Liputan Khusus Bisnis Preset Foto

Bisnis Preset Lightroom Para Influencer, Laris Demi Foto Aestetik di Medsos

Gresnia Arela Febriani - wolipop Minggu, 07 Mar 2021 15:00 WIB
Travel Blogger Sarah Azka yang menjual preset. Sarah Azka influencer yang menjual preset Lightroom. Foto: (Instagram/Sarah Azka)
Jakarta -

Apakah kamu kerap memakai preset Lightroom buatan para influencer saat mengunggah foto di media sosial? Preset Lightroom kini memang jadi favorit pengguna media sosial khususnya Instagram karena membuat tampilan foto jadi lebih menarik. Sederet influencer pun melirik bisnis jual preset Lightroom ini. Seperti apa?

Melalui Liputan Khusus Bisnis Preset Lightroom, Wolipop berbincang dengan beberapa influencer dan mereka yang menjual Preset Lightroom. Para influencer seperti Sarah Azka dan Stella Lee mengungkapkan alasan mereka mencoba menjual preset Lightroom buatan sendiri.

"Sebelumnya aku pernah membeli preset luar negeri, tetapi warnanya kurang cocok degan warna yang aku inginkan. Terutama di bagian skintone. Kalau bule kulitnya lebih tan, kalau Asia kan ingin terlihat lebih cerah. Jadi pas dimasukin foto bule jadinya aneh. Karena dari situlah aku tertarik untuk membuat preset sendiri. Orang lain itu nggak ada yang bisa bikin warna yang aku mau," ujar Stella Lee yang sudah dua tahun belakangan menjual preset Lightroom dalam wawancara dengan Wolipop, Sabtu (6/3/2021).

[Gambas:Instagram]



Stella Lee menjual preset Lightroom buatannya melalui situs magicpreset. Harga preset Lightroom yang ditawarkannya mulai dari Rp 75 ribu hingga Rp 225 ribu.

Sementara itu travel influencer Sarah Azka memiliki alasan berbeda kenapa dia akhirnya terjun ke bisnis menjual preset Lightroom. Tampilan feeds di Instagram Sarah Azka yang menarik, membuat warganet penasaran tentang cara edit foto yang dilakukan oleh travel influencer tersebut. Sarah pun melihat ada peluang bisnis untuk membuat filter preset Lightroom.

"Awalnya itu karena banyak banget dapet DM dan nanya kenapa gimana aku kalau edit foto? Kok warnanya bisa kayak gitu? Nah akhirnya orang berarti suka nih warna filter aku. That's why aku jual aja, Sarahazka Preset karena aku melihat banyak kok blogger yang di luar negeri emang jualan preset-preset yang mereka pakai untuk editing fotonya. Jadi aku kayak mikir, oh ya berarti ini ada potensial juga untuk dibikin bisnis," ucap Sarah dalam wawancara dengan Wolipop.

Kini lewat akun Instagram @sarahazkapreset dan website sarahazkapreset, ia menjual berbagai pilihan filter preset Lightroom. Harga preset Lightroom dari Sarah Azka mulai dari 69 ribuan.

Apa Itu Preset Lightroom?

Preset menurut Stella Lee merupakan filter foto yang memudahkan penggunanya mengedit foto. Bagi orang yang tidak paham cara mengedit foto, kehadiran preset ini akan lebih memudahkan.

"Preset itu adalah filter foto yang satu kali kita klik itu bisa mengubah warna foto kita. Jadi kalau misalnya bagi orang yang tidak mengerti cara mengedit foto yang rumit, itu bisa pakai preset. Gunanya preset itu untuk mempermudah orang-orang mendapatkan warna yang diinginkan tanpa harus membuat satu-satu warnanya," kata Stella.

Senada dengan Stella, Sarah Azka juga mengatakan preset adalah filter foto yang mempermudah penggunanya dalam melakukan pengeditan foto. "Dengan adanya preset waktu untuk kita ngedit foto itu jadi lebih cepat karena kita gak perlu ngedit foto dari awal seperti mengatur tone, brightness, ekposure, temperaturnya mau warm atau agak lebih ke cold," jelas Sarah.

Travel Blogger Sarah Azka yang menjual preset.Travel Blogger Sarah Azka yang menjual preset. Foto: Dok. Instagram @sarahazka.

Sedangkan menurut Heri Hidayat selaku penjual premium preset melalui akun Instagram @500presets, preset merupakan sebuah formula warna yang bisa menjadi tambahan saat mengedit foto memakai aplikasi Adobe Lightroom. Dan preset ini meski kini populer di Instagram, kenyataannya sudah sering dipakai oleh para fotografer profesional.

"Preset juga sering dipakai untuk beberapa project fotography professional, seperti wedding, pre wedding, landscape dan lainnya," kata Heri kepada Wolipop.

Mau tahu cerita para influencer yang berbisnis preset Lightroom ini? Simak terus liputan khusus Wolipop.



Simak Video "Prosesi Pemakaman Pangeran Philip"
[Gambas:Video 20detik]
(eny/eny)