Mau Lanjut Kuliah? Intip 10 Jurusan S2 yang Dinilai Paling Menguntungkan

Rahmi Anjani - wolipop Kamis, 03 Jun 2021 09:09 WIB
A portrait of an Asian college student on campus Foto: iStock
Jakarta -

Melanjutkan studi hingga jenjang S2 menjadi impian banyak orang. Namun untuk bisa mencapainya memang kadang tidak mudah karena butuh waktu, usaha, juga biaya yang besar. Mengetahui hal itu, beberapa orang mungkin ingin mempertimbangkan matang-matang jurusan S2 yang dinilai jelas menguntungkan untuk masa depan mereka. Berdasarkan analisa yang dilakukan situs Money, berikut 10 jurusan kuliah S2 yang dinilai paling menguntungkan.

1. Teknik Elektro
Teknik Elektro dinilai menjadi salah satu jurusan kuliah S2 yang paling menguntungkan sebagai investasi. Hal itu diambil dari studi yang membandingkan antara penghasilan dan utang pendidikan 200 lulusan S2 di lebih dari 1.500 perguruan tinggi. Mereka yang lulus dari bidang studi ini banyak yang sudah melunasi utang atau bisa paling tidak bisa membayar cicilan dengan baik. Dikatakan jika lulusan jurusan kuliah S2 ini paling dibutuhkan dalam industri energi dan teknologi yang sedang berkembang.

2. Teknik Mesin
Kamu yang tertarik untuk mendesain dan membuat mesin bisa merancang angan-angan untuk kuliah dan lanjut S2 di jurusan Teknik Mesin. Kamu yang datang dari S1 jurusan lain yang terbiasa dengan hitungan dan pelajaran sains pun bisa meneruskan studi di sana. Setelah lulus, para mahasiswa bisa bekerja di area robot, auto research, dan sistem lainnya.

3. Pajak
Hingga sekarang perpajakan masih menjadi salah satu bidang studi incaran karena memang masih sangat dibutuhkan. Kamu pun patut dapat melanjutkan studi hingga S2 jika ingin penguasaan dan jenjang karier yang lebih luas. Para lulusan nantinya bisa bekerja sebagai manajer, akuntan publik, dan lain-lain.

4. Teknik Sipil
Teknik Sipil adalah ilmu yang telah dipelajari sejak zaman kuno dan masih akan berkembang selagi pembangunan masih dilakukan. Sesuai dengan perkembangan zaman, kini teknik sipil juga mengedepankan usaha ramah lingkungan dan sistem atau struktur berbasis teknologi. Karena masih sangat dibutuhkan, melanjutkan S2 di jurusan ini dinilai patut dijadikan investasi.

5. Sains Manajemen
Kamu yang suka dengan angka juga bisa lanjut kuliah S2 di jurusan Sains Manajemen. Jurusan tersebut akan menyiapkan kamu untuk bisa mengumpulkan, mangalisa, dan mengatur data untuk membantu perusahaan memecahkan masalah. Nantinya kamu bisa bekerja sebagai aktuaria, analis finansial, ahli statistik, atau asuransi.

6. Keperawatan Klinis/Administrasi
Banyak orang berpendapat jika perawat adalah profesi yang tidak butuh lanjut S2. Tapi tentunya dengan ilmu dan sertifikat yang lebih tinggi, kamu akan dianggap lebih berkompetensi. Setelah lulus di jurusan kuliah S2 ini, para perawat pun bisa bekerja sebagai pengajar atau di bidang administrasi untuk dokter spesialis.

7. Bioetik
Bioetik adalah jurusan yang mempelajari gabungan ilmu obat, hukum, filosofi, dan sosiologi. Tujuannya adalah untuk melatih mahasiswa yang nantinya akan memberikan contoh dan saran untuk desain percobaan klinis. Lulusan S2 Bioetik bisa bekerja di rumah sakit, perusahaan farmasi, universitas, atau badan milik pemerintahan.

8. Akuntansi
Sama seperti perpajakan, akuntansi juga menjadi jurusan kuliah di bidang ekonomi yang masih sangat dibutuhkan. Banyak orang menyebut jika pekerjaan di dunia ini membosankan tapi mungkin akan berubah pikiran jika mengetahui gajinya. Apalagi ilmu tersebut bisa diterapkan di berbagai industri dan perusahaan. Kamu pun bisa terjun ke spesialisasi yang jauh dari kata bosan seperti akuntansi forensik atau analisa penipuan.

9. Administrasi Bisnis
Jurusan ini juga bisa jadi pilihan untuk kamu yang ingin fleksibel dan bisa masuk ke segala industri. Dengan kuliah S2 di jurusan Administrasi Bisnis, kamu dapat bekerja di beragam divisi, seperti marketing dan manajemen. Menjadi salah satu jurusan S2 paling dibutuhkan sayangnya bidang studi ini juga paling banyak dipelajari sehingga saingannya tidak sedikit.

10. Managemen IT
Ilmu komputer tentu masih jadi favorit dan memang banyak dicari. Berdasarkan data, lowongan pun terbuka lebar untuk mereka yang lulus dari jurusan kuliah S2 ini. Kamu yang andal dan bersertifikasi tinggi dalam bidang IT bukan tidak mungkin mendapat gaji fantastis sehingga tak perlu terlalu pusing untuk masalah utang pendidikan.

(ami/ami)