ADVERTISEMENT

Bocah Jenius Jadi Wisudawan Termuda di Kampus, Kuliah Selesai dalam Setahun

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 30 Des 2021 19:30 WIB
Jack Rico Foto: Instagram @jack.rico_
Jakarta -

Seorang remaja mencetak sejarah sebagai orang termuda yang lulus dari universitasnya. Tapi sebelum ia bisa menyelesaikan kuliah, anak berusia 15 tahun itu pun sudah menunjukkan kejeniusan. Adalah Jack Riso, yang wisuda di usia 15 tahun dengan nilai 3,78. Jack bahkan bisa menyelesaikan studinya di universitas hanya dalam setahun.

Jack Riso adalah orang termuda yang lulus S1 dari Universitas Nevada UNLV. Ia masuk kuliah di usia 14 dan sudah bisa lulus setahun kemudian. Sebelum kuliah di universitas tersebut, ia sudah menyelesaikan empat gelar D3. Terdengar sangat padat untuk anak remaja yang biasanya lebih suka bermain tapi Jack mengaku memang suka belajar.

"Aku sejujurnya menyukai semua kelas yang aku ambil. Kebanyakan kelas yang aku ambil di jurusan sejarah atau film, dan setiap kelas mengajarkanku sesuatu yang berbeda," ujarnya dilansir situs University of Nevada.

jack ricojack rico Foto: Instagram @jack.rico_

Remaja asal Amerika Serikat tersebut awalnya disekolahkan di rumah oleh ibunya sendiri, Ru Andrade. Setelah empat tahun, Ru mulai kesulitan mengajarkan hal baru pada anaknya dan merasa Jack sudah lebih pintar darinya. Karenanya, anak itu mulai ikut ujian masuk Fullerton College kemudian ditawarkan program setara kursus. Bukan hanya lulus, nilai Jack ketika itu bahkan paling tinggi di antara para peserta yang sudah orang dewasa.

Dalam dua tahun kuliah, ia sudah bisa menyelesaikan 4 gelar D3 di bidang sejarah, sikap sosial, ekspresi manusia, dan sains sosial. Jack pun menjadi mahasiswa college termuda di California yang lulus dan meraih IPK 4.0.

Di usia 14, ia pun mulai mengambil kelas di UNLV. Jack memang bertekad untuk menyelesaikan studinya dengan cepat sehingga bisa selesai dalam setahun meski awalnya sempat ada rasa malas.

"Semester ini sedikit lebih sulit untukku tetap termotivasi. Aku melewatkan semua tugas-tugas pertamaku beberapa minggu lalu. Tapi itu cukup untuk mendorongku kembali pada jalur.

jack ricojack rico Foto: Instagram @jack.rico_

"Aku mulai menulis semuanya lagi dan memastikan aku tetap disiplin. Ada PS5 dalam boks yang seperti menatapku tapi aku berjanji pada diriku sendiri aku tidak akan membukanya sampai ujian akhir," ungkapnya.

Jadi wisudawan termuda dan lulus kuliah dalam setahun, Jack Riso merasa 'keren' atas pencapaiannya. Kini ia berencana untuk melanjutkan S2 dalam waktu dekat tapi akan istirahat satu semester dulu untuk bersantai dan menjadi remaja.

"Aku bekerja sangat keras tapi aku punya banyak dukungan. Semua dosen dan teman sekelasku keren. Aku sangat berterima kasih pada ibunya yang mengantarku bolak-balik dari California ke UNLV setiap minggu untuk aku bisa ambil kelas di kampus," ujarnya.

jack ricojack rico Foto: Instagram @jack.rico_
(ami/ami)