Diwawancarai Kartini Cilik, Mensos: Kadang Bu Risma Nakal Juga Waktu Sekolah

Rahmi Anjani - wolipop Rabu, 28 Apr 2021 18:00 WIB
“Dari Kartini untuk Indonesia”. Foto: Rahmi Anjani
Jakarta -

detikcom bersama Haibunda hari ini menggelar acara "Dari Kartini untuk Indonesia". Untuk merayakan Hari Kartini sekaligus membangkitkan semangat perempuan Indonesia, sejumlah wanita inspiratif diundang untuk berbagi cerita. Tak seperti bincang-bincang kebanyakan, kali ini para narasumber diwawancara oleh 'Kartini-kartini' cilik.

Dalam acara yang digelar virtual pada Rabu, (28/4/2021), tiga Menteri Kartini hadir sebagai bintang tamunya. Menteri Sosial Tri Rismaharini, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Siti Nurbaya Bakar Menteri Kehutanan pun membagi cerita mereka kepada empat influencer cilik. Mereka yang disebut sebagai 'Kartini Cilik' itu antara lain Moonella, Arsy, Neona, dan Belle Zhou.

Para influencer cilik diberi kesempatan untuk bertanya pada ketiga menteri. Sesi ini pun menarik karena cara dan jenis pertanyaannya yang secara gemas dilontarkan sebagai anak-anak. Salah satu yang mengundang senyuman ketika Belle Zhou bertanya apakah Risma pernah dimarahi guru di sekolah. Wanita yang dulu Wali Kota Surabaya itu pun mengiyakannya.

"Kadang Bu Risma nakal juga waktu sekolah, gangguin teman-temannya, jangan ditiru ya Belle," ungkapnya kepada gadis berusia lima tahun tersebut.

Dari Kartini untuk IndonesiaDari Kartini untuk Indonesia Foto: Dari Kartini untuk Indonesia

Ketika ditanyakan kepada menteri lain, Siti Nurbaya juga memberikan jawaban menarik jika ia juga sering dimarahi. "Dulu karena saya ketua kelas, jadi kalau sekelas salah saya yang dimarahi. Pulang ke rumah saya sedih sampai orangtua datang ke sekolah kenapa anaknya sedih. Ya banyak pengalaman seperti itu karena tanggung jawab yang kita pukul bahkan sejak anak-anak," ujar Siti.

Anak Anang dan Asyanti, Arsy, juga cukup sering bertanya kepada para Ibu Menteri. Anak berusia enam tahun itu bertanya apakah Siti Nurbaya tinggal di hutam sebagai Menteri Kehutanan dan apa di sana banyak binatang.

"Indonesia memang punya banyak hewan, ada gajah, harimau, orangutan yang disayang seluruh dunia, ada juga anoa dari Sulawesi, Komodo di Pulau Komodo, cendrawasih dari Papua. Saya nggak tinggal di hutan tapi sering ke sana, enak sekali. Tapi kalau kita punya taman di rumah yang ditumbuhi banyak pohon itu bisa juga jadi seperti hutan," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, para Menteri Kartini juga menyampaikan pesan-pesan mereka pada influencer cilik dan anak-anak lain di Indonesia. "Banggalah jadi anak Indonesia, anak-anak mesti janji untuk belajar yang baik supaya bisa menjadikan Indonesia lebih baik. Jadilah anak-anak yang meneruskan cita-cita pendiri bangsa," kata Menlu Retno.

(ami/ami)