ADVERTISEMENT

Pria Demo di Depan Rumah Istri Tuntut Kembalikan Uang Nikah Rp 300 Juta

Kiki Oktaviani - wolipop Senin, 12 Des 2022 10:35 WIB
Young attractive couple having problems in their relationship Foto: Istock
Jakarta -

Seorang pria di Tiongkok terjerumus dalam utang setelah menghabiskan biaya pernikahan yang besar senilai 510 ribu yuan atau sekitar Rp 1,1 miliar. Tak hanya terlilit utang, rumah tangga pria bermarga Hou itu berantakan setelah 33 hari menikah. Kini, dia menuntut istrinya untuk mengembalikan sebagian biaya pernikahan.

Pria 25 tahun itu tidak segan-segan melakukan demo di depan rumah istrinya yang bermarga Li untuk meminta pengembalian 140 ribu yuan atau sekitar Rp 307 juta. Dia menggantungkan spanduk di mobilnya dan menggunakan pengeras suara untuk meminta kompensasi.

Hou mengatakan bahwa Li pindah dari rumah mereka setelah pertengkaran hebat terjadi. Kala itu, Hou mengaku tertidur pulas dan tidak membukakan pintu untuk istrinya yang pulang kerja larut malam.

Hanya 33 hari setelah menikah, pada Januari Hou mengajukan cerai ke pengadilan setempat tapi ditolak setelah Li mengklaim bahwa rumah tangga mereka bahagia. Hou kini mengajukan banding dan meminta sang istri untuk mengembalikan sejumlah biaya pernikahan mereka.

Saat menikah, keluarga Li meminta hadiah pertunangan yang besar termasuk mobil, uang tunai dan emas. Hou sampai meminjam ratusan ribu yuan dari kerabat dan orang tua.

"Kami hanya ingin dikembalikan perhiasan yang kami beli untuknya bernilai lebih dari 40 ribu yuan dan uang tunai 100 ribu yuan," kata Hou, seperti dikutip dari Jimu News.

Biaya pernikahan Hou dan Li tergolong mewah menurut standar provinsi Henan, tempat keduanya tinggal. Di mana pendapatan tahunan rata-rata hanya 22 ribu yuan.

Kisah kehancuran pernikahan dan meminta pengembalian uang pernikahan ini memicu diskusi online di China. Biaya pernikahan di China disorot, terutama justru di pedesaan dan menjadi beban keuangan keluarga.

"Lebih banyak dari kasus ini yang seharusnya dipublikasikan. Di Henan, pernikahan normalnya lebih dari 100 ribu yuan. Sangat umum bagi orangtua untuk meminjam uang ketika putra mereka menikah," ungkap netizen di Weibo.



Simak Video "Hotman Paris Sebut Norma Risma Tak Lagi Cinta Rozy Zay"
[Gambas:Video 20detik]
(kik/kik)