkan menghabiskan uang ulang tahunnya untuk membeli buku pengetahuan dari pada mainan atau games.

Meski sempat membuat orang tuanya ketakutan, mereka Elliot bisa kemampuannya dengan baik. Anak yang berencana untuk meneruskan S2 dan S3 dalam waktu dekat itu pun tidak mengalami kesulitan berbaur di kampus tapi tetap menjadi anak-anak di waktu bersamaan. Satu-satunya masalah adalah orang tua Elliot cukup kesulitan untuk membiayai kuliahnya karena belum punya tabungan pendidikan yang cukup sehingga mereka membuka penggalangan dana di GoFundMe.

(ami/ami)