ADVERTISEMENT

Mantan Wanita Terkaya Terbukti Menipu, Intip Hidup Mewahnya Sebelum Bangkrut

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 05 Jan 2022 07:15 WIB
Elizabeth Holmes Foto: Getty Images
Jakarta -

Elizabeth Holmes, pendiri startup Theranos baru saja dinyatakan bersalah karena kasus penipuan. Wanita yang dulu dipuji jenius dan berstatus miliuner termuda itu dihukum atas empat dari 11 tuduhannya. Ia dituduh membohongi investor dan pasien dengan meyakinkan bahwa mesin Theranos dapat menjalankan berbagai kesehatan hanya dengan tes darah. Sebelum terbukti bersalah dan bangkrut, ia cukup sering memamerkan gaya hidup mewah.

Real Estate di Los Angeles

Elizabeth HolmesElizabeth Holmes Foto: Christie's International Estate

Elizabeth sempat disebut sebagai miliuner wanita termuda karena kesuksesannya dengan Theranos. Tak heran jika saat itu ia punya banyak kekayaan, termasuk properti. Bersama rekan kerja sekaligus pacarnya saat itu, William Evans, tinggal di salah satu rumah paling mahal di kawasan Silicon Valley. Dilansir CNBC, real estate itu bernilai US$135 juta (Rp 1,9 triliun).

Dikatakan jika pasangan tersebut tinggal di rumah sembilan kamar seluas 30 hektar. Kediaman itu punya empat kolam renang, lapangan tenis, kebun bunga, dan kebun sayuran. Kawasan perumahan itu dihuni para politisi dan orang-orang elite lain.

Punya Apartemen Mewah



Elizabeth Holmes dan William Evans juga punya sebuah apartemen mewah di San Francisco. Bahkan ketika Theranos tutup di 2018, mereka masih menyewa tempat tinggal tersebut US$5.000 (Rp 71 juta) sebulan. Rumah itu memang mahal mengingat lokasinya yang strategi dan berbagai fasilitas.

Anjing Mahal

Elizabeth HolmesElizabeth Holmes Foto: Twitter

Salah satu cerita mengenai Elizabeth adalah perjuangannya mengadopsi anjing Siberian Husky. Kepada Vanity Fair, dia menceritakan bagaimana menerbangkan anak anjing berusia sembilan minggu dengan 'first class'. Hewan peliharaan yang dinamakan Balto itu sering dijemput oleh supir dan dirawat oleh penjaga dan asisten pribadinya. Balto pun cukup 'dikenal' karena sering hadir di laboratorium Theranos dan sering diprotes terkait higienitas.

Punya Banyak Pekerja
Elizabeth yang dulu dijuluki Stece Jobs versi wanita itu pun diketahui punya cukup banyak staf pribadi. Dilansir Vanity Fair, ia memiliki dua supir, dua penjaga keamanan, dan dua asisten. Wanita yang yang pernah punya kekayaan bersih USD 4,5 miliar (Rp 65 triliunan) itu dikatakan selalu diantar dan punya beberapa asisten untuk mengurusinya 24/7 juga seorang publisis pribadi.

Elizabeth HolmesElizabeth Holmes Foto: Getty Images

Pesawat Pribadi
Sebelum dihukum karena penipuan, Elizabeth Holmes tampaknya bisa pergi kemana pun dengan nyaman. Selain punya supir pribadi, ia juga sering bepergian dengan pesawat pribadi baik untuk bisnis atau liburan. Dikatakan jika Theranos mulai bermasalah, ia baru setuju untuk terbang dengan 'first class'.

Kantor Mewah
Meski startup-nya terbukti menipu, kantor Theranos di Palo Alto dikabarkan memakan banyak biaya. Selain gedung yang mahal, ia juga dilaporkan menghabiskan $100.000 (RP 1,4 miliaran) untuk sebuah meja konferensi. Salah satu ruangannya pun memiliki layar berteknologi canggih yang bisa keluar dari atap sehingga staf tidak perlu bergerak untuk presentasi.

(ami/ami)